Tips Mudah dan Ampuh Buat Kamu yang Susah Banget Bangun Pagi

Pernah mengalami datang ke kantor terlambat gegara bangun kesiangan? Bagaimana rasanya? Semua jadi serba terburu-buru ya, termasuk persiapan berangkat ke kantor jadi tidak maksimal.  

Sudah tiba di kantor pun, masih jetleg, bingung mau melakukan apa. Ibarat kata ‘nyawa’ masih di tempat tidur. Kondisi kamu jadi tidak tenang, tapi pekerjaan menumpuk. Bisa jadi kerja kamu jadi asal-asalan, yang penting selesai.

Ya, ini efek dari bangun kesiangan. Mungkin saja karena kamu tidur terlalu larut malam, insomnia, atau melakukan hal lain, sehingga bangun tidur kesiangan.

Jangan sampai hal ini terjadi terus menerus. Sebab imbasnya bisa panjang. Mengganggu pekerjaan, mengurangi produktivitas dan performa kamu di kantor. Kalau begini terus, atasan bisa marah, dan kamu akan kehilangan pekerjaan.

Tidak mau kan dipecat karena keseringan bangun siang? Maka dari itu, untuk menghindarinya, mulai sekarang biasanya untuk bangun pagi. Setiap orang bisa kok melakukannya, asal ada niat dan kemauan. Bahkan kebiasaan bangun siang pun dapat berubah.

Berikut ini beberapa tips atau cara akan kamu bisa bangun pagi. Dijamin ampuh untuk meningkatkan kinerjamu di kantor.

Baca Juga: Kumpulan Contoh CV Kreatif Ini Bisa Dijadikan Panduan Melamar Kerja

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Niat untuk Bangun Pagi

Tidur
Niat untuk Bangun Pagi

Hal paling utama yang bisa kamu lakukan agar tidak bangun kesiangan, tentu saja niat untuk bangun lebih awal. Niat ini memang harus datang dari dalam dirimu. Caranya dengan mengatur pola tidur.

Dalam benakmu, beri sugesti positif “saya harus bangun pagi.” Katakan itu berulang kali, sehingga pikiran atau memorimu akan menyimpan sugesti ini. Niat tersebut harus diiringi dengan langkah tidur lebih awal.

Jika biasanya pulang kantor jam 8 malam, kemudian tidur pukul 12 malam. Mulai sekarang, paksakan dirimu tidur pukul 10 malam. Jangan kebanyakan main ponsel yang akan membuat niat ini berantakan.

Dengan niat positif, lalu melaksanakannya dengan tidur lebih awal, maka kamu pasti akan bangun pagi. Apalagi kalau sudah terbiasa solat subuh, bisa jadi kamu akan bangun sebelum azan subuh berkumandang. Dengan begitu, jadi selalu bersemangat setiap harinya.

2. Pasang Alarm

Pasang Alarm
Pasang Alarm Bisa Membantumu Bangun Pagi

Tidur lebih awal dan niat untuk bangun pagi bakal semakin lengkap kalau kamu pasang alarm. Cara ini juga sangat ampuh membantumu untuk bangun pagi.

Sebelum beranjak tidur malam, pasang alarm di pukul berapa kamu ingin bangun. Misalnya masuk kantor jam 9 pagi, maka atur alarm di jam 5 pagi untuk solat subuh bagi muslim. Tapi bisa juga pasang alarm untuk bangun pukul 6 pagi.

Jangan pasang alarm dalam waktu yang mepet dengan jam masuk kantormu. Kalau bangun pukul 6 pagi, kamu bisa olahraga ringan, mandi, lalu sarapan sampai pukul 7 atau 7.30. Kemudian berangkat ke kantor, sehingga kamu bisa tiba di kantor on time, bahkan lebih awal.

Oh ya, jangan lupa atur alarm waktu berulang kali. Jangan cuma sekali. Apalagi kalau kamu tipe yang susah banget bangun pagi atau tidur terlelap. Volume pun diatur pol atau kencang supaya terdengar olehmu.

Tips kedua yang sangat ampuh membantu Anda untuk bangun pagi. Jadwalkan sepadat apa waktu Anda untuk beraktivitas dan jadwalkan pula waktu Anda untuk beristirahat. Taruh alarm di tempat yang agak jauh, misalnya di meja samping tempat tidur sehingga akan memaksa kamu bangun dan mematikan alarm, lalu bergerak ke luar dari kamar tidur.

3. Mengatur Pola Makan

Kopi
Mengatur Pola Makan

Tips selanjutnya untuk bangun pagi adalah mengatur pola makan. Setiap makanan yang masuk ke dalam dirimu sangat mempengaruhi cara kerja tubuh. 

Konsumsi makanan sehat. Hindari makanan terlalu pedas dan berminyak. Sesekali mungkin tak apa, namun jika dikonsumsi sering akan sangat berpengaruh pada kinerja tubuh. 

Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein sebelum kamu tidur, seperti kopi dan minuman bersoda. Minuman kafein bisa menghilangkan rasa kantuk. Yang terjadi nantinya adalah insomnia atau susah tidur.

Mungkin saja kamu baru akan tidur pulas larut malam atau dini hari, sehingga dapat mengakibatkan bangun siang. Jadi, atur dan jaga pola makan dengan mengonsumsi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup setiap harinya. 

Makan sayur dan buah akan membuat tubuh tetap sehat. Ditambah dengan banyak minum air putih agar tidak mudah lelah. Jika ingin mengatur pola makan demi kesehatan tubuh dan kualitas tidur, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi.

Baca Juga: Pencari Kerja Perlu Kenali 5 Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja via Online

4. Membuat Suasana Kamar Tenang

Kamar Tidur
Membuat Suasana Kamar Tenang

Dalam hal ini, kamu harus pandai mengatur suasana kamar tidurmu. Namanya kamar tidur, biasanya jadi tempat paling nyaman untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas.

Untuk itu, buatlah suasana kamarmu senyaman mungkin. Contohnya atur AC atau kipas angin sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa memasang musik berirama lembut, seperti instrumental yang bisa bikin suasana hatimu rileks.

Atau pasang aromaterapi sehingga kamar jadi wangi dan mendapatkan manfaat relaksasi, menenangkan pikiran, serta menghilangkan stres. Cara lain, jaga kebersihan kamar, dan hindari main ponsel yang bikin mata makin melek karena cahaya terangnya.

5. Rencanakan Kegiatan Menyenangkan untuk Esok Hari

Aktivitas menyenangkan
Rencanakan Kegiatan Menyenangkan Esok Hari

Bangun pagi juga dapat diperoleh dengan memikirkan kegiatan menyenangkan untuk esok hari. Contohnya besok pagi kamu akan mengantar gebetanmu ke kantornya yang searah dengan kantormu. Namanya lagi pedekate, pasti semangat betul tuh. Kamu akan berpikir ‘tidak boleh bangun kesiangan karena sudah janji antar doi ke kantor.’

Dengan memikirkan hal menyenangkan bisa bertemu dan ngobrol dengan wanita incaranmu, maka akan timbul rasa bahwa kamu tidak ingin mengecewakannya dan membuat hari jadi berantakan. Akhirnya muncul motivasi tidur lebih awal, dan bangun pagi dengan semangat ’45.

Kebiasaan Bangun Pagi Bisa Bikin Sukses?

“Jadi orang harus bangun pagi. Kalau tidak, nanti rezekinya dipatok ayam.” Pernah dengar dong kalimat itu? Kalau ditelaah sih memang ada benarnya juga ya. Jika kamu bangun siang, berangkat kerja bisa telat, produktivitas terganggu, bos marah-marah, dan akhirnya dipecat.

Tapi kalau bangun pagi, selain bikin badan lebih sehat, kamu juga akan jauh lebih produktif saat bekerja. Mood dapat terbangun positif, meningkatkan rasa percaya diri, punya waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif, sehingga akan berdampak pada kesuksesan kariermu.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Pekerjaan yang Pas Buatmu