Tips Mudah saat Sahur dan Berbuka Agar Tubuh Tetap fit selama Berpuasa

Menjalani puasa selama sebulan penuh merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Ini tentu sangat wajar, mengingat bulan Ramadhan hanya datang satu kali dalam satu tahun saja. Bagi yang ingin menjalani puasa penuh selama bulan Ramadhan nanti, pastikan memiliki kondisi tubuh yang tetap fit dan sehat sepanjang waktu.

Apalagi bulan puasa ini akan semakin menantang karena tahun ini Indonesia masih dilanda musibah pandemi virus corona. Untuk itu, menjaga tubuh tetap fit sepanjang waktu tidak hanya untuk memperlancar ibadah puasa tapi juga mencegah tubuh terpapar Covid-19.

Untuk mendapatkan tubuh yang fit dan sehat sepanjang bulan puasa, kamu tentu harus menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu. Sebenarnya hal ini tidaklah terlalu sulit, namun sering menjadi hal yang terabaikan oleh banyak orang.

Pola makan yang berubah selama bulan puasa, kerap menjadi pemicu rentannya tubuh pada berbagai gangguan kesehatan. Bukan hanya itu saja, kecukupan nutrisi selama menjalani puasa ini juga tentu akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh.

Jika semua kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi dengan baik, maka tubuh tentu akan fit sepanjang bulan dan bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh. Namun sebaliknya, jika pola makan dan juga asupan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik, maka bukan tidak mungkin berbagai gangguan kesehatan akan menjadi halangan untuk berpuasa.

Berikut ini adalah beberapa tips penting saat sahur dan berbuka, agar tubuh kamu tetap fit selama berpuasa nanti:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Minum Air Mineral yang Cukup

loader  
Minum Air Putih yang Cukup

Air mineral menjadi salah satu kebutuhan yang sangat vital bagi tubuh, itulah mengapa penting untuk selalu memastikan bahwa kamu meminum air mineral dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Setidaknya, minumlah 8 gelas atau sekitar 2 liter air mineral dalam sehari, sehingga tubuhmu tidak kekurangan cairan selama berpuasa. Minum secara bertahap (sedikit demi sedikit) adalah cara terbaik, agar air mineral bisa diserap tubuh dengan baik.

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

2. Sahur di Waktu yang Tepat

loader

Sahur dengan Waktu yang Tepat 

Hindari untuk selalu bangun kesiangan dan sahur dengan terburu-buru, apalagi melewatkan sahur tanpa makan dan minum sama sekali. Hal ini hanya akan membuat kamu lemas dan tidak bertenaga sepanjang hari, terutama jika kamu memiliki kesibukan yang cukup tinggi.

Selalu upayakan untuk bangun dan sahur tepat waktu, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan dan menikmati sajian sahurmu dengan nyaman. Jika ternyata sesekali kesiangan dan tidak sempat makan, maka upayakanlah untuk setidaknya minum air putih sebelum Imsak tiba.

3. Konsumsi Makanan Sehat selama Berpuasa

loader  
Memakan Makanan Sehat selama Puasa

Meski berpuasa, tetap jaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini penting, untuk menjaga stamina dan juga kesehatan tubuhmu. Kombinasikanlah makanan yang memiliki kandungan yang memadai untuk tubuhmu, seperti: karbohidrat, serat, vitamin, protein, sedikit lemak, dan yang lainnya. Semua ini bisa didapatkan dari berbagai makanan sehat, termasuk buah dan sayuran.

4. Hindari Makan dalam Jumlah yang Besar Sekaligus

loader
 Tidak Langsung Makan Banyak

Makan sekaligus di saat berbuka adalah keputusan yang tidak tepat, selain membuat saluran pencernaan “kaget” hal ini juga bisa membawa berbagai masalah di dalam saluran cerna. Makanlah secara bertahap dan tidak terlalu banyak, sehingga tubuh tetap nyaman dan saluran pencernaan bisa bekerja dengan maksimal.

5. Tetap Konsumsi Serat dalam Jumlah Memadai

loader  
Mengkonsumsi Makanan Mengandung Serat dalam Jumlah yang Dibutuhkan Tubuh

Meski ada banyak jenis makanan yang bisa kamu konsumsi, terutama di saat berbuka, namun pastikan tetap mengkonsumsi serat dalam jumlah yang mencukupi. Serat alami ini bisa kamu dapatkan dari beragam sayuran dan buah-buahan, termasuk berbagai bahan makanan lainnya, seperti: puding, roti gandum, oatmeal, dan yang lainnya.

6. Lengkapi dengan Mengonsumsi Vitamin yang Dibutuhkan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

loader

Karena puasa tahun ini masih harus berdampingan dengan musim pandemi seperti tahun lalu. Sangatlah penting untuk melengkapi asupan yang baik untuk meningkatkan imun tubuh sebagai menu sahur dan berbuka. Selain makan sayur dan buah yang cukup, jangan lupa juga untuk mengonsumsi berbagai pil vitamin untuk meningkatkan kualitas imun kita agar tidak mudah terpapar virus selama beraktivitas selama berpuasa.

7. Jangan Tidur setelah Sahur

loader
 Tidak Langsung Tidur setelah Sahur

Hindari untuk segera tidur kembali setelah sahur, sebab hal ini tidak baik bagi kesehatan. Setidaknya, tunggulah hingga 30 sampai 60 menit terlebih dahulu, sehingga saluran pencernaan sudah normal kembali dan perutmu tidak terlalu kenyang.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mencegah Perut Kembung Saat Puasa

Makan Sehat dan Istirahat yang Cukup

Agar tetap fit selama menjalani puasa, pastikan kamu mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk tubuhmu. Cermati juga berbagai hal lainnya yang tak kalah penting, seperti jam makan dan juga asupan makanan itu sendiri. Selain hal tersebut, upayakan juga untuk selalu istirahat dalam waktu yang cukup, sehingga tubuhmu tetap fit dan sehat selama menjalani puasa nanti.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan