'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?

Bisa sering travelling tapi tak menguras kantong, semua orang pasti suka!

Sepertinya, semua juga sepakat jangan sampai ada gangguan sekecil apa pun saat travelling. Namun, kenyataan sering kali tak seperti yang diharapkan. Liburan yang seharusnya menyenangkan, berubah muram bahkan berantakan karena hal sepele. Apakah Anda pernah, bahkan sering mengalaminya?

Bukan tak mungkin, masalah itu timbul karena ada yang kurang, bahkan salah dalam mempersiapkannya. Hingga akhirnya mengalami hal-hal yang seharusnya tidak terjadi, seperti over bujet, atau tak nyaman saat berada di airport, bahkan mengalami hal yang sangat tidak menyenangkan, misalnya kecelakaan, dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Tentu saja, tak seharusnya semua itu terjadi jika Anda mempersiapkan diri dengan baik dan tahu strateginya, salah satunya membekali diri dengan kartu kredit. Namun bukan kartu kredit sembarangan, tapi kartu kredit travel atau khusus travelling. Dan traveller sejati pasti memilikinya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Alasan Traveller Sejati Pasti Punya Kartu Kredit Travel

Travelling Ilustrasi travelling

Mungkin Anda bertanya-tanya apa pentingnya punya kartu kredit travel. Tentu saja penting, tetutama bagi Anda pecinta travelling. Karena kartu kredit jenis ini memberikan banyak benefit untuk kebutuhan travelling.

Semakin sering travelling, makin banyak pula yang Anda butuhkan maupun risiko yang akan dihadapi. Artinya, Anda pun semakin membutuhkan pula yang namanya kartu kredit travel ini.

Maka, tak heran bila traveller sejati umumnya sudah mengantongi kartu kredit travel ini. Lalu, apa saja kelebihan atau keuntungan memiliki kartu kredit travel? Ini jawabnya.

1. Bisa Terbang Gratis

Nah, siapa sih yang enggak ingin mendapatkan tiket pesawat gratis? Sepertinya semua orang suka dengan penerbangan gratis, terutama yang hobi travelling. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini.

Cara peroleh penerbangan gratis pun mudah. Anda bisa menemukannya pada kartu kredit travel. Anda bisa mengumpulkan poin mileage atau rewards dari transaksi menggunakan kartu kredit untuk ditukar dengan penerbangan gratis.

Bahkan salah satu bank penerbit kartu kredit, penerbangan gratis pun diberikan secara cuma-cuma pada pemegang kartu ketika pengajuan kartu kreditnya disetujui. Kartu kredit di tangan, langsung terbang gratis!

2. Transaksi Mudah saat di Luar Negeri

Sudah tak asing lagi, setiap kartu kredit dilengkapi dengan logo VISA dan MasterCard. Artinya, dengan kartu kredit itu, Anda bisa melakukan transaksi di mana saja Anda berada saat travelling ke luar negeri.  Jadi, saat mendadak ingin membeli barang atau hanya sekedar makan di restoran dan uang tunai terbatas, Anda tinggal menggunakan kartu kredit ini.

Baca Juga: Rupiah Tembus Rp14.000an, ini Tips Hemat ‘Travelling’ ke Luar Negeri

3. Tetap Bisa Travelling saat Keuangan Pas-pasan

Kartu Kredit Travelling
Travelling jalan terus dengan kartu kredit

Seiring dengan kebutuhan yang terus meningkat, sementara gaji tetap segitu-gitu aja, bujet travelling bisa-bisa jadi terpangkas dan banyak rencana liburan pun jadi tertunda. Atau lebih menyedihkan lagi bila harus dibatalkan.

Tapi sejatinya Anda masih bisa terus melakukan hobi travelling meski saat kuangan pas-pasan. Anda bisa menyiasatinya dengan kartu kredit travel. Anda bisa memanfaatkannya untuk membeli tiket pesawat maupun pemesanan hotel dengan cicilan 0% selama 12 bulan. Jadi, hobi travelling Anda pun tetap tersalurkan meski keuangan pas-pasan, bukan?

4. Gratis di Airport Lounge

Saat menunggu jadwal penerbangan pesawat di bandara, memang sering kali membosankan. Apalagi jika waktu take off pesawat masih cukup lama. Ditambah lagi bila terjadi delays atau penundaan jam penerbangan karena cuaca buruk atau maintenance pesawat.

