Tips Memilih Helm Sesuai Kebutuhan

helm

Helm merupakan perlengkapan wajib bagi setiap pengendara kendaraan bermotor. Saking pentingnya, kewajiban pengendara untuk mengenakan helm bahkan tertera dalam Undang-Undang Nomer 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Helm berfungsi untuk mengurangi peluang akan cedera serius yang mungkin dihadapi kala pengendara mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan sangat disarankan bagi pengendara roda dua. Berikut adalah kriteria yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih helm.

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

1. Bersertifikasi SNI

Anda harus memastikan bahwa helm yang dikenakan telah memiliki label SNI. Label tersebut menunjukkan bahwa helm sudah memenuhi standar keamanan nasional. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan kekuatan dan kenyamanan helm saat berkendara.

Apabila tidak terdapat label SNI, cermati apakah helm memiliki sertifikasi lain seperti DOT (Deparment of Transportation) atau Snell (Snell Memorial Foundation). Jika iya, jangan cemas karena kedua sertifikasi tersebut sudah teruji dan diakui secara internasional. Jika tidak, jangan beli helm tersebut karena tidak terjamin kualitasnya.

2. Sesuai Ukuran Kepala

Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala. Penggunaan helm yang kekecilan dapat menimbulkan rasa pusing saat dikenakan dalam waktu yang lama. Sedangkan, helm kebesaran akan bergeser ketika pengendara menggerakkan kepala. Kondisi tersebut tentu mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara

Selain itu, penggunaan helm yang tidak sesuai ukuran kepala juga dapat menjadi bumerang saat pengendara mengalami kecelakaan. Bukannya meredam benturan, helm yang tidak sesuai tersebut justru dapat memperparah dampak benturan kepaladengan objek kecelakaan.

Baca Juga: Pilihlah Kredit Motor Terbaru dengan Tips Lengkap Berikut Ini

3. Sesuai dengan Kebutuhan

Penyesuaian helm dengan kebutuhan dapat Anda lakukan dengan cara memilih jenis helm yang tepat. Jika motor hanya dikendarai di dalam kota, helm half face bisa menjadi pilihan yang tepat sebab mudah dipasang dan dilepas. Sehingga cocok dipakai untuk berangkat kerja, belanja, atau berkunjung ke rumah sanak saudara.

Sebaliknya, jika pengendara selalu melalui jalanan yang off road dan semi off-road, pilihlah helm full face karena resiko kecelakaannya cenderung tinggi.

Tips ini juga sangat berguna terutama bagi pengendara yang ingin berhemat. Dengan membeli helm sesuai kebutuhan, Anda dapat menekan biaya pembelian dan mengalihkannya ke perangkat pengamanan berkendara lainnya seperti jaket, sepatu, atau kacamata berkendara.

4. Tali Pengikat yang Kuat

Pilihlah helm dengan tali pengikat yang mudah dikuncikan tetapi tetap kuat dan tidak mudah lepas. Helm dengan strap yang tidak kuat dapat membahayakan diri sendiri karena mudah lepas saat terjadi benturan. Selain itu, pastikan tali pengikat helm posisinya tidak mencekik atau terlalu longgar dan memiliki bahan yang nyaman dengan bantalan dagu.

5. Gunakan Flat Visor

Flat visor sebenarnya sama dengan kaca pelindung depan helm pada umumnya. Namun, flat visor berbentuk lurus sedangkan visor biasa kacanya berbentuk cembung. Sehingga flat visor mudah dipasang tear off dan pinlock yang sangat berguna untuk berkendara sehari-hari.

Tear off adalah lapisan plastik yang berguna untuk melindungi kaca helm dari goresan. Goresan yang terjadi pada kaca helm akan mengurangi pandangan pengendara. Selain itu, goresan juga dapat membuat silau pengendara saat menerima cahaya dari kendaraan lain.

Selanjutnya, memasang pinlock pada helm vlat visor. Pinlock berfungsi untuk melindungi helm dari embun yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara. Sehingga, Anda dapat terus berkendara dengan baik meskipun hujan deras menerjang.

 

Baca Juga: Tips Beli Motor Murah

Berkendaralah dengan Hati-Hati

Terlepas dari pentingnya memilih perlengkapan kendaraan, satu hal penting yang harus Anda ingat dalam berkendara adalah hati-hati. Sebagus apapun perlengkapan berkendara yang digunakan, jika tidak berhati-hati dalam berkendara, kecelakaan akan tetap menghantui. Oleh karena itu berkendaralah dengan hati-hati dan gunakanlah perlengkapan yang terbaik untuk meminimalisir dampak kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

Meskipun perlengkapan motor bisa dibilang membutuhkan biaya yang cukup besar. Penting bagi Anda untuk memilikinya. Jika tidak yakin dengan perlengkapan yang akan dibeli, konsultasikan hal tersebut dengan orang yang dipercaya atau orang yang mengerti. Keselamatan dan kenyamanan Anda berkendara adalah hal utama karena ada orang yang menunggu di rumah.

Baca Juga: Pengendara Bermotor, Perhatikan 5 Tips Memilih Helm yang Benar