Tips Sederhana dan Jitu untuk Dapatkan IPK Terbaik

Setiap Mahasiswa tentu ingin berprestasi di kampusnya dengan nilai terbaik. Hal ini wajar saja mengingat banyak motivasi dan cita – cita yang harus diraih jika menjadi mahasiswa yang tergolong pintar dari sisi akademik. Biasanya prestasi seorang bisa dilihat dari berapa jumlah IPK dari mahasiswa.

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif sebenarnya adalah nilai dari mahasiswa yang didapat selama kuliah. Jika Indeks Prestasi atau IP hanya satu semester, IPK dihitung dari awal kuliah hingga semester terakhir dihitung. 

IPK seseorang bisa bervariasi tergantung bagaimana cara ia belajar dan mengerjakan ujian di kampus. Tentu semua orang ingin mendapatkan IPK yang terbaik, memuaskan, bahkan hingga dapat predikat cumlaude

Dengan IPK tinggi selain membuatmu menjadi seseorang yang dinilai berprestasi juga bisa membantu dalam mendapat pekerjaan dan lainnya. Oleh sebab itu karena sangatlah bermanfaat setiap mahasiswa termasuk kamu harus tahu bagaimana mendapatkan IPK yang memuaskan.

Baca Juga: Dear Mahasiswa, Miliki 5 Aplikasi ini Biar Kegiatan Kuliah Lancar dan Kamu Jadi Cerdas

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips – Tips Untuk Mendapatkan IPK Yang Memuaskan dan Terbaik

kuliah

Bagi kamu yang ingin mendapatkan IPK Memuaskan bisa mencoba tips berikut agar bisa bermanfaat. Semua kami rangkum dalam beberapa poin berikut:

1. Belajar yang Giat Dari Semester Awal

Jika kuliah setiap mahasiswa mendapatkan banyak mata kuliah untuk dipelajari. Agar IPK mu maksimal, giat belajar dan ujian agar hasil dari awal cukup baik. Jika IP mu di semester pertama baik tentu akan membuat IP dan IPK di belakangnya akan meningkat dan bisa menjadi memuaskan. 

Perlu diingat juga bahwa di semester selanjutnya tidak boleh malas – malasan dalam belajar. Kamu juga harus tetap belajar agar nilaimu tetap stabil dan memuaskan hingga akhir.

2. Pahami Metode Penilaian dan Presentasenya

Setiap mata kuliah tentu memiliki metode penilaian yang berbeda – beda termasuk pada presentasenya. Hal ini penting diperhatikan sejak awal karena nilai dan presentase bisa berbeda. 

Maka dari itu perhatikan apa saja komponen penilaian dari sebuah mata kuliah, manakah yang presentasenya paling besar, apakah dari tugas, Ujian Akhir, atau kehadiran. Namun sebisa mungkin dapatkan penilaian maksimal dari setiap komponen yang ada.

3. Jangan Berhenti Untuk Belajar

Meski sudah masuk liburan kuliah, jangan lupa untuk terus belajar tentang mata kuliahmu dan hal lain. Luangkan waktu untuk belajar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain materi kuliah yang ada, pengembangan dari materi kuliah dan referensi lain juga bisa diambil.

Jangan lupa untuk terus belajar hal baru kapanpun. Dengan membaca buku, jurnal, dan sumber dari internet penting dilakukan untuk menambah ilmu yang baru. Dengan membaca dan banyak meluangkan waktu untuk belajar tentu bukan tidak mungkin IPK mu bisa meningkat dan menjadi lebih baik kedepannya.

4. Rajin Masuk Kuliah 

Rajin masuk kuliah juga merupakan salah satu hal yang penting dilakukan agar bisa meningkatkan penilaian dan juga IPK mu. Hal ini karena terkadang absensi juga berpengaruh terhadap nilaimu. Dengan rajin masuk kuliah juga kamu bisa mendapatkan info update soal perkuliahan dan hal lainnya, jadi jangan sekali – kali bolos kuliah tanpa alasan yang jelas ya!

5. Berusaha Menjadi Mahasiswa Aktif

Jika kamu sudah rajin masuk kuliah tentu menjadi mahasiswa aktif juga menjadi poin plus sendiri. Hal ini karena jika jadi mahasiswa aktif baik bertanya ataupun menjawab juga akan berpengaruh pada prestasimu. Dengan rajin bertanya dan berinteraksi dosen pun tak segan untuk memberimu nilai plus yang pastinya akan berpengaruh pada nilaimu nanti.

6. Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Setiap mata kuliah tentu memiliki tugasnya masing – masing serta deadline nya tersendiri. Oleh sebab itu jangan sampai menunda tugasmu karena bisa menumpuk dan membuatmu stres dan tidak mau mengerjakan. Jadi dengan mengerjakan tugas sesuai waktu akan membuatmu bisa fokus dan mendapatkan nilai dengan lebih baik.

7. Pahami Dosen Pengajarmu

Pahamilah cara dosenmu mengajar agar lebih tahu seperti apa karakter dosen dan materi yang disampaikan. Setiap dosen tentu memiliki karakter berbeda dan memberi penilaian yang berbeda – beda, entah lewa hasil ujian saja, atau ditambah dengan tugas dan lainnya. Jadi pahami dosen akan membuatmu bisa menyesuaikan diri dengan materi yang kamu pahami saat ini.

8. Cari Teman Belajar Yang Cocok Denganmu

Teman kuliah juga memiliki karakter yang berbeda – beda dan sangat mempengaruhi prestasimu. Jika ingin semangat dalam belajar kamu bisa mencari teman belajar yang rajin. Dengan memiliki teman yang sama karakternya tentu akan membuatmu semangat untuk kuliah dan mendapatkan IPK yang sesuai harapan.

Baca Juga: Bunda, Ini Loh Tips Mencari Sekolah TK Terbaik untuk Si Kecil

 

IPK Memang Harus Bagus, Tapi Sukses Bukan Cuma Itu

Meski IPK itu harus diperjuangkan untuk bagus, namun bukan cuma itu penentu kesuksesanmu di kampus. Ada banyak hal lain yang bisa dikembangkan mulai dari soft skill, kemampuan berorganisasi, dan lainnya. Namun begitu, jangan patah semangat dan terus raih prestasimu dengan IPK yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Desain Komunikasi Visual atau Desain Grafis? Pahami Dulu Perbedaannya