Tapi Anda bisa ‘sulap’ rasa bosan itu jadi menyenangkan dan nyaman saat di bandara dengan memanfaatkan fasilitas gratis akses Airport Lounge. Nah, Anda bisa menemukan fasilitas ini di seluruh kartu kredit travel. Buat waktu menunggu Anda jadi nyaman dan bebas bosan saat di bandara.

5. Tak Perlu Repot Bawa Uang Tunai Banyak

Uang Tunai dan Kartu Kredit
Kalau bisa lebih praktis, kenapa pilih yang repot?

Selain tak efektif, membawa uang tunai banyak juga hanya akan menambah berat beban barang bawaan Anda yang sudah banyak. Ditambah lagi, saat membeli barang atau hanya sekedar membayar makanan, juga membayar penginapan, Anda harus repot-repot menghitung uang yang akan dibayarkan atau menunggu uang kembaliannya.

Duh, semua itu tidak akan Anda alami bila menggunakan kartu kredit travel. Bahkan, Anda juga tak perlu susah-susah mencari tempat penukaran uang asing (money changer) hanya sekedar ingin bertransaksi atau kehabisan uang tunai saat berada di negari orang.

6. Asuransi Perjalanan Gratis

Nah, yang lebih penting lagi dengan kartu kredit travel ini, Anda bisa lebih merasa nyaman dan aman saat travelling karena terlindungi oleh asuransi perjalanan. Tak tanggung-tanggung, asuransi perjalanan Anda peroleh secara cuma-cuma. Anda cukup membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit travel, bisa dicicil pembayaraannya, dapat asuransi perjalanan gratis pula. Menyenangkan, bukan?

Baca Juga: Asuransi dari Kantor Sudah Cukup? Kenali 4 Jenis Asuransi Jiwa untuk Karyawan

7. Makanan/Minuman Gratis di Airport Lounge

Makanan dan Minuman di Airport Lounge
Nikmati makanan dan minuman gratis di Airport Lounge

Wah, rasanya untungnya makin berlipat saja saat travelling sudah punya kartu kredit travel. Bagaimana tidak? Anda bisa menghemat biaya makan saat travelling karena bisa menikmati makanan atau minuman gratis! Sebab beberapa bank penerbit kartu kredit travel memberikan fasilitas gratis makan atau minum di airport.

8. Ekstra Bagasi

Saat travelling dengan waktu yang cukup lama, tentunya Anda membawa barang bawaan yang cukup banyak pula. Kalau sudah begitu, pasti Anda perlu menaruh tas ransel besar atau koper besar itu di bagasi, bukan?

Nah, tentunya kapasitas fasilitas bagasi gratis ada batasnya. Jika barang bawaannya melampui batasan bagasi gratis tersebut, maka selebihnya Anda harus membayarnya. Tapi beruntungnya Anda bila sudah memiliki kartu kredit travel. Karena Anda bisa mendapatkan ekstra bagasi hingga 20%.

9. Dapat Cashback Belanja dan Diskon Hotel

Bagaimana tak semakin untung travelling dengan kartu kredit travel? Selain memudahkan, juga membuat keuangan Anda semakin aman saja. Karena Anda bisa mendapatkan cashback atau diskon dari transaksi-transaksi yang Anda lakukan, seperti belanja barang retail maupun pemesanan hotel dan lainnya.

Berikut Beberapa Contoh Kartu Kredit Travel yang Bisa Jadi Pilihan:

1. Danamon World Card

Kartu Kredit Danamon World Card

  • Cicilan 0% hingga 36 bulan tansaksi berlanja di merchants tertentu
  • Dapat 1,5 Reward Point setiap transaksi Rp1.000 dan berlaku kelipatan
  • Gratis akses Airport Lounge eksklusif di berbagai kota besar Indonesia
  • Cashback 5% untuk pembayaran tagihan
  • Dan masih banyak lagi benefit lainnya

2. Mega Travel Card

Mega Travel Card

  • Dapat 1 point mileage dan double point untuk transaksi internasional yang bisa ditukar semua produk Antavaya Tour
  • Dapat 10.000 point mileage, setara Rp1.300.000 dengan transaksi minimal Rp15.000.000 dalam 3 bulan sejak pertama kali kartu disetujui
  • 1 kali akses ke Airport Lounge internasional pilihan dan dapat gratis 1 makanan serta 1 minuman di Mega Lounge Coffee Bean & Leaf
  • Penggantian 2x selisih kurs saat melakukan klaim jika ada kartu kredit sejenis yang memiliki kurs lebih baik
  • Diskon hingga 50% Coffee Bean & Tea Leaf, Baskin Robins, dan Wendy's
  • Dan masih banyak lagi benefit lainnya

3. Garuda-BNI Visa Platinum

Garuda BNI Platinum

  • Bonus 200 miles saat pengajuan kartu kredit disetujui, yang bisa ditukarkan dengan tiket perjalanan atau hotel
  • Bonus 2000 miles saat pertama kali transaksi
  • Bonus 2000 miles setiap tahun
  • Potongan 5% setiap pembelian tiket pesawat Garuda
  • Dan masih banyak lagi benefit lainnya

4. BRI Wonderful Indonesia

BRI Wonderful Indonesia

  • Dapat 2x BRI  Point untuk transaksi di MCC Travel & Airlines dan MCC Hotel
  • Gratis akses 850 Airport Lounge dari LoungeKey di seluruh dunia ketika penerbangan anda mengalami delay
  • Dan masih banyak lagi benefit lainnya

5. Citi PremierMiles Card

Citi PremierMiles Card

  • 5.000 bonus miles setelah melakukan pembelanjaan sebesar Rp15.000.000,- dalam 3 bulan sejak pengajuan kartu kredit disetujui
  • Gratis akses ke 800 Priority Pass Lounge 1 kali dengan 1 orang pendamping dalam 1 tahun di seluruh dunia
  • Gratis makanan/minuman di merchant bandara di kota-kota besar Indonesia
  • Premier Miles bisa ditukar ke lebih dari 60 mitra maskapai penerbangan dengan Hotel Points yang dapat digunakan di lebih dari 8.500 hotel di seluruh dunia
  • Gratis asuransi kecelakaan setiap pembelian tiket pesawat
  • Dan masih banyak lagi benefit lainnya

6. HSBC Visa Signature Card

HSBC Visa Signature Card

  • 4x point rewards dari transaksi reservasi hotel, penerbangan, bersantap, dan transaksi saat travelling (offline)
  • 2x point rewards untuk transaksi ritail di luar negeri
  • Gratis akses Airport Lounge di bandara Indonesia
  • Gratis service surcharge di Panorama Tour
  • Rp5.312 = 1 mileage tukar mileage dari GFF, KrisFlyer, Asia Miles
  • Dan masih banyak lagi benefit lainnya

7. UOB  YOLO Card

UOB YOLO Card

  • Dapat 1 Airline Miles setiap pembelanjaan senilai Rp3.500 untuk transaksi luar negeri dan Rp7.000 untuk transaksi luar negeri. Airline Miles dapat ditukarkan untuk terbang gratis ke berbagai destinasi dengan Singapore Airlines, Garuda Indonesia, Cathay Pacific dan AirAsia.
  • Bonus 4.500 airline miles untuk kartu baru yang digunakan minimal Rp 5 juta/bulan selama 3 bulan pertama
  • Asuransi kecelakaan perjalanan dengan perlindungan hingga Rp 7 Milyar untuk setiap pembelian tiket perjalanan
  • Cicilan belanja 0% di Singapura
  • Benefit kartu kredit UOB PRVI Miles lainnya

Banyak Untungnya, 'Travelling' Makin Asyik

Siapa yang enggak suka? Sudah senang bisa menjalankan hobi travelling, ditambah lagi bisa irit, bahkan diuntungkan, nyaman, dan aman. Itulah kalau travelling dibekali dengan kartu kredit travel. Memang, sepintas lalu yang namanya kartu kredit sudah pasti bersinggungan soal utang.

Eits, jangan salah sangka dulu! Justru dengan kartu kredit, Anda akan lebih diuntungkan karena dengan bujet yang sama, bisa menikmati berbagai kemudahan dan fasilitas menarik. Bahkan, bukan hal mustahil bujet yang akan Anda keluarkan jauh lebih kecil, salah satunya bisa mendapatkan penerbangan gratis. Jadi, banyak untungnya, travelling pun makin asyik, bukan?

Baca Juga: Wujudkan Mimpi Keliling Dunia, Ini Tips bisa ‘Travelling’ Tiap Tahun