Travelling Sendiri? Siapa Takut! Ini Caranya

Travelling memang salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Mengunjungi beberapa destinasi wisata yang baru dan tempat-tempat yang belum pernah Anda  kunjungi sebelumnya tentunya memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi jika Anda berlibur bersama sahabat-sahabat Anda yang tentunya akan menambah keseruan dan tentu saja dapat membagi perasaan menyenangkan tersebut ke orang lain.

Meskipun begitu terkadang solo travelling sendiri bukan merupakan ide yang buruk selama itu dilakukan dengan waktu dan juga tujuan yang sudah direncanakan sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu liburan Anda dengan maksimal. Lalu, perencanaan seperti apakah yang harus dibuat jika Anda ingin solo travelling Anda menjadi sebuah momen yang menyenangkan yang akan Anda ingat seumur hidup Anda?

Baca Juga : Baru Pertama Kali Mau Ke Luar Negeri? Perhatikan Ini Dulu

1. Merencanakan Hari yang Tepat

set a date.jpg

Merencanakan Hari yang Tepat via workitdaily.com

 

Setiap liburan biasanya berlangsung pada hari sabtu sampai hari minggu. Di waktu-waktu seperti inilah dimana pengunjung tempat wisata akan ramai yang akan membuat harga-harga melonjak. Termasuk juga harga tiket transportasi.

Untuk itulah sebaiknya jika Anda ingin solo travelling usahakan memilih hari dimana saat itu bukan hari libur pada umumnya sehingga biaya akomodasi tentunya akan lebih murah dari pada saat weekend.

Tidak hanya akomodasi, kondisi tempat liburan yang tidak terlalu ramai tentunya dapat membuat Anda bisa merasakan momen liburan Anda secara lebih maksimal tanpa harus berdesak-desakan orang lain.

2. Menggunakan Angkutan Umum

angkutan umum.jpg

Angkutan Umum via kinja-img.com

 

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi yang bisa dipakai untuk solo travelling tentunya sah-sah saja. Akan tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan transportasi umum agar Anda bisa menekan biaya perjalanan karena tentunya transportasi umum lebih murah.

Namun tentu saja, pilihlah angkutan umum yang memang kondisinya aman karena Anda tidak pernah tahu bagaimana situasi dalam kota atau tempat wisata yang Anda kunjungi. Bukan menakut-nakuti, tapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

3. Manfaatkan Relasi Anda

memanfaatkan relasi

Manfaatkan Relasi Anda via ox.ac.uk

 

Memiliki kenalan di tempat tujuan destinasi liburan Anda tentunya merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan untuk Anda karena Anda bisa memanfaatkan kenalan Anda untuk menekan biaya travelling Anda. Bayangkan saja, apabila biasanya Anda harus menginap di suatu hotel dengan biaya semalam mulai dari Rp100.000, apabila Anda menginap di rumah kenalan, Anda bisa hemat biaya liburan Anda karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menginap.

Selain itu biaya makan juga dapat ditekan karena biasanya Anda akan dianggap sebagai tamu dan tentunya pasti akan dijamu selama Anda tinggal di rumah tersebut. Hubungi mereka segera, dan beritahu mereka kapan Anda akan berkunjung. Bagaimana, alternatif pilihan yang menarik bukan?

Baca Juga : Liburan Itu Banyak Manfaatnya Lho! Ini Dia Daftarnya

4. Tidak Semua Jasa Penukaran Uang Memiliki Harga Yang Murah

money changing

Penukaran Uang via enciety.co

 

Terutama jika Anda pergi ke luar negeri, hal tersebut haruslah menjadi prioritas utama untuk Anda karena biasanya Jasa Penukaran Uang tersebut memiliki harga yang berbeda-beda untuk setiap jumlah penukaran mata uang tersebut. Anda bisa browsing di Search Engine beberapa tempat jasa penukaran uang yang tepercaya.

Secara umumnya, beberapa hