Tips Membuat Pernikahan Hemat Biaya, Namun Tetap Menarik

Menikah dan segera memiliki sebuah keluarga baru, Anda tentu sangat antusias untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, termasuk berbagai hal lainnya di dalam pesta pernikahan yang akan Anda gelar nanti. Hal ini dialami oleh hampir semua orang yang akan menikah, di mana mereka mengharapkan semua rencana tersebut bisa berjalan dan terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan keinginan kedua pasangan.

Namun berbagai persiapan pernikahan tentu akan membutuhkan sejumlah dana yang terbilang cukup besar, bahkan hampir semua pasangan akan menyiapkan hal tersebut sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Jumlah dana ini tentu akan sangat tergantung pada konsep pesta dan juga berbagai hal lainnya yang Anda dan pasangan inginkan di dalam pernikahan tersebut.

Namun apapun konsep dan juga kegiatan lainnya yang akan Anda lakukan di dalam gelaran tersebut, Anda tetap akan membutuhkan sebuah perencanaan yang matang, terutama terkait dengan sejumlah dana yang akan Anda butuhkan dan gunakan nantinya.

Untuk mempersiapkan dana tersebut, tidak ada salahnya Anda dan pasangan segera mulai menabung. Namun untuk kegiatan ini tentunya Anda akan membutuhkan besaran dana yang jelas dan mencukupi untuk kebutuhan tersebut. Sebelum memulainya, simak beberapa poin di bawah ini yang bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan dan menghemat beberapa hal di dalam pernikahan Anda:

1. Fokus pada yang Terpenting

couple.jpg

Fokus pada yang Terpenting via www.usnews.com

 

Hal yang seringkali menjadi kesalahan di dalam sebuah pernikahan adalah ketika di mana pasangan pengantin menginginkan semua yang begitu mewah dan terlihat sangat megah. Ini sedikit berlebihan, mengingat pada dasarnya tamu undangan Anda hanya akan fokus pada beberapa hal yang terpenting saja, yakni: makanan dan juga suasana serta kesan yang mereka dapatkan selama berada di pesta Anda. Jadi jangan sia-siakan uang Anda untuk berbagai hal lainnya yang tidak begitu penting dan terkesan hanya membuang-buang uang saja.

2. Hindari Undangan yang Berlebihan/Mewah

Kartu undangan bukanlah sesuatu yang ingin disimpan orang dan dijadikan sebagai sebuah benda kenangan, termasuk tamu undangan Anda juga. Hampir semua kartu undangan akan berakhir di tempat sampah dan menjadi sebuah pembelian yang mubazir dan menguras kantong Anda cukup dalam. Tidak perlu memesan dan mengirimkan kartu undangan yang mewah dan terkesan “wah” dengan sejumlah harga yang cukup mahal, Anda cukup mengirimkannya dalam bentuk sederhana atau bahkan mengundang para tamu melalui telepon atau email pribadi mereka. Ini akan menghemat banyak uang Anda dan mempermudah Anda mempersiapkan  biaya pernikahan.

Baca Juga : Biaya Nikah Hemat dengan Hiasan Kreasi Sendiri

3. Dapatkan Bantuan dari Wedding Website

wedding website.jpg

Contoh Wedding Website via webdesignerdepot.com

 

Ini bisa menghemat cukup banyak uang, terutama jika Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dengan mereka. Situs ini bisa membantu Anda untuk menemukan konsep yang tepat dan bahkan membantu Anda dengan memberikan berbagai layanan gratis dari mitra vendor mereka, jadi sangat tepat jika Anda meminta bantuan dari mereka.

4. Pertimbangkan untuk Menyewa Gaun Pengantin

Gaun pengantin merupakan salah satu item termahal yang harus Anda bayarkan dalam sebuah pernikahan, jumlahnya bahkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, sementara Anda akan segera menyimpannya di lemari setelah pesta selesai. Jangan hamburkan uang untuk membeli sebuah gaun pengantin  yang terlalu mahal, atau Anda bahkan bisa saja menyewa sebuah gaun yang tepat dan sesuai dengan pilihan Anda sendiri. Saat ini ada banyak penyewaan yang menyediakan beragam pilihan gaun pengganti, jadi Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan satu yang terbaik untuk Anda.

5. Gunakan Bunga Secukupnya

bunga pernikahan

Wedding Flower via wedding-pictures-04.onewed.com

 

Hindari juga untuk menggunakan sejumlah bunga yang cukup banyak di dalam pernikahan Anda, sebab ini akan membuang sejumlah biaya yang sangat mahal, terutama jika Anda menginginkan jenis bunga yang mahal dan sulit untuk ditemukan di standar tempat tinggal Anda. Pilih beberapa jenis bunga yang cantik dengan harga yang jauh lebih murah, tidak perlu banyak dan memenuhi semua lokasi pernikahan Anda hingga terlihat seperti sebuah taman dengan bunga bermekaran. Anda bisa memilih dan membeli bunga ini dalam jumlah secukupnya saja, setidaknya Anda akan berhemat cukup banyak dari hal ini.

6. Gunakan Layanan Bridal yang Biasa Saja

Menggunakan jasa bridal terkenal atau bahkan telah memiliki sejumlah jam terbang yang sangat tinggi, tentu akan Anda ganjar dengan sejumlah bayaran yang sangat besar. Hindari menggunakan layanan seperti ini, karena ini akan menguras kantong Anda dan pasangan. Pilih sebuah layanan bridal yang baik dan memberikan harga yang cukup terjangkau atau bahkan murah, sehingga Anda bisa berhemat dan mengurangi uang keluar di dalam pernikahan Anda.

Baca Juga : Budget Pernikahan Tidak Sampai 50 Juta? Ini Cara Mengaturnya

7. Pilih Dekorasi dengan Harga yang Masuk Akal

dekorasi pernikahan

Wedding Decoration via appfind.com

 

Dekorasi yang luar biasa dan terlihat megah hanya akan membuat sejumlah pengeluaran yang sangat besar di dalam pernikahan Anda, sementara hal ini bukanlah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi di dalam sebuah pernikahan. Tidak perlu berlebihan dan menggunakan sejumlah dekorasi yang mahal, sebab ini bahkan akan menjadi sebuah pemborosan yang mungkin akan Anda sesali nantinya.

Fokuslah saja pada pesta Anda pada hal wajib lainnya, seperti makanan dan juga minuman yang disajikan, sehingga tamu tetap nyaman meskipun Anda hanya menggunakan sebuah dekorasi yang terbilang sederhana saja. Pilih sebuah dekorasi yang unik dan terlihat elegan, namun masih dengan sejumlah biaya yang cukup masuk akal dan tidak berlebihan.

8. Pilih Makanan yang Tepat dan Disukai Banyak Orang

Inilah hal yang paling penting untuk Anda perhatikan dengan baik dan persiapkan dengan sangat matang, sebab makanan akan menjadi poin yang selalu diingat dan dibicarakan oleh para undangan yang datang. Ketahui dengan jelas mengenai selera dan juga jenis makanan yang paling banyak disukai oleh hampir semua orang, sebab tamu Anda tentu harus menikmati apa yang akan Anda sajikan nantinya. Pastikan Anda memilih sebuah layanan catering terbaik dan bisa dipercaya, sehingga rasa dan juga kualitas makanan yang disajikan tetap terjaga dengan baik.

Jangan memesan berbagai makanan yang hanya disukai oleh Anda saja, di mana para undangan justru merasa “aneh” dan tidak terbiasa dengannya. Makanan Anda harus memenuhi selera semua orang, karena itu jelilah dalam memilih dan juga menemukan sebuah layanan catering dengan harga yang cukup ramah di kantong Anda.

9. Pesan Kue Pernikahan yang Berukuran Sedang dan Tidak Terlalu Besar

kue pernikahan.jpg

Wedding Cake via communitytable.parade.com

 

Kue pernikahan mungkin menjadi sebuah hal wajib yang ingin Anda hadirkan di dalam pesta Anda nantinya. Namun bukan berarti Anda harus memesan sebuah kue raksasa yang tidak akan habis meski dimakan oleh semua tamu yang hadir di sana. Realistislah dalam memilih ukuran kue pernikahan ini, sebab kue yang terlalu besar hanya akan terbuang dengan sia-sia, termasuk sejumlah uang yang Anda gunakan untuk membelinya juga. Pilih sebuah kue pernikahan dalam ukuran sedang, artinya tidak terlalu besar, namun tidak juga terlalu kecil.

10. Gunakan Vendor Terbaik dengan Harga yang Terjangkau

Jika menggunakan jasa Wedding Organizer, maka pastikan Anda menemukan salah satu yang terbaik dan memiliki harga yang cukup kompetitif di pasaran. Anda bahkan bisa memilih beragam paket yang mereka tawarkan di sana, sehingga Anda bisa berhemat dan mengurangi sejumlah biaya yang memang tidak benar-benar wajib untuk Anda keluarkan.

Tidak perlu menggunakan sebuah vendor yang terkenal dan banyak dipakai oleh pasangan lain sebelum Anda, sebab Anda bisa menemukan sebuah layanan yang terbaik dan sesuai dengan budget yang Anda miliki bersama dengan pasangan. Cari dan temukan vendor terbaik, informasi ini bisa Anda gali melalui internet atau bahkan bertanya langsung pada teman atau kerabat yang telah menikah sebelum Anda.

Persiapkan Jauh-Jauh Hari

Sebuah pernikahan tentu akan membutuhkan berbagai macam persiapan awal. Namun hal yang paling penting Anda persiapkan adalah sejumlah dana yang akan Anda gunakan untuk gelaran tersebut. Mulailah menabung dan mengumpulkan uang sejak awal, sehingga berbagai kebutuhan pernikahan dapat terpenuhi dengan baik. Lihat berbagai hal yang bisa Anda hindari dan hemat di dalam acara tersebut, agar Anda bisa lebih mudah mencapai target tabungan pernikahan Anda dengan segera.

Baca Juga : Persiapan Pernikahan: Hindari 7 Kesalahan Ini!