Tips Membuat CV Bahasa Inggris yang Tepat dan Profesional

Kebutuhan dalam memiliki skill bilingual saat ini sangat tinggi mengingat semakin modernya budaya dan majunya sistem kerja saat ini. Jika dulu memiliki kemampuan berbahasa Inggris menjadi sebuah nilai tambah yang sangat diperhitungkan, sekarang seakan semua orang wajib setidaknya mengerti berbahasa Inggris walaupun sedikit jika ingin memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan yang sedikit bergengsi, terutama untuk posisi tertentu.

Jadi jangan heran jika perusahaan saat ini banyak yang lebih menyukai jika para calon karyawannya melamar dengan CV yang ditulis dengan bahasa Inggris. Baik itu perusahaan bertipe startup ataupun sebuah perusahaan yang sudah besar, seakan memiliki CV berbahasa Inggris sudah menjadi persyaratan wajib dan umum.

Nah, untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan bertipe startup, media, atau agency. Tentu CV yang ditulis dengan bahasa Inggris akan lebih menarik perhatian. Ini dia tips cara menulis CV dengan bahasa Inggris yang tepat:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pastikan Susunan Grammar Telah Sesuai

Proofreading

Aturan dan pola kalimat dalam bahasa Inggris sangat lah berbeda dengan yang diterapkan di bahasa Indonesia. Ada 3 jenis grammar khusus yang paling sering digunakan dalam menulis kalimat kedalam bahasa Inggris. Yaitu present tense, past tense, future tense.

Pada umumnya untuk CV yang masih dilevel fresh graduate dan belum memiliki pengalaman bekerja bisa menulis CV bahasa Inggris dengan pola kalimat present tense karena isinya yang masih seputar data pribasi, skill, latar belakang pendidikan dan alasan kenapa ingin bekerja di perusahaan yang dilamar.

Tapi jika kamu sudah diposisi sudah tidak bekerja lagi. Bagian CV yang menceritakan pengalaman kerja kamu wajib ditulis dengan pola kalimat past tense. Tapi untuk yang masih bekerja dan sedang mencari pekerjaan baru, masih boleh menggunakan pola kalimat present tense untuk menceritakan desk job nya selama bekerja diperusahaan saat ini.

2. Kurangi Penggunaan Subjek ‘I’

Subject Grammar

Penggunaan kalimat aktif lebih baik untuk menambah kesan profesional dan elegan pada CV. Jadi dengan menggunakan kata subjek ‘I’ pada sebuah kalimat Inggris akan memberikan kesan tegas dan padat pada CV kamu. Pihak yang membaca CV kamu pun akan bisa merasakan keyakinan dalam tulisan tersebut baik pada bagian skill atau pengalaman kerja.

Contohnya:

“I was in charge of a sales team that hit all its targets.”

Kalimat ini akan terdengar lebih padat dan bagus jika dirubah menjadi:

“Directed and trained a sales team that surpassed their targets.”

Tentu saja dengan menggunakan cara ini, pilihan kata yang bisa kamu tulis menjadi lebih bagus, profesional dan meyakinkan.

3. Tempatkan Bagian Pengalaman Kerja di Atas Bagian Latar Belakang Pendidikan

Format Pengalaman Kerja

Di negara-negara berbahasa Inggris, orang-orang yang bertugas merekrut pegawai baru akan lebih senang dengan format penulisan CV dimana tulisan pengalaman kerja di tempatkan terlebih dahulu sebelum bagian penjelasan tentang latar belakang pendidikan bahkan daftar skill yang dikuasai.

Walaupun bukan untuk melamar pekerjaan di luar negeri tapi kamu bisa menggunakan format yang sama untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan asing disini. Tentu saja perbedaan format yang kamu terapkan bisa saja jadi magnet untuk membuat CV kamu terlihat lebih menarik di mata HR atau pihak rekrutmen.

4. Perhatikan Penggunaan Kata Plural (jamak) dan Singular (tunggal)

Plural

Gunakan kata tunggal (singular) pada kalimat di CV untuk kata ganti perusahaan tempat kamu bekerja dulu atau perusahaan tempat kamu sedang bekerja saat ini. Sedangkan kata jamak (plural) bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan desk job kamu.

Contoh penggunaan kata singular:

“part of its team” (kata ‘its’ adalah untuk kata ganti perusahaan tempat bekerja)

Bukan

“part of their team”

Karena terlepas dari berapa banyak divisi kamu bekerja di perusahaan itu, kamu hanya bekerja di satu perusahaan.

Contoh penggunaan kata plural:

“my tasks are” gunakan ini untuk mendeskripsikan berapa banyak pekerjaan yang menjadi bagian dari desk job.

Bukan

“my job is...” karena menggunakan kalimat ini kamu harus menjelaskan lagi secara panjang alasan dan posisi apa yang kamu pegang untuk diberikan desk job demikian sehingga kalimatnya menjadi kurang efektif.

5. Penulisan Gelar Pendidikan Bisa Diubah juga Kedalam Bahasa Inggris

Gelar Sarjana

Penulisan gelar dengan penggunaan gelar pendidikan versi Indonesia sebenarnya masih bisa sah-sah saja ditulis di dalam CV bahasa Inggris, tapi tentu akan lebih baik jika penggunaan bahasa Inggris dimaksimalkan bahkan sampai ke penulisan gelar pendidikan.

Misalnya, Bachelor of Literature atau Bachelor of Humanity untuk sarjana ilmu sastra, Bachelor of Social Science untuk sarjana lulusan ilmu politik dan sosial dan Public Relation untuk para sarjana Humas (hubungan masyarakat).

6. Teliti dalam Menggunakan Tanda Baca dan Pembenaran Ejaan

Aplikasi untuk Proofreading

Tidak hanya CV dalam berbahasa Inggris saja harus teliti dalam penggunaan tanda baca dan pembenaran ejaannya, untuk CV dalam berbagai bahasa pun serupa. Untuk pengecekan kebenaran tanda baca dan ejaan kamu bisa menggunakan beberapa software atau website tertentu agar lebih praktis dan lebih akurat koreksinya.

Berikut beberapa website yang bisa membantu kamu untuk mengecek kembali kebenaran CV bahasa Inggris kamu:

  • Copyscape.com
  • Scribens.com
  • Smallseotool.com
  • Grammarcheck.net
  • Reverso.net
  • Grammarly.com
  • Languagetool.org
  • Grammarchecker.net
  • Grammarix.com
  • Sentencechecker.com

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

Contoh-Contoh Template CV Bahasa Inggris

Template CV Bahasa Inggris yang Cocok untuk Freshgraduate
Template CV Bahasa Inggris yang Cocok untuk Freshgraduate

*Work Experience bisa diganti untuk memaparkan kemampuan dan skill

 

Contoh Template CV Bahasa Inggris Model Hitam-Putih
Contoh Template CV Bahasa Inggris Model Hitam-Putih

 

Contoh Template CV Bahasa Inggris untuk  Perusahaan Startup atau Agensi Kreatif
Contoh Template CV Bahasa Inggris untuk  Perusahaan Startup atau Agensi Kreatif

Contoh Template CV Bahasa Inggris untuk  Melamar Posisi Desain Grafis atau Digital Marketing
Contoh Template CV Bahasa Inggris Kreatif untuk  Melamar Posisi Desain Grafis atau Digital Marketing

Isi CV dengan Lengkap, Rapih dan Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Isilah informasi dengan jujur, karena kebenaran informasi akan dipertanggungjawabkan ketika kamu masih tahap interview atau tahap test lainnya. Buatlah CV yang sesuai kebutuhan dan bidang pekerjaan, ingat kepribadian, skill dan potensi juga dapat dilihat dari cara membuat CV. Jadi pastikan buat yang sesuai mungkin dengan kebutuhan kamu dan perusahaan biar semakin dilirik oleh bagian HRD.

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Secara Profesional