Tips Mempersiapkan Biaya Sekolah untuk Anak

Tahun ajaran baru segera dimulai. Para orang tua kini sibuk mempersiapkan biaya kebutuhan sekolah anaknya, apa saja yang perlu di perhatikan agar biaya sekolah bisa terpenuhi dengan baik?

Biaya pendidikan terkadang memang menjadi momok yang menghantui orang tua pada umumnya setiap pergantian tahun ajaran. Hal ini dikarenakan setiap orang tua ingin anaknya mendapatkan fasilitas dan pendidikan terbaik, dengan harga yang terjangkau. Namun, faktanya, biaya sekolah tidak lagi bisa dianggap murah.

Ada beragam pilihan sekolah, mulai sekolah negeri hingga swasta, sekolah dengan fasilitas bagus, diakui dengan tenaga pengajar yang berkualitas hingga sekolah yang biasa-biasa saja. Tentunya, semua orang tua berkeinginan memberikan pendidikan yang terbaik, dan hal ini memerlukan strategi.

Satu yang pasti, Anda tidak perlu khawatir. Yakini dan lakukan yang terbaik untuk anak Anda. Ada beberapa alternatif cara yang bisa dijadikan solusi guna mempersiapkan biaya sekolah, dan cara ini dipastikan tidak akan mengganggu kebutuhan keuangan lainnya. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

Estimasikan Berapa Tahun Lagi Anak Masuk Sekolah

anak sekolahanak sekolah via shutterstock.com

Perhitungkan umur berapa anak Anda akan mulai masuk sekolah, apakah sebentar lagi ataukah masih lama. Hal ini bertujuan untuk mengestimasikan waktu yang dibutuhkan dalam mempersiapkan biaya sekolah untuk anak tersebut.

1. Anak Belum Bersekolah

Bagi yang memiliki anak baru berumur 3 tahun, selamat, waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan biaya sekolah masih lama. Masih banyak strategi keuangan yang dapat dilakukan sebagai bekal biaya sekolah saat umur anak mencukupi untuk bersekolah.

Perhatikan: Walau waktu yang dibutuhkan tergolong lama, namun Anda juga harus memperhatikan inflasi pendidikan. Inflasi membuat biaya pendidikan setiap tahun semakin meningkat. Tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk anak bersekolah nanti berbeda dengan saat ini karena diprediksi biaya pendidikan akan naik 15% pertahunnya.

2. Anak Sudah Bersekolah

Apabila anak sudah bersekolah, maka yang perlu diperhitungkan adalah kapan anak tersebut lulus. Misalnya, anak Anda sekarang duduk di jenjang kelas 2 SMP, maka waktu yang tersisa hanya tinggal 1 tahun hingga anak tersebut melanjutkan sekolah ke SMA. Tentu saja cara mempersiapkan biayanya beda dengan anak yang belum sekolah.

Perhatikan: Hal yang harus diperhatikan jika anak sudah bersekolah adalah biaya bayaran perbulannya. Selain itu, perhatikan juga uang untuk membeli buku setiap kenaikan kelas. Kemudian, persiapkan uang untuk mendaftar ke jenjang pendidikan selanjutnya setelah anak lulus.

3. Anak Sudah Bersekolah dan akan Melanjutkan ke Jenjang Selanjutnya

Kebutuhan biaya sekolah yang paling besar adalah saat anak akan melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya. Misalnya, saat anak akan beranjak masuk SMP setelah lulus Sekolah Dasar (SD). Hal ini karena anak akan dikenakan biaya masuk sekolah atau yang lebih dikenal dengan “uang gedung” yang biayanya bervariatif.

Perhatikan: Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir jika anak diterima di sekolah negeri karena uang masuk yang dibutuhkan lebih kecil. Untuk itu, berikan motivasi kepada anak agar rajin belajar saat menghadapi Ujian Nasional (UN) agar masuk ke sekolah negeri.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Cermati Hal Berikut Agar Kelak Anaknya Bisa Kuliah

Cek Biaya Masuk Sekolah

biaya sekolahbiaya sekolah via shutterstock.com

Salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan uang untuk sekolah anak adalah cek berapa biaya masuk sekolahnya. Ada 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan informasi tentang biaya masuk sekolah yakni:

1. Datang Langsung ke Sekolah

Hal yang pertama dapat Anda lakukan untuk mengecek berapa biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke suatu sekolah adalah dengan mendatangi sekolah tersebut. Tanyalah ke pusat informasi di sekolah tersebut tentang info biaya bersekolah di sana. Selain itu, datang ke sekolah bisa sekalian survei di mana lokasi sekolah tersebut.

2. Cari Lewat Internet

Selain datang langsung ke sekolah, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai biaya sekolah dengan berselancar di internet. Kunjungi situs sekolah tersebut untuk mencari info biaya atau setidaknya info nomer telepon sekolah tersebut untuk bertanya lewat telepon. Selain itu, Anda juga dapat langsung mencari infonya melalui mesin pencari seperti google dan yahoo.

3. Tanya Orang yang Berpengalaman

Bertanya kepada orang yang berpengalaman merupakan salah satu solusi terbaik mendapatkan informasi. Misalnya, Anda dapat bertanya kepada tetangga atau saudara yang anaknya pernah bersekolah di sekolah tersebut.

Tambahkan Biaya Keperluan Sekolah

Biaya anak sekolah tidak hanya berkutat pada biaya yang dibayarkan ke sekolah saja, akan tetapi perhatikan juga biaya di luar itu. Misalnya, biaya beli seragam, uang jajan, beli alat tulis, tas, buku pelajaran dan lain sebagainya.

Perhatikan: Masukkan biaya keperluan sekolah kedalam anggaran pengeluaran biaya sekolah anak Anda. Usahakan jangan sampai terlewat karena hal tersebut sama pentingnya dengan biaya sekolah.

Baca Juga: Orang Tua Perlu Tahu, Ini Sistem Pendidikan Anak di Indonesia dan Luar Negeri

Lakukan Investasi

investasi pendidikaninvestasi untuk pendidikan via shutterstock.com

Belum tahu apa manfaat dari investasi? Sebaiknya, mulai dari sekarang coba pelajari hal tersebut dan mulailah berinvestasi. Hal ini dilakukan karena besarnya manfaat dari investasi. Tidak seperti menabung, dengan berinvestasi dana yang dimiliki akan bertambah nantinya sesuai dengan keuntungan dari jenis investasi yang dipilih.

Perhatikan: Berinvestasi mulai dini sangat cocok sebagai solusi biaya pendidikan anak. Mulailah dengan investasi dengan biaya kecil seperti reksadana. Dengan reksadana Anda dapat berinvestasi mulai dengan Rp100.000 perbulannya.

Ajukan KTA

Semisal waktu pendaftaran sekolah sudah dekat, namun uang untuk biaya pendaftaran belum ada, maka mengajukan KTA bisa menjadi solusinya. Dengan mengajukan KTA, Anda bisa dengan mudah dan cepat mendapat pinjaman. Syarat yang dibutuhkan pun cukup mudah dengan prosedur yang simpel.

Perhatikan: Harap ingat bahwa uang pinjaman KTA digunakan untuk biaya anak sekolah, maka jumlah pinjaman pun harus sesuai dengan kebutuhan biaya anak sekolah. Jangan melakukan pinjaman lebih dari itu karena hal tersebut akan menyusahkan Anda dalam membayar cicilannya.

Miliki Tabungan Pendidikan

Tabungan Pendidikan merupakan salah satu kunci sukses menyiapkan dana pendidikan untuk anak. Cara memilikinya adalah dengan mendaftarkan diri ke bank yang menyediakan fasilitas tersebut. Besaran dana untuk disetorkan sesuai dengan kesepakatan dengan bank.

Ada bank yang memotong dana langsung setiap bulannya dari tabungan pokok Anda. Biasanya dana otomatis yang terpotong untuk tabungan pendidikan adalah sebesar Rp100.000, namun jika hendak menyetorkan lebih juga diperbolehkan.

Perhatikan: Karena bersifat tabungan jangka panjang, maka Anda dapat mulai memiliki tabungan pendidikan mulai dari sekarang. Selain itu, tabungan pendidikan juga memberikan manfaat asuransi kepada anak.

Baca Juga: Tabungan Pendidikan: Kenapa Para Orang Tua Harus Memilikinya?

Beda Jenjang Beda Harga, Persiapkan dari Sekarang

Jenjang pendidikan mempengaruhi biaya sekolah yang dibutuhkan oleh anak. Semakin tinggi jenjang pendidikannya, maka semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, mempersiapkan dana pendidikan untuk anak harus dimulai sesegera mungkin. Kalau bisa kurangi kebutuhan yang sekiranya tidak perlu untuk diinvestasikan sebagai biaya pendidikan anak nantinya. Jadi anak bisa terus bersekolah dan menggapai cita-citanya.