Traveler, ini 7 Tren Liburan 2019 dan Tips Cerdas Persiapkan Liburan!

Liburan merupakan momen yang paling tempat untuk memanjakan diri melihat pemandangan di berbagai tempat-tempat wisata. Dengan liburan juga banyak dimanfaatkan banyak orang untuk merileksasikan pikiran dari rasa penat terhadap menumpuknya pekerjaan.

Menyoal liburan, pastinya setiap orang atau kelompok tertetu memiliki tren atau gaya masing-masing untuk menikmati suasana liburan. Ada yang liburan sambil mencari ide, liburan dengan anggaran yang minim, backpacker dan sebagainya. Hal ini membuat tren menjadi sangat popular diperbincangkan masyarakat khususnya yang suka traveling di beberapa tahun belakangan ini.

Nah, bagi traveler yang belum menyempatkan diri untuk liburan di tahun 2018 jangan bersedih, sebab berbagai media travel sudah memprediksikan gaya liburan di 2019 yang nantinya bakalan menjadi tren di dunia traveling. Bukan hanya itu saja, dipastikan tren ini juga tak kalah serunya dan wajib Anda coba, di antaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kunjungan ke Tempat Wisata yang Sepi

hutan
Kunjungan ke tempat wisata yang sepi

Pastinya tak sedikit dari travel yang pernah merasakan penuhnya tempat wisata yang dikunjungi. Alhasil, bukannya menikmati suasana liburan dengan meilhat pemandangan yang indah justru berdesak-desakan karena saking padatnya pengunjung.

Di tahun depan, berkunjung ke tempat wisata yang sepi akan menjadi tren liburan yang banyak dilakukan. Sepi disini bukan berarti tidak ada pemandangan yang menarik, melainkan tempat wisata yang masih jarang dikunjungi. Dengan begitu, Anda bisa memanjakan diri dengan tenang dan bisa menjelajah dengan bebas di daerah wisata setempat.

Tingginya minat masyarakat terhadap liburan menjadikan setiap kota atau daerah berlomba-lomba menciptakan tempat wisata yang patut dikunjungi. Kini banyak tempat wisata baru di Indonesia yang bermunculan dan pastinya masih sedikit pengunjung seperti Pulau Bair Maluku Tenggara, beberapa lokasi hutan pinus, Gili pasir atau Gili Kapal Lombok dan masih banyak lagi.

2. Wisata Leluhur

Setiap manusia memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu hal, termasuk pada kehidupan orang zaman dulu bahkan nenek moyang mereka. Saking penasarannya, tanpa disengaja mereka melakukan penelusuran hingga akhirnya mengunjungi berbagai dearah dalam negeri hingga luar negeri.

Nyatanya, perjalanan menelurusi sejarah nenek moyang akan menjadi tren di 2019. Bukan hanya bisa menikmati perjalanannya saja, tapi traveler yang mencoba tren liburan ini juga akan mendapatkan pengalaman yang sangat menarik.

3. Menikmati Hamparan Bintang

kamping
Menikmati Hamparan Bintang

Menyaksikan bintang yang bertaburan di langit luas bukan hanya ada di film-film saja, Anda bisa menyaksikannya secara langsung di daerah tertentu. Nah, ini menjadi salah satu tren liburan pada 2019 yang tentunya banyak dilakukan masyarakat.

Banyak tempat wisata yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melihat bintang-bintang, misalnya saja di daerah pegunungan seperti Ranu Kumbolo Gunung Semeru, Gunung Gede Cirebon atau di daerah lainnya seperti Pulau Kepa Alor NTB, Pantai Batu Layar Lampung dan sebagainya.

4. Trip dengan Kendaraan Listrik

Kebanyakan orang melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, atau bis travel, tapi pada 2019 akan ada perbedaan yang pastinya unik dan menjadi pengalaman yang baru, yaitu road trip dengan kendaraan listrik.

Sekarang ini kendaraan listrik sedang gencar di produksi terutama di Indonesia. Bahkan di beberapa negara mobil listrik ini sudah laku keras di pasaran.

Sebelum memutuskan untuk mencoba perjalanan dengan menggunakan mobil listrik ini, tentunya Anda harus memastikan terlebih dahulu tempat wisata mana saja yang sudah menyediakan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui titik lokasi pengisian bahan bakar mobil listrik tersebut.

5. Teknologi

vr
Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi di dunia ini sangat dimanfaatkan dengan maksimal di berbagai bidang, salah satunya liburan. Pastinya masih banyak orang yang belum paham dengan tren liburan yang satu ini.

Maksudnya, dengan menggunakan perangkat Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) liburan bisa lebih mudah dirasakan. Dengan alat yang canggih tersebut, para travel yang mencobanya akan disuguhkan pemandangan yang indah tentunya.

Namun, sayangnya teknologi ini belum ada di banyak negara, baru ada di Museum Nasional Singapura, Jinsha Slte di Chengdu dan Tiongkok.

6. Liburan Sambil Belajar

Biasanya liburan sambil belajar diterapkan pada anak kecil saja, tapi sekarang ini banyak juga orang dewasa yang turut melakukannya. Selain menikmati perjalanan dan pemandangan, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi destinasi wisata setempat atau bisa mempelajari sesuatu yang baru.

Misalnya informasi singkat yang ditempel di papan menyoal sejarah singkat tempat wisata tersebut atau informasi yang diberikan langsung oleh tour guide. Liburan yang seperti ini juga akan terjadi peningkatan dan akan menjadi tren di 2019.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

7. Liburan Mandiri Tanpa Agen Travel

liburan
Liburan mandiri tanpa agen travel

Tak bisa dipungkiri belakangan ini agen travel menjadi pilihan banyak ketika ingin liburan karena biasanya agen tersebut sudah menawarkan paketan hemat mulai dari transportasi, penginapan, biaya masuk tempat wisata bahkan ada juga yang sudah termasuk biaya makan.

Namun, untuk ditahun 2019 sepertinya liburan dengan menggunakan agen travel tidak menjadi tren lagi. Sekarang ini banyak orang yang memutuskan untuk liburan lebih bebas. Artinya, bisa mengeksplore daerah-daerah yang kaya akan tempat wisata.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Tips Mewujudkan Liburan

Bagi treveler yang sudah mengetahui tren liburan 2019, pastinya sudah tidak sabar lagi untuk mencoba salah satu dari tren tersebut, bukan? Agar liburan  tidak lagi menjadi wacana, yuk, simak tiga tips persiapkan liburan di tahun 2019 berikut ini:

1. Lakukan Riset

riset
Lakukan riset

Mendapatkan liburan yang sesuai dengan keinginan, tentunya tidak bisa diwujudkan secara mendadak. Rencanakan dengan matang dari jauh-jauh sangat perlu dilakukan. Mulailah dari sekarang melakukan riset secara keseluruhan, baik dari ingin menikmati tren liburan yang seperti apa, tujuan destinasi, transportasi, penginapan dan sebaginya.

Selama melakukan riset liburan, jangan lupa untuk terus melakukan perbandingan dari pihak satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan harga yang terbaik dengan kualitas liburan yang terbaik juga. Tak ada salahnya juga pertimbangkan negara-negara bebas visa misalnya Thailand, Vietnam, Jepang dan masih banyak lagi.

Pantau juga promo-promo yang diadakan oleh online travel agent, bank, travel fair, atau maskapai penerbangan. Mereka sering memberikan harga spesial di musim liburan tertentu, sehingga bisa menikmati liburan yang menyenangkan dan tentunya bisa lebh menghemat uang.

2. Nabung dan Investasi Jangka Pendek

nabung invest
Nabung dan investasi jangka pendek

Riset yang dilakukan sebelumnya akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam menyusun anggaran selama liburan berlangsung mulai dari trasportasi, makan, penginapan hingga dana darurat.

Ketika sudah mengetahui kisaran anggaran, bagi traveler sudah bisa memulai menabung dan melakukan investasi jangka pendek seperti deposito atau melakukan pendanaan di fintech P2P lending. Menyoal investasi atau pendanaan tidak perlu khawatir, sekarang ini Anda sudah bisa memulainya dengan modal yang kecil sekalipun yakni Rp100 ribu.

Memang awalnya mungkin, akan terasa sulit apalagi bagi Anda yang belum terbiasa nabung dan investasi. Namun kedua hal ini adalah kunci terbaik untuk mempersiapkan dana yang cukup dan aman untuk bisa mewujudkan dan menikmati liburan yang diinginkan.

3. Cek Kelengkapan Dokumen

pasport
Cek kelengkapan dokumen

Bila menikmati liburan di luar negeri menjadi kepututsan yang tepat, maka selain menyiapkan sejumlah dana, traveler juga perlu mengecek kelengkapan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan visa.

Siapkanlah dokumen tersebut dari jauh-jauh hari, sebab mengurus dokumen bukanlah hal yang mudah. Bila tidak diperhatikan kelengkapannya dengan baik, bisa dipastikan liburan menjadi kacau dan pupus.

Mencoba Liburan dengan Hal yang Baru

Liburan memang menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang khususnya pecinta traveling. Bagi Anda yang ingin mencoba suasana baru di setiap liburannya, mencoba tren liburan 2019 bisa menjadi solusi yang tepat. Hal ini tentunya juga akan membuat liburan semakin berwarna dan menambah banyak pengalaman. Wujudkan liburan menjadi nyata dengan melakukan rencana persiapan yang matang mulai dari sekarang.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal