Tips Merawat Mobil Putih Agar Selalu Terlihat Menawan

Perawatan khusus terhadap mobil bercat putih sangatlah dibutuhkan, terutama jika pemiliknya ingin mobilnya selalu terlihat cantik dan menarik. Sayangnya, keindahan natural dan elegan yang ditawarkan oleh warna putih ini dapat menjadi bumerang apabila pemiliknya tidak pandai merawat cat mobilnya tersebut.

Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, sekarang ini udara yang terlalu panas, banyaknya debu dan sebagainya tidak bisa dihindari. Bahkan, hal tersebut adalah musuh yang bisa membuat cat mobil cepat kusam bahkan bisa saja berujung keretakan pada cat.

Oleh karena itu, apabila anda bertanya ‘Apakah yang harus dilakukan bagi pemilik kendaran roda empat yang berwarna cat putih guna menjaga kondisi cat dan kebersihan mobil Anda dari serangan-serangan musuhnya tersebut?’ Simak lima tips untuk menjaga cat mobil berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bilas Mobil di Waktu Tertentu

Ketika sedang berada di jalan tentu kita tak bisa menghindari air hujan atau kotoran burung sekalipun.  Bila tidak langsung dibilas, bekas air hujan lumpur ataupun kotoran lainnya bisa membuat kondisi mobil terlihat semakin kotor bahkan bisa menjadi noda yang susah dihilangkan. Sebab, air hujan dan kotoran burung mengandung zat asam. Akibatnya, warna cat mobil akan memudar dan tertutup bercak tadi.  

Untuk menanganinya, segeralah bilas dengan menggunakan air bersih setelah mobil Anda kehujanan atau terkena kotoran lainnya. Jika kotoran sudah terlanjur kering, bilas dengan air dan sikat atau kain lembut secara perlahan agar tidak meninggalkan bekas.

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

2. Gunakan Sabun atau Sampo Mobil yang Berkualitas

sabun
Gunakan sabun atau sampo berkualitas

Sabun atau sampo mobil berkualitas mengandung pH yang seimbang dan tidak mengandung deterjen, sehingga membuat kilauan cat mobil tahan lama. Selain itu, dengan menggunakan shampo yang dikhususkan untuk mobil juga tidak akan meninggalkan bekas putih yang biasanya ditinggalkan deterjen kering sebelum dibilas. Walaupun harganya lebih tinggi dari sabun biasa, menggunakan sampo yang tepat sangat disarankan mengingat warna putih cat mobil lebih rawan pudar.

3. Perhatikan Tempat Parkir dan Cuci Mobil 

Efek panas matahari bukan hanya merugikan manusia, tetapi juga kendaraan Anda. Panas tersebut dapat menjadikan warna putih cat mobil cepat kusam dan tidak berkilau. Selain itu, panas matahari juga dapat membuat interior mobil seperti karet wiper mengeras sehingga dapat menggores kaca depan mobil. Oleh karena itu, dianjurkan bagi para pemilik kendaraan roda empat untuk tidak memarkir mobil mereka di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.

Hal kedua yang sampai saat ini masyarakat masih melakukan kesalahan adalah lebih memilih mencuci mobil di tempat yang menerima sinar matahari langsung ketimbang di tempat yang teduh. Pada umumnya mereka berpikir kalau mobil akan lebih cepat kering dan terbebas dari jamur apabila terkena sinar matahari langsung, padahal tindakan tersebut adalah keliru. Mencuci di bawah sinar matahari justru dapat menimbulkan flek dan mempercepat kehancuran warna putih cat pada mobil Anda karena air yang digunakan untuk membilas mobil biasanya kering sebelum sabun selesai diaplikasikan ke seluruh eksterior mobil.

4. Perbaiki Teknik Mencuci Mobil Anda

cuci mobil
Perbaiki Teknik Cuci Mobil

Rentang waktu antara pengaplikasian sabun atau sampo mobil dengan waktu membilas sangat penting dalam mencuci mobil. Ketelatan Anda dalam membilas sisa sabun dapat mempercepat proses pengeringan bagian tertentu mobil yang masih berbusa. Oleh karena itu, ada baiknya apabila Anda membilas bagian yang sudah Anda sabuni sebelum pindah untuk membersihkan bagian lain mobil. Tujuannya, agar tidak ada sisa busa atau sabun yang menempel serta mengering di bodi mobil, sehingga cat mobil anda tidak rusak karena niat baik Anda untuk mencuci mobil.

5. Jangan Menaruh Benda yang Mudah Meledak

Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa benda-benda tertentu memiliki titik maksimal panasnya sendiri. Apakah Anda tahu apa yang terjadi apabila titik itu terlampaui? Benda tersebut dapat meledak dan terbakar, sehingga merusak interior mobil. Jadi, janganlah meninggalkan benda mudah terbakar, seperti korek gas dan parfum di dalam mobil.

Baca Juga: Cara Hemat Membersihkan Mesin Mobil agar Bebas Karat

Jaga dan Rawat Mobil dengan Baik

Sebagai pemilik kendaraan, memang sudah menjadi tanggung jawab untuk selalu menjaga dan merawat kendaraan untuk menghindari adanya kerusakan pada mesin maupun pada cat mobil. Agar rasa malas menyelesaikan tanggung jawab tersebut hilang, maka tak ada salahnya mengingat berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan untuk membeli kendaraan tersebut dan berapa banyak biaya yang harus anda butuhkan untuk memperbaiki kerusakan cat yang mungkin Anda alami. Dengan begitu, secara otomatis Anda akan tergerak untuk menjaga dan melakukan perawatan kendaraan dengan baik.

Baca Juga: Ini Kelebihan Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas