Tips Pintar Memilih Tempat Belanja Online yang Aman tanpa Menggunakan Kartu Kredit

Saat ini belanja online memang menjadi alternatif dalam membeli segala kebutuhan, selain cepat dan mudah tentu saja tidak menyita banyak waktu. Sudah banyak situs-situs online yang dapat Anda jadikan pilihan sebagai tempat belanja, mulai dari media sosial hingga marketplace.

Tak hanya itu saja didukung dengan banyaknya pilihan pembayaran dari mulai kartu kredit hingga transfer, membuatnya semakin digemari banyak orang. Ditambah lagi dengan fasilitas keamanan yang diberikan membuat pengguna tak perlu ragu lagi dalam menikmati belanja online, meskipun tidak menggunakan kartu kredit sekalipun. Namun sayangnya tak semua tempat terkadang dapat memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi konsumen.

Tidak jarang pula banyak online shop yang dikelola secara asal-asalan dengan menyediakan produk-produk yang tidak berkualitas sehingga dapat merugikan konsumen tentunya. Jika Anda menggunakan sistem pembayaran kartu kredit, mungkin barang-barang yang tidak sesuai ataupun tidak sampai ke tangan dapat dilakukan pembatalan. Namun bagaimana jika memilih metode pembayaran secara tunai?

Jika ingin berbelanja online yang aman namun tidak menggunakan kartu kredit. Tips-tips dibawah ini mungkin akan dapat membantu Anda.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cek Terlebih Dahulu Toko Online Tersebut

Mengecek Terlebih Dahulu Kualitas Online Shop sebelum Berbelanja
Mengecek Terlebih Dahulu Kualitas Online Shop sebelum Berbelanja

Sebelum memutuskan untuk berbelanja dalam sebuah toko online, pastikan untuk selalu mengecek toko online tersebut. Hal ini adalah sesuatu yang wajib, Anda harus mengecek reputasi dari toko tersebut. Jangan asal tertarik hanya karena foto-foto produk yang diperlihatkan. Pertimbangkan reputasi toko mulai dari testimoni, apakah banyak yang positif atau tidak?

Toko online yang sering melakukan tindakan penipuan tentu saja akan mendapatkan banyak komentar-komentar negatif dari konsumen-konsumen sebelumnya. Jika menemukan banyak komentar negatif pada sebuah toko online, maka akan lebih baik jika beralih ke toko online lainnya.

Baca Juga: Cara Aman dan Mudah Transaksi Via Online

2. Pilih Toko Online yang Sudah Lama Beroperasi

Pilih Online Shop yang Telah Sudah Lama Beroperasi  
Pilih Online Shop yang Telah Sudah Lama Beroperasi

Ada baiknya jika memilih toko online yang sudah lama beroperasi. Semakin pendek usia dari toko online, penting untuk mempertanyakan keamanan dan layanan dari toko tersebut. Jangan sampai nantinya Anda mengalami kerugian, entah menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanan ataupun malah tidak menerima barang sama sekali.  

Untuk menghindari risiko seperti ini, akan lebih baik jika memilih toko online dengan jam operasional yang panjang, setidaknya sudah berdiri selama satu tahun lebih. Jika sudah memiliki pengalaman, tentu saja akan mudah untuk mengecek reputasi dan kredibilitas dari toko tersebut.

3. Banyak Memiliki Konsumen Setia

Pilih yang Telah Memiliki Banyak Pelanggan
Pilih yang Telah Memiliki Banyak Pelanggan

Cara lainnya untuk melihat apakah toko online tersebut aman atau tidak dalam melakukan transaksi tanpa kartu kredit adalah melihat seberapa banyak toko tersebut memiliki konsumen yang setia.

Toko online yang terbaik dan terpercaya tentu saja akan selalu berusahan untuk menjaga kepuasaan konsumennya dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Sehingga pilihlah toko online yang memiliki banyak pelanggan, tidak hanya dilihat pada usia toko tersebut. Hal ini karena usia toko online tidak selalu menjamin memiliki banyak pelanggan yang setia.  

Pilihlah toko online yang selalu aktif dalam mengupdate produk-produk yang ditawarkannya dan mempunyai banyak pelanggan setia yang tetap. Sehingga meskipun Anda berbelanja online tanpa kartu kredit, tetap terasa nyaman dan aman.

4. Memiliki Customer Servis 24 Jam yang Dapat Dihubungi

Menyediakan Pelayanan Konsumen 24 Jam
Menyediakan Pelayanan Konsumen 24 Jam 

Toko online yang terpercaya tentu saja memfasilitasi konsumen dengan fitur Customer Service yang dapat membantu untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Sehingga jika ingin merasa aman dan nyaman saat berbelanja online, pastikan jika toko online tersebut memiliki customer service, bahkan hingga beroperasi selama 24 jam. Hal ini dapat mengantisipasi resiko penipuan yang sering terjadi. Pastikan Anda mencatat nomor telepon dan dengan siapa Anda berkomunikasi.

Baca Juga: Tips agar Jualan di Instagram Sering Kedatangan Order Belanja 

Cek Terlebih Dahulu Untuk Kenyamanan Berbelanja

Berbelanja online memang memudahkan dalam mencari segala kebutuhan dan keinginan. Hanya melalui smartphone atau PC serta dukungan akses internet, Anda dapat menjelajahi situs maupun toko online manapun. Tak perlu repot bepergian ke tempat perbelanjaan, cukup duduk diam di tempat saja semua kebutuhan bisa sampai ke tangan dengan aman.

Baca Juga: QR Payment, Cara Bayar Kekinian ‘Newbie’ di Indonesia