Tips Sukses Memulai Bisnis Tiket Pesawat Online

Dalam kehidupan yang semakin modern ini pesawat memang telah menjadi kebutuhan banyak orang. Faktor kecepatan dan kemudahan yang bisa didapat dari jenis transportasi udara ini memang merupakan kelebihan dan daya tarik dari pesawat. Maka karena besarnya kebutuhan dan permintaan dari pesawat ini maka beberapa bisnis berkaitan dengan hal ini pun telah tumbuh dan berkembang. Bukan hanya bisnis maskapai penerbangan saja, namun hal yang meliputinya seperti bisnis tiket pesawat juga mengalami peningkatan.

Bisnis tiket pesawat sendiri adalah usaha untuk menyediakan tiket pesawat untuk konsumen yang dijalankan dengan sistem kerja-sama dengan pihak maskapai dan dilakukan secara online. Bisnis ini dinilai cukup potensial untuk dijalankan, mengingat antara pengeluaran dan pemasukan diprediksi akan menguntungkan. Lalu apa saja keuntungan menjalankan keuntungan menjalankan bisnis agen tiket pesawat ini? Berikut ulasannya.

 

Keuntungan Menjalankan Bisnis Agen Tiket Pesawat

Beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda menjalankan bisnis agen tiket pesawat tersebut adalah :

1. Memerlukan biaya kecil, hemat waktu dan mudah dijalankan

Keuntungan pertama dari bisnis agen tiket pesawat ini adalah biaya yang kecil, hemat waktu dan mudah dijalankan. Dengan sistem online, bisnis ini memang bisa dijalankan dari jarak jauh dan dari mana saja. Dari sini maka bisa disimpulkan bahwa bisnis ini mudah untuk dijalankan. Karena kemudahan-nya, anda pun tak perlu membuang-buang waktu dan tenaga untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Bisnis ini memang akan membuat Anda hemat waktu karena Anda tak harus setiap jam memantau atau standby ditempat usaha. Saat anda sedang berhalangan, Anda dapat meminta bantuan dari anggota keluarga untuk sementara menggantikan posisi anda. Dari segi biayanya Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak biaya, sebab pengeluaran pada bisnis ini tidaklah terlalu mahal. Untuk menjalankan bisnis ini Anda hanya membutuhkan tempat dan beberapa unit printer dan komputer yang telah terhubung dengan jaringan internet.

2. Bersifat jangka panjang

Ketika Anda membuka usaha tiket pesawat ini maka Anda tak perlu khawatir bahwa bisnis ini akan segera berakhir, sebab bisnis ini akan bersifat jangka panjang. Mengapa demikian? Ini karena transportasi udara dalam hal ini pesawat dalam kenyataannya terus mengalami jumlah peningkatan permintaan yang selalu naik setiap tahunnya. Maka jika kebutuhan pesawat ini selalu diperlukan oleh banyak orang, maka potensi yang ada didalamnya akan berlangsung dalam waktu yang lama. Selain jumlah permintaan yang selalu meningkat setiap tahunnya, prospek jangka panjang dari bisnis ini juga terlihat dari peningkatan jumlah bandara yang terus dibuka dan muncul disetiap daerah. Maka bila bisnis ini dikatakan sebagai usaha musiman tentu hal ini salah besar. Sebab usaha yang berlatar belakang melayani hajat hidup orang banyak ini akan dipastikan akan selalu ramai disetiap waktu.

3. Kesempatan untuk mengembangkan target pasar

Keuntungan terakhir dari bisnis tiket pesawat adalah kesempatan Anda untuk mengembangkan target pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi online (e-commerce) yang semakin tahun semakin canggih ini memang Anda akan berkesempatan untuk memperluas pasar akan semakin terbuka lebar. Bagaimana caranya? Anda bisa mengembangkan dan memperluas promosi usaha Anda melalui beberapa media online seperti blog, website dan juga media sosial. Terutama pada media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang sangat tinggi, Anda akan sangat berpeluang besar untuk mendapatkan banyak pembeli atau konsumen.

 Baca Juga: Cari Kredit Usaha Untuk Dapatkan Modal? Pertimbangkan Ini Dulu

 

Bagaimana Mekanisme Bisnis Agen Tiket Pesawat?

Untuk memulai bisnis tiket pesawat ini Anda bisa menjalankan dengan banyak cara. Cara pertama, Anda dapat melakukan bekerjasama dengan menjadi mitra waralaba penyedia tiket pesawat dan biro perjalanan. Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena Anda hanya tinggal mengikuti prosedur untuk menjalin kerjasama dengan pihak waralaba. Hanya dengan menyediakan lokasi usaha dan seperangkat peralatan operasional seperti komputer, printer, jaringan internet dan jaringan telepon, maka Anda sudah bisa menjadi agen tiket pesawat. Tidak hanya itu, ketika menjalankan usaha ini, Anda juga akan dibantu dan dipandu oleh tim waralaba agen tiket pesawat dengan seluruh sistem operasional bisnisnya.

Namun jika Anda tidak berminat menjalin kemitraan waralaba maka Anda bisa menjalankan cara kedua yaitu dengan membuka bisnis secara mandiri. Namun untuk menjalankan bisnis secara mandiri ini Anda harus menjadikan usaha tersebut berbadan hukum dengan bentuk perseroan terbatas (PT) dan juga memiliki sertifikat bukti keanggotaan ASITA (Asosiasi Pariwisata Indonesia). Kedua syarat tersebut memang sebuah ketentuan wajib yang harus dipenuhi pengusaha untuk bisa membuka bisnis agen tiket pesawat. Jika Anda tidak memenuhi, maka usaha Anda akan dianggap ilegal dan tidak sah.

Setelah memenuhi persyaratan keabsahan usaha di atas maka selanjutnya adalah menjalankan usaha tersebut. Anda bisa merekrut 2 operator yang terdiri dari satu operator untuk melayani pelanggan dan satu operator lagi untuk operasional bisnis (mengambil tiket dari maskapai dan mengantarkan ke pelanggan, mengurus sistem pembayaran, dan tugas lainnya).

Menjalankan Bisnis Agen Tiket Pesawat

 Menjalankan Bisnis Agen Tiket Pesawat - Sumber: http://intelligenttravel.com.au/

 

Buatlah Sistem dan Manajemen Perusahaan yang Mumpuni

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda memang membutuhkan sebuah sistem dan manajemen perusahaan. Untuk membuat kedua komponen ini Anda bisa mulai melakukannya dengan menentukan jumlah karyawan yang ideal yaitu 3 orang. tiga orang ini nantinya bisa Anda tempatkan dua orang untuk reservasi yang bertugas melayani calon pembeli dan dan 1 orang untuk operasional usaha. Bagian operasional sendiri nantinya berkewajiban untuk melakukan tugas keagenan seperti mengantar tiket ke pembeli, membeli tiket fisik ke maskapai atau mengantar setoran ke maskapai.

Baca Juga: 10 Kesalahan Fatal Dalam Pengelolaan Usaha

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam hal manajemen perusahaan ini yaitu pembekalan karyawan. Anda memang harus membekali karyawan Anda mengenai masalah “connecting” yaitu istilah di bidang penerbangan yang berhubungan dengan jadwal penerbangan, maskapai yang digunakan, waktu keberangkatan dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa perangkat untuk mendukung bisnis ini. Beberapa perangkat dalam bisnis ini antara lain adalah Instalasi internet (server atau modem), printer, 2 unit komputer, software gratis yang diberikan maskapai (kecuali Garuda), dan juga peralatan kantor pada umumnya seperti meja dan kursi.

 

Sistem dan Manajemen Perusahaan yang Mumpuni

Sistem dan Manajemen Perusahaan yang Mumpuni - Sumber: https://vbt249.wordpress.com

 

Lakukan Strategi Pemasaran yang Efektif

Untuk sukses dalam bisnis ini Anda memang harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Untuk bisnis ini ada beberapa strategi pemasaran efektif yang bisa Anda jalankan. Sebut saja beriklan di Yellow Pages. Iklan di Yellow Pages ini memang telah terbukti efektif sebab iklan disini bisa mencakup pembaca yang sangat luas. Biaya untuk beriklan di Yelow Pages sendiri bergantung lokasi iklan yang Anda pilih. Secara keseluruhan ongkos iklan pada media ini berkisar antara Rp 900 ribu sampai Rp 1,4 juta dengan ukuran kolom 10 x 10 cm. Cara kedua Anda bisa menjalankan promosi dan pemasaran ini dengan cara menyebarkan brosur ke daerah yang potensial. Karena bisnis ini sudah cukup banyak dan bersaing ketat maka Anda tidak boleh lupa untuk memberikan beberapa harga promo atau diskon suapaya bisa menarik konsumen untuk membeli tiket pesawat dari Anda.

Strategi pemasaran lain yang bisa Anda jalankan adalah dengan melalui jalur online. Melalui sistem online yang kini telah bertumbuh dengan pesat ini, Anda bisa menjalankannya melalui beberapa media. Sebut saja media blog, website atau juga jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki dana lebih Anda bisa menjalankan keseluruhan metode tadi. Namun jika Anda hanya mempunyai dana yang terbatas maka Anda bisa memilih salah satu dari beberapa metode pemasaran tersebut yang sesuai dengan usaha dan budget Anda.

Baca Juga: Tantangan Memulai Usaha Sendiri dan Cara Mengatasinya

 

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran - Sumber: www.bankernote.com

 

Berikan Layanan Terbaik Anda

Setiap bisnis memang diharuskan membuat pelayanan yang baik bagi setiap konsumennya. Karena jika konsumen merasa puas maka mereka akan terus membeli tiket dari Anda dan akhirnya menjadi pelanggan setia Anda. Ketika mereka menjadi pelanggan dan terus Anda puaskan dalam pelayanan, bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan atau memberitahukan bisnis atau usaha Anda ke orang lain . Ini tentu akan sangat menguntungkan Anda. Maka dari hal ini jangan sekali-kali ragu untuk memberikan layanan terbaik yang bisa Anda persembahkan untuk para konsumen Anda. Karena semua hal  dari layanan terbaik Anda cepat atau lambat akan segera berdampak pada sesuatu yang baik pada bisnis Anda.