Tips Mengelola Pinjaman Gadai Jaminan BPKB

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan sebuah buku yang dikeluarkan sebagai bukti kepemilikan dari suatu kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri. BPKB merupakan salah satu dari certificate of ownership yang termasuk dalam dokumen penting yang bisa dijadikan sebagai media jaminan. Buku ini juga biasanya di berikan bersamaan dengan surat penting lainnya, seperti halnya STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

BPKB memiliki 10 halaman dan Satuan Lalu Lintas Polri telah mengeluarkan BPKB baru. Salah satu keunggulan dari buku kepemilikan kendaraan yang baru ini adalah sulit untuk dipalsukan. Hal semacam ini dikarenakan untuk menghindari BPKB palsu yang dilakukan oleh pihak atau oknum-oknum tertentu.

Perbedaan yang bisa dilihat dan terdapat pada BPKB yang terbaru antara lain :

1. Terdapat nomor identitas atau KTP pemilik yang masih berlaku

2. Terdapat kolom pengisian pergantian nomor polisi untuk balik nama pemilik atau mutasi yang dibatasi hingga 3 lembar.

Hal ini memungkinkan BPKB terbaru tidak dapat dijadikan sebagai agunan atau jaminan di Bank, karena jika lembar habis pemiliknya harus mengurus dan menggantinya dengan buku kepemilikan yang baru.

Pinjaman Dengan Jaminan BPKB / Gadai BPKB  Mobil

Saat ini banyak lembaga keuangan yang memberikan kemudahan pinjaman dana dengan jaminan BPKB. Pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil atau motor ini, yang biasa disebut juga Gadai BPKB mobil, bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan seperti halnya untuk dana sekolah, dana untuk modal usaha, dana untuk biaya keluarga yang sakit atau keperluan lainnya. Gadai BPKB mobil bisa Anda gunakan untuk bisa mendapatkan dana tunai dalam jumlah yang cukup besar, hanya memerlukan waktu singkat karena biasanya besaran dana yang bisa Anda pinjam adalah sebesar 70% dari taksiran harga mobilnya. Cukup besar bukan? Tetapi alangkah baiknya menggunakan dana ini secara bijak, karena Anda juga harus membayar biaya cicilan setiap bulannya.

Namun ada kalanya Anda tidak memiliki ketersediaan dana pada saat dibutuhkan dan dalam kondisi yang mendesak. Kadang juga pendapatan bulanan yang Anda miliki sudah habis untuk memenuhi kebutuhan rutin rumah tangga setiap harinya. Sementara Anda perlu dana besar untuk memenuhi kebutuhan darurat yang Anda butuhkan. Maka dengan hadirnya lembaga-lembaga pembiayaan ini, sedikit banyak membantu untuk memecahkan permasalahan yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Baca Juga : Gadai BPKB Mobil: Pilih Ke Bank Atau Multi Finance?

Penggolongan Pinjaman

Peminjaman yang dilakukan dapat berupa dengan menggunakan jaminan atau tanpa menggunakan jaminan.

1. Pinjaman tanpa jaminan atau unsecured loans merupakan pinjaman tanpa menggunakan asset sebagai jaminan tersebut.

2. Pinjaman dengan menggunakan jaminan adalah pinjaman yang dilakukan dengan memakai salah satu asset yang dimilikinya sebagai jaminannya. Jaminan yang bisa digunakan ialah surat berharga seperti rumah, tanah, atau pun surat kendaraan atau BPKB.

Syarat Pinjaman 

Sebelum melakukan pinjaman kredit dengan menggunakan jaminan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat tersebut terkadang berbeda dari tempat yang satu dengan tempat lainnya. Persyaratan umum yang harus dipenuhi sebelum melakukan pinjaman antara lain :

  1. Berusia 21 hingga 60 tahun atau telah memiliki keluarga
  2. Fotokopi KTP atau identitas diri lainnya misalnya SIM atau Paspor
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Akta Nikah atau surat cerai
  5. Fotokopi PBB selama 2 tahun terakhir atau rekening listrik selama 6 bulan terakhir.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk karyawan atau pegawai selain persyaratan umum di atas, harus menyertakan fotokopi STNK dan di tambah buku kepemilikan kendaraan asli sebelum mengajukan pinjaman dengan menggunakan jaminan BPKB, yaitu menyertakan slip gaji atau keterangan penghasilan, dan fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir atau rekening koran selama 3 bulan terakhir jika diperlukan.

Syarat yang harus dipenuhi wiraswasta, professional, perusahaan selain syarat umum, fotokopi BPKB dan STNK asli, antara lain yaitu :

a)  Fotokopi surat keterangan atau ijin usaha NPWP, SIUP, TDP dan SPT tahunan, serta fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir atau rekening koran selama 3 bulan terakhir untuk wiraswasta.

b) Fotokopi izin praktek dan fotokopi tabungan 6 bulan terakhir atau rekening koran selama 3 bulan terakhir untuk professional.

c) Fotokopi akta pendirian perusahaan dan perubahannya, fotokopi KTP direksi atau komisaris perusahaan, fotokopi SIUP, NPWP, TDP, serta fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir atau rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Mengelola Pinjaman Dengan Jaminan BPKB

Tetapi Anda pun harus ingat bahwa dana yang telah didapatkan harus dikelola atau dialokasikan secara tepat. Usahakan untuk bisa menghindari segala kebutuhan yang tidak begitu penting, sehingga apabila suatu saat nanti terjadi kejadian yang Anda tidak inginkan maka Anda telah siap menghadapinya bahkan dengan segala resikonya. Maka untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman dengan jaminan dengan BPKB, tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips bijak dalam menggunakan dana pinjaman tersebut. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan Saja

Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan

Gunakan Dana Sesuai Kebutuhan Saja fortunebuilders.com

 

Dana tunai jaminan BPKB mobil yang Anda dapatkan ketika menggadaikan BPKB mobil Anda cukup besar, karena biasanya besaran dana pinjaman yang dikucurkan berkisar 70% dari harga normal mobil tersebut. Jika mobil Anda termasuk keluaran baru maka besaran dana yang akan Anda dapatkan pun bisa semakin besar. Maka di sinilah dibutuhkan kehati-hatian untuk menggunakan dana tunai yang cukup besar tersebut secara bijak.

Gunakan secara maksimal untuk kebutuhan Anda yang bersifat mendesak, misalnya saja biaya untuk pernikahan anak Anda, Anda butuh dana Rp50 juta sedangkan pinjaman dana tunai yang Anda dapatkan sebesar Rp90 juta, maka gunakan hanya Rp50 juta saja untuk memenuhi segala kebutuhan persiapan pernikahan anak Anda, dan jangan sampai tergoda untuk menggunakan uang sisa untuk hal lainnya yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Karena kembali lagi pada tujuan awal Anda melakukan pinjaman, yaitu untuk hal-hal yang sifatnya mendesak saja, bukan untuk memenuhi kebutuhan biasa.

2. Jika Ada Kelebihan Dana Jangan Dihamburkan

  Kelebihan Dana Jangan Dihamburkan

Kelebihan Dana Jangan Dihamburkan via amazonaws.com

 

Apabila Anda mendapatkan kelebihan dana dari pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil yang Anda dapatkan, jangan menghamburkan dana tersebut untuk hal-hal yang tidak perlu. Anda harus ingat bahwa dana tersebut merupakan bagian dari dana pinjaman yang harus Anda tanggung cicilannya setiap bulan. Di sini Anda di tuntut untuk bisa lebih bijak dan penuh pertimbangan ketika ingin menggunakan dana itu, selain Anda mengalokasikan untuk kebutuhan juga harus dipikirkan untuk hal-hal mendesak lainnya, yang bisa terjadi kapan saja tanpa diduga sebelumnya.

3. Jika Ada Kelebihan Dana Alihkan Untuk Usaha atau Investasi

Gunakan Untuk Investasi

Gunakan Untuk Investasi via chaniapost.eu

 

Ketika Anda mendapatkan kelebihan dana, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan dana tersebut sebagai modal usaha atau menginvestasikannya ke dalam bentuk emas, deposito, ataupun reksa dana. Hal yang Anda lakukan ini akan jauh lebih mempunyai manfaat jika dibandingkan Anda menyimpan saja uang itu di rumah. Selain berisiko untuk Anda gunakan dalam hal-hal yang sebenarnya tidak perlu, lain halnya jika uang tersebut digunakan untuk kegiatan usaha atau berinvestasi Anda juga bisa mendapatkan hasil dari usaha itu atau bunga dari deposito Anda.

4. Jika Memungkinkan Tutup Kredit Anda Secepat Mungkin

  Gunukan Untuk Menutup Tagihan Kredit

Tutup Tagihan Kredit via usnews.com

 

Ketika Anda memiliki dana lebih untuk menutup hutang kredit yang Anda miliki, maka lakukan hal tersebut jika diperbolehkan. Karena ada penawaran kredit yang bisa di tutup sebelum jangka waktu pinjaman berakhir, dan ada penawaran kredit yang harus diselesaikan sampai jangka waktu kredit itu habis, yang pasti Anda harus memiliki cukup uang untuk bisa menutupnya.

Jadi Anda bisa menanyakan hal itu diawal proses pengajuan pinjaman dana tunai BPKB mobil Anda, sehingga Anda tidak mengalami kebingungan saat ingin menyelesaikan proses kredit Anda. selain itu juga Anda bisa lebih bisa untuk memprediksi segala sesuatunya dengan baik tanpa harus berpengaruh pada kondisi keuangan Anda saat itu.

Baca Juga : Kredit Multiguna, Keunggulan dan Kekurangannya

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Gunakan Pinjaman Anda Dengan Bijak

Beberapa alasan masyarakat memilih untuk mengambil pinjaman gadai BPKB motor atau gadai BPKB mobil, karena jumlah uang yang dipinjam tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jaminan surat tanah atau rumah. Diharapkan dengan adanya informasi ini, bisa lebih bisa membantu Anda untuk selektif dan bijak dalam menggunakan dana pinjaman tersebut. Upayakan untuk bisa menggunakannya dalam hal-hal yang bersifat mendesak saja, dan jangan digunakan untuk kebutuhan biasa yang lebih bersifat sesaat. Jika anda membutuhkan pinjaman dana, anda bisa membandingkan pinjaman mulltiguna terbaik disini

Baca Juga : Mengenal Perusahaan Pembiayaan dan Cara Kerjanya