Tips Seru Membuat Konten di IGTV

Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling banyak diakses. Jumlah penggunanya yang tinggi membuat aplikasi yang satu ini terus berbenah dan menghadirkan berbagai fitur tambahan bagi penggunanya. Beberapa waktu lalu Instagram baru saja merilis aplikasi IGTV yang tentu saja akan memanjakan kamu dan pengguna lainnya, di mana kamu bisa membuat video dan membagikannya dengan mudah.

Pada dasarnya aplikasi ini berdiri sendiri, namun masih tetap terintegrasi dengan Instagram itu sendiri. IGTV memungkinkan untuk membuat berbagai konten vertikal dengan durasi yang panjang, bahkan hingga 60 menit.

Hal ini tentu cocok untuk yang hobi membuat konten video dan membagikannya dengan teman serta pengguna Instagram lainnya. Pastikan kamu membuat konten yang berkualitas dan menggunakan aplikasi ini secara maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghasilkan konten IGTV yang berkualitas baik:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Merekam dalam pencahayaan terbaik

  lighting

Kualitas video yang bisa kamu hasilkan, tentu akan sangat dipengaruhi pencahayaan di sekitar lokasi pengambilan gambar. Semakin maksimal pencahayaannya, maka semakin jelas juga gambar video yang bisa kamu dapatkan.

Pastikan mencermati hal ini sejak awal, terutama jika menginginkan video yang berkualitas tinggi. Jika perlu, kamu bisa menggunakan cahaya tambahan, terutama jika pengambilan gambar video ini dilakukan di dalam ruangan.

2. Lakukan perekaman dengan format 4K

  4K

Agar lebih mudah untuk melakukan pengeditan terhadap video yang kamu hasilkan, pastikan merekam video tersebut dengan menggunakan format 4K. Hal ini penting, bahkan meski tidak berniat untuk membagikan videonya dalam format tersebut. Bagaimanapun juga, video yang kamu hasilkan sangat mungkin akan membutuhkan proses editing, bukan?

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber

3. Rekam dengan suara terbaik

  merekam suara

Suara menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kualitas video, sehingga hal ini wajib kamu perhatikan dengan baik sejak awal. Pastikan kamu merekam video dengan suara yang maksimal, bahkan meski merekam gambar dari jarak yang cukup jauh.

Kamu bisa memanfaatkan fitur mikrofon dan yang lainnya untuk memaksimalkan kualitas suara videomu. Cermati dan minimalisir juga berbagai suara lain di sekitar lokasi perekaman, sehingga suara video yang kamu hasilkan benar-benar jelas.

4. Gunakan kamera dan ponsel secara maksimal

  kamera ponsel

Jangan hanya memiliki ponsel canggih dengan beragam fitur terbaik saja, tetapi tidak bisa menggunakannya secara maksimal. Luangkan waktumu untuk memahami berbagai fitur yang terdapat di dalam kamera dan juga ponselmu, sehingga bisa memanfaatkan semua fitur unggulan ini untuk menghasilkan video yang berkualitas.

Selama merekam video, pasang mode silent pada ponselmu, sehingga rekaman yang dihasilkan tidak terganggu oleh panggilan ataupun notifikasi yang masuk ke ponselmu.

5. Manfaatkan aksesoris tambahan

  aksesoris kamera

Untuk pengambilan video tertentu, bisa saja ponselmu tidak cukup memadai dan tidak bekerja secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini tidak ada salahnya memanfaatkan berbagai aksesoris tambahan yang dapat menambah kualitas video yang kamu hasilkan.

Tambahan lensa pada kamera menjadi salah satu yang paling kerap digunakan, agar gambar video yang dihasilkan benar-benar jelas dan sesuai dengan yang diharapkan. Pilih aksesoris tambahan yang tepat, agar hasil rekaman video lebih berkualitas.

Baca Juga: 8 Youtuber Terpopuler dan Terkaya di Indonesia

6. Lakukan editing yang tepat

  edit video

Jangan hanya membuat video saja, namun pastikan video yang kamu hasilkan memang benar-benar berkualitas maksimal. Kamu bisa melakukan editing ini dengan menggunakan berbagai aplikasi tambahan yang kini bisa ditemukan dengan lebih mudah secara online.

Edit setiap videomu dengan baik, sebelum membagikannya kepada orang lain. Bukan hanya memberi kepuasan tersendiri bagi dirimu saja, namun hal ini juga akan memberi kepuasan bagi mereka yang menontonnya.

Lakukan sebagaimana layaknya seorang profesional

Kehadiran aplikasi IGTV akan memanjakan kamu yang suka dengan konten video berdurasi panjang. Penggunaan aplikasi ini cukup banyak diminati dan bisa saja menjadi trend baru di kalangan pengguna Instagram.

Buat video IGTV yang berkualitas dan maksimal, sehingga video yang kamu bagikan kepada teman dan pengguna lainnya benar-benar berkualitas layaknya video yang dihasilkan oleh seorang profesional.

Baca Juga: 10 Orang Ini Menjadi Kaya Karena Youtube