Tips Tukar Tambah Motor Lama dengan Motor Baru

Belakangan ini ada tren yang muncul akibat persepsi publik tentang status kendaraan. Memiliki kendaraan baru secara prestise lebih keren dibanding motor lama. Selain itu kemudahan dalam perawatan juga membuat tren tukar tambah kian marak. Apalagi jika menilai dari segi performa mesin serta desain, motor keluaran terbaru jelas lebih unggul dibanding tahun produksi lama. Tidak heran sejumlah pengendara roda dua tergoda mengganti motor lamanya dengan alasan tertentu, entah sudah merasa bosan atau performa mesin turun akibat lamanya waktu pemakaian atau mungkin hanya sekedar ikut gengsi dan status sosial tadi.

Hal- hal yang Harus Diperhatikan

Prinsip tukar tambah sebenarnya sederhana saja. Motor lama dijual lalu uang hasil penjualan ditambahkan untuk membeli motor idaman. Agar tidak repot harus mencari calon pembeli, beberapa orang lebih suka mendatangi dealer motor bekas yang melayani tukar tambah kendaraan bermotor. Tukar tambah motor lama dengan yang baru butuh kesepakatan antara dua belah pihak, tidak jauh berbeda seperti transaksi jual beli. Ada sejumlah kriteria dasar yang wajib dipenuhi terlebih dahulu agar proses berjalan lancar. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya : 

1. Taksiran Harga Kendaraan 

Taksiran Harga Kendaraan

Cari Tahu Berapa Taksiran Harga Kendaraan Anda via vsassets.com

 

Tukar tambah atau trade-in merupakan praktek yang lazim di bisnis motor bekas. Caranya sederhana, motor Anda ditaksir sesuai harga pasaran dan Anda akan mendapatkan mobil yang diinginkan dengan harga tertentu dari pihak kedua. Kemudian Anda atau pihak kedua tinggal membayar selisih harga yang disepakati tersebut.

Terlihat mudah, tapi kenyataannya banyak pembeli awam yang terkecoh. Contohnya harga motor miliknya jatuh akibat nego pintar dari pembeli atau jika saling ngotot dengan ego masing-masing maka kedua belah pihak akan kesulitan menemukan harga cocok. Bagi pembeli awam, trik terpenting saat tukar tambah adalah jangan dulu membuka harga motor Anda sebelum tahu harga motor yang akan dibeli. Pasalnya, pihak pedagang akan langsung memperhitungkan beban pembelian motor, sehingga harga motor diincar bakal lebih mahal.

2. Persiapkan kendaraan yang Akan Dijual

Persiapkan Kendaraan Anda

Persiapkan Motor yang Akan Dijual via themotorcycleshopsa.com

 

Tips berikutnya adalah persiapkan motor Anda yang mau ditukar tambah. Siapkan dana untuk membersihkan interior, merapikan bodi, dan memperbaiki kondisi mesin. Tujuannya agar motor memiliki nilai jual yang bagus.

3. Surat-surat Berharga Tanda Kepemilikan

BPKB Kendaraan

BPKB Salah Satu Dokumen yang Harus Dipersiapkan via beritabangka.com

 

Kelengkapan surat sudah menjadi standar dalam transaksi jual beli dan tukar tambah kendaraan bermotor. Proses tukar tambah dijamin berjalan lancar jika kredit kepemilikan motor lama sudah lunas dan BPKB ada dalam genggaman tangan, bukan di pihak lain. Pastikan pajak STNK belum mati alias masih berlaku. Beli mobil bekas STNK mati, murah belum tentu baik. Jangan terlena, pastikan dulu kelengkapan di dokumen mobil dan tidak membebani Anda di kemudian hari. Persaingan jual beli motor yang ketat membuat banyak trik yang dilakukan untuk menarik minat konsumen, misalnya saja beberapa pedagang motor memasang siasat harga murah. Di poin inilah konsumen kerap terjebak. Umumnya langsung tertarik membeli motor dengan harga ‘miring’ dan tidak memperhatikan kelengkapan administrasi motor. Misalnya Surat Tan­da Nomor Kendaraan (STNK) yang mati alias belum bayar pajak kendaraan.

Dengan kondisi seperti itu, harga motor yang dijual memang lebih murah dari harga pasar. Jika pembeli bertanya, biasanya para pe­dagang juga bersedia membantu proses balik nama dengan ketentuan lama balik nama STNK itu sekitar 2 minggu. Sementara untuk pembuatan BPKB mema­kan waktu 2 minggu. Jadi kelengkapan surat-surat mobil seluruhnya selesai 1 bulan kemudian. Namun dibalik itu, waspadai biaya yang muncul misalnya saja beban biaya dan pajak di STNK yang mati sudah pasti akan merepotkan Anda di kemudian hari. Belum lagi biaya Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ).

4. Tahun Pembuatan Kendaraan 

Contoh Motor Tua

Contoh Motor Tua via blogspot.com

 

Sebelum tukar tambah pastikan tahun pembuatan sepeda motor minimal 5 tahun terakhir dan tak boleh lebih lama. Semakin lama tahun pembuatan, tentu sepi peminat alias tidak laku. Selain itu sebagian besar dealer motor bekas lebih suka kondisi asli keluaran pabrik, bukan bodi hasil modifikasi.

Baca Juga : Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan 

Jika semua kriteria telah terpenuhi, maka proses tukar tambah sepeda motor dengan dealer bisa segera dijalankan. Adapun langkah-langkah yang bisa diterapkan sebagai berikut:

Buat janji pertemuan dengan pihak dealer yang akan menilai kelayakan sepeda motor lama.

  1.  Pada waktu pertemuan dan penilaian, bawa lalu tunjukkan semua surat berharga tanda kepemilikan sepeda motor. Percaya atau tidak, semua  dokumen tersebut berpengaruh pada penentuan harga jual.
  2.  Apabila sudah diperiksa secara keseluruhan, baik kondisi fisik, mesin dan surat sepeda motor, maka pihak dealer akan menentukan harga jual. Jika  pemilik setuju atas penetapan harga, maka tinggal menambahkan nominal uang tertentu untuk membeli motor baru.
  3.  Jika motor idaman tak tersedia di dealer motor bekas dan ingin beli langsung di dealer motor resmi, konsumen boleh tentukan sendiri cara  pembayaran. Langsung bayar kontan jika dana mencukupi, atau kredit saja jika uang hasil penjualan motor lama dan tabungan ternyata masih belum  cukup.
  4.  Hampir semua dealer motor resmi menyediakan layanan kredit hasil kerjasama dengan perusahaan leasing. Agar pengajuan aplikasi kredit motor  disetujui, bawa beberapa dokumen penting seperti foto kopi KTP pemohon, foto kopi kartu keluarga dan data tambahan sesuai permintaan.

Setelah kendaraan Anda berhasil terjual, uang hasil penjualan sepeda motor sebaiknya dipergunakan untuk membayar uang muka dengan nominal tertinggi. Dengan begitu proses pelunasan lebih cepat dan pembayaran cicilan setiap bulan jauh lebih ringan di kantong.

Baca Juga : 3 Tips Memilih Sepeda Motor untuk Perempuan

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Keuntungan Lain yang Anda Dapatkan

Keuntungan membeli sepeda motor idaman secara kredit di dealer resmi yaitu konsumen akan memperoleh asuransi jenis Total Loss Only (TLO) yang berlaku selama masa kredit dan mencakup kasus pencurian, perampasan, dan rusak kondisi 80% akibat kecelakaan parah. Keuntungan ini justru tidak diperoleh pembeli sepeda motor tunai. Hal yang terpenting adalah Ikuti semua kriteria dasar agar penetapan harga jual motor tidak terlalu jatuh. Jika motor sudah pernah mengalami modifikasi, mau tidak mau harus mencari calon pembeli sendiri.

Baca Juga : Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Kredit Motor