Tips Sukses Berkarier di Perusahaan Startup

Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan startup yang bermunculan. Bisnis ini memang sedang naik daun beberapa waktu belakangan ini. Perusahaan startup sendiri tentunya membutuhkan banyak sekali karyawan dengan standar yang tinggi dalam setiap posisinya.

Kunci sukses dari bisnis startup ini adalah adanya ide-ide kreatif dan segar yang kemudian diolah dan menjadi sesuatu hal yang baru dan dipasarkan kepada masyarakat. Bagi Anda yang berniat bekerja di perusahaan startup, berikut ini beberapa tips agar sukses bekerja di startup.

Baca Juga: Mau Menjadi Startup Founder? Kuasai 9 Kemampuan Ini Dulu

1. Fresh Graduate, Banyak-Banyaklah Belajar di Startup

Lowongan Startup
Ilustrasi Fresh Graduate via shutterstock.com

Setelah menjalani perkuliahan, saatnya memilih karier yang akan ditekuni. Jika berkarier di startup yang diinginkan, Anda harus menanamkan kemauan kuat untuk terus belajar. Ingat, mendapatkan ilmu tak hanya dari sekolah, tetapi juga bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dalam pekerjaan.

2. Sekalipun Profesional, Perbarui Diri Makin Meningkatkan Performa

  Berkarier Startup
Ilustrasi Profesional via shutterstock.com

Yang dimaksud dengan profesional adalah orang yang memiliki pengalaman dalam bekerja. Sama halnya dengan yang lainnya, profesional juga masih butuh banyak pembelajaran sekalipun pengalamannya sudah tinggi.

Beberapa orang menganggap kalau orang-orang yang sudah profesional tentunya menguasai bidangnya dengan baik. Pendapat ini memang benar, tetapi tak sepenuhnya benar. Meskipun menyandang status profesional, memperbarui diri tetap harus dan wajib dilakukan agar performa makin meningkat.

3. Selalu Bersemangat Layaknya Anak Muda

Bekerja di Startup
Ilustrasi Pekerja Muda via shutterstock.com

Meskipun usia sudah tidak muda lagi, bukan berarti jiwa dan semangat yang Anda miliki harus luntur. Seperti halnya kaum muda, Anda tetap harus mengikuti dinamika yang sedang berlangsung. Hindari sifat-sifat konservatif, tunjukkan fleksibilitas dan kepekaan Anda terhadap perubahan.

4. Manfaat Jam Kerja Fleksibel untuk Mengatur Waktu Sebaik Mungkin

Kerja di Startup
Ilustrasi Mengatur Waktu via shutterstock.com

Jam kerja fleksibel di startup bisa dikatakan fleksibel. Ingat, jangan sampai dengan fleksibelnya waktu, Anda abai terhadap tanggung jawab. Atur waktu sebaik mungkin agar hidup seimbang. Dengan begitu, Anda tetap dapat bekerja secara efektif, tetapi tetap memiliki jam untuk istirahat.

5. Tebus Kepercayaan dengan Kontribusi yang Optimal

Magang di Startup
Ilustrasi Kontribusi via shutterstock.com

Setiap perusahaan memberi kepercayaan pada karyawannya bahwa si karyawan akan memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaannya. Tak terkecuali bagi Anda yang bekerja di perusahaan startup. Untuk itu, penting untuk terus bekerja secara optimal agar kontribusi Anda tampak nyata dan berdampak positif bagi perkembangan perusahaan.

6. Jalin Relasi Sebanyak Mungkin

Karier Startup
Ilustrasi Menjalin Relasi via shutterstock.com

Ketika Anda bekerja, apalagi di perusahaan yang bergerak dalam bidang startup, tentu saja akan berhubungan dengan banyak orang. Dari mulai masa kecil hingga sekarang, tentunya Anda memiliki banyak teman yang dapat dijadikan sebagai relasi nantinya. Untuk itu, tetaplah jaga hubungan baik dan jalin relasi sebanyak mungkin. Siapa tahu salah satunya ada yang menjadi rekan bisnis ke depannya.

Baca Juga: KTA atau P2P Lending, Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Terus Belajar dan Maksimalkan Kemampuan

Bekerja di perusahaan startup memang sangat membutuhkan ide-ide kreatif dan suka akan inovasi. Penting bagi Anda untuk terus belajar dan memaksimalkan kemampuan yang sudah dimiliki, baik yang sudah dimiliki maupun yang baru dipelajari. Tetap profesional dan berdedikasi menjadi kunci sukses dalam berkarier.

Baca Juga: Inilah Film-Film yang Bisa Membangkitkan Semangat Kerja