Tips Sukses Merencanakan Surprise Party yang Meriah dan Berkesan

Pesta selalu menjadi bagian yang menyenangkan. Apa pun temanya, pesta selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Sebab pesta selalu membawa kebahagiaan. Kita senang melakukan perayaan, entah itu kesuksesan, kelulusan, ulang tahun, atau sekadar beberapa momen lainnya yang menurut kita penting.

Pesta kejutan atau yang kerap disebut dengan surprise party selalu menjadi acara yang dilakukan banyak orang. Mempersiapkan pesta kejutan pasti memiliki sensasi yang berbeda. Semua hal terkait dengan persiapan ini akan dilakukan secara sembunyi-sembunyi dari orang yang akan diberi kejutan. Dan ini tidak selalu menjadi hal yang mudah untuk dilakukan.

Sangat penting bagi Anda untuk memahami karakter target yang akan diberi surprise party agar bisa terhindar dari kekakuan atau kegagalan. Tidak perlu repot dan sulit dalam melakukan hal ini. Cukup mengenal kebiasaan dan beberapa hal yang mungkin tidak disukainya dan beberapa hal lainnya yang disukainya. Dengan begini, akan lebih mudah untuk menyiapkan segala sesuatunya.

Jika sudah tahu karakter yang nantinya diberi kejutan, Anda bisa merencanakan segala sesuatunya dengan tenang. Beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti dalam mempersiapkan surprise party.

Baca Juga: Ide Hemat dan Romantis Rayakan Ulang Tahun Pasangan Anda

1. Tentukan Tanggal dan Waktu yang Tepat

Waktu Tepat untuk Pesta
Ilustrasi Tanggal Pesta via shutterstock.com

Hal yang pertama kali harus dilakukan untuk persiapan ini adalah memilih hari dan tanggal yang paling tepat. Beberapa orang mungkin akan memilih akhir pekan sebagai waktu yang pas untuk menggelar surprise party. Kecuali suprise party ini diadakan sebagai perayaan ulang tahun, sudah tentu harus sesuai dengan tanggal perayaan.

Penting untuk memilih sebuah hari yang paling tepat sejak awal agar dapat memastikan siapa saja yang kira-kira dapat menghadiri acara ini nanti (undangan). Jika ternyata pada hari yang dipilih tersebut bukan akhir pekan, tidak ada salahnya untuk mengadakan acara ini setelah jam pulang kantor atau malam hari. Dengan begitu, semua teman/kerabat dapat hadir dan bersenang-senang bersama.

Sesuaikan juga agenda acara, jangan sampai yang bersangkutan malah sulit didatangkan ke lokasi pesta. Kalau begini, semuanya rencanamu akan kacau nantinya. Karena itu, pastikan sejak awal bahwa jadwalnya kosong pada hari yang dipilih tersebut.

2. Pilih Tema yang Sesuai

Tema Pesta
Ilustrasi Tema Pesta via shutterstock.com

Dalam sebuah pesta, tema selalu menjadi salah satu faktor penting yang menentukan berhasil atau tidaknya acara tersebut. Pemilihan tema yang salah bisa saja membuat suasana pesta tampak buram atau bahkan membosankan. Anda bisa membuat sebuah tema yang disukai target, misalnya tema koboi, pecinta alam, atau tema vintage.

Pilihlah tema yang paling tepat dan mendukung kesuksesan acara tersebut, sehingga suasana menjadi lebih hidup. Jangan lupa untuk mengatur dekorasi dengan indah, sesuai dengan tema yang telah dipilih. Gunakan beberapa peralatan pendukung yang dibutuhkan. Anda juga bisa meminta para undangan untuk menyesuaikan penampilan dengan tema yang telah dipilih sehingga terlihat lebih menarik.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Pilih Lokasi Pesta yang Sesuai

Tempat Pesta
Pesta di Pantai via shutterstock.com

Tempat/lokasi juga akan sangat menentukan kesuksesan sebuah pesta, bahkan meskipun hanya dilakukan secara sederhana. Pilih tempat yang paling sesuai dengan acara yang akan digelar tersebut. Tentunya yang kira-kira dapat menjadikan suasana nyaman dan menyenangkan.

Sebenarnya, surprise party juga dapat dilakukan di rumah selama target bisa dikondisikan untuk pergi atau tidak berada di rumah selama persiapan dilakukan. Namun, jika mengadakannya di luar rumah, pastikan itu bukan sebuah tempat yang asing atau setidaknya terasa “aneh” untuk target. Sebab hal ini dapat menimbulkan kecurigaannya. Anda dapat memilih tempat yang pernah didatanginya atau setidaknya telah diketahui olehnya.

4. Sebar Undangan dengan Pesan Khusus

Undangan Pesta
Ilustrasi Kirim Pesan Khusus via shutterstock.com

Jika semua rencana telah disiapkan, sudah waktunya untuk mengundang teman dan kerabat. Tidak perlu terlalu ramai karena jumlah undangan yang sedikit justru dapat membuat rahasia mengenai acara ini tetap terjaga.

Tamu yang tidak terlalu banyak juga dapat membuat suasana pesta menjadi lebih nyaman dan hangat. Semua tamu akan lebih mudah untuk membaur antara satu dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk memberi memo pada tamu undangan tersebut, bahwa acara ini adalah suprise party yang tidak diketahui si target. Dengan begitu, mereka akan ikut serta memastikan informasi ini tetap terjaga, bahkan hingga waktu acaranya tiba. Jumlah undangan yang banyak sering kali sulit dipastikan kerahasiaannya tetap terjaga. Jadi, tidak ada salahnya jika merencanakan pesta tidak terlalu besar.

5. Ajak Teman untuk Mempersiapkannya

Teman Pesta
Mengajak Teman Mengatur Pesta via shutterstock.com

Sejak awal perencanaan, Anda juga bisa mengajak teman dekat/sahabat untuk mengatur segala sesuatunya bersama. Ini akan mempermudah tugas dan membantu untuk mengamankan situasi pada hari “H”-nya nanti. Pastikan orang yang diajak untuk mempersiapkan pesta ini adalah seseorang yang bisa dipercaya untuk menjaga rahasia agar tidak kerepotan.

Lakukan persiapan dengan matang, dimulai dari dekorasi hingga berbagai hal lainnya yang sangat penting untuk diatur sedemikian rupa. Jangan lupa untuk mengatur acara dengan tepat, bahkan meski itu hanyalah acara yang sangat sederhana. Siapkan makanan dan minuman yang lezat dan disukai banyak orang, termasuk target dan para undangan.

Jika acara dilakukan di luar ruangan pada malam hari, pastikan Anda memaksimalkan dekorasi dengan berbagai lampu, lilin, atau hiasan lainnya yang dapat menghidupkan suasana. Anda juga perlu memutar musik yang tepat. Sebab ini akan sangat mendukung hangatnya suasana pesta tersebut. Lakukan persiapan ini dengan baik sehingga surprise party yang Anda rencanakan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

6. Bawa Target ke Lokasi

Lokasi Pesta
Ilustrasi Lokasi Pesta via shutterstock.com

Ini juga akan menjadi salah satu pekerjaan yang cukup sulit, terutama jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Setelah semua persiapan matang dan para tamu undangan datang, waktunya untuk memastikan target dapat hadir dengan cara yang menyenangkan. Artinya, semuanya berjalan dengan wajar dan tidak mencurigakan baginya.

Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda dapat meminta bantuan kepada orang dekat target sehingga target tidak curiga. Hal ini akan membutuhkan skenario tersendiri agar berjalan secara alami. Untuk itu, pastikan Anda mengaturnya sejak awal. Bila sudah berjalan dengan baik dan target tiba di lokasi, waktunya memulai pesta.

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Negosiasi Dengan Wedding Organizer

Lakukan Tanpa Menimbulkan Kecurigaan

Ketika mempersiapkan surprise party, Anda tentu akan dituntut untuk dapat mengatur segala sesuatunya secara sembunyi-sembunyi. Pilih cara yang paling mudah dan tidak mencurigakan sehingga pesta tersebut dapat dipersiapkan dengan matang.

Bantuan beberapa teman akan sangat berguna. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka bekerja sama. Siapkan pestanya dan beri kesan yang berbeda dan bisa membuat target bahagia.

Baca Juga: Ternyata Ini Keuntungan Pilih Hari Kerja Sebagai Tanggal Pernikahan