Tips Mengasah Intuisi Investasi Khusus untuk Wanita

Banyak studi yang menunjukkan adanya perbedaan antara investor pria dan wanita. Penemuan dari berbagai studi ternyata sama, yakni wanita dinilai tidak percaya diri untuk berinvestasi.

Mereka lebih memilih untuk menghindari risiko dan patuh pada keputusan investasi pasangannya. Namun, wanita juga dikenal lebih pragmatis dalam membuat strategi investasi daripada pasangannya.

Sebaliknya, kaum pria dinilai lebih percaya diri dengan memilih investasi jangka pendek untuk menaklukkan pasar. Sementara wanita, lebih menyukai investasi jangka pendek yang terdiversifikasi.

Lalu, bagaimana hasilnya? Menurut Fidelity Study (2013), wanita sebenarnya memiliki nilai pengembalian yang sama dengan pria dalam instrumen investasi di atas 10 tahun.

Akan tetapi, sifat tidak percaya diri dalam investasi berpotensi mengancam keamanan keuangan wanita. Survei menunjukkan bahwa wanita rata-rata dapat hidup 5 tahun lebih lama daripada pria.

Jadi, sangatlah penting bagi wanita untuk mengelola keuangan mereka sebelum memasuki usia emas. Berikut ini tips jitu mempertajam intuisi investasi bagi wanita.

1. Mempelajari Dasar Investasi

Berbagai organisasi ternama menyediakan banyak informasi mengenai investasi yang dapat membantu Anda. Pahamilah perbedaan antara reksa dana yang diperdagangkan di bursa (exchange trade fund), reksa dana (mutual fund), reksa dana indeks (index fund), dan reksa dana pendapatan tetap (fixed income investment).

Anda akan terbantu untuk mereview investasi dengan memahami fundamental alokasi aset. Selain itu, tinjau juga strategi investasi yang terbaru. Misalnya, apakah Anda berpartisipasi dalam program pensiun perusahaan?

Apakah ada fitur spesial dalam program tersebut? Karena itu, lihat komposisi aset di seluruh portofolio investasi yang dipegang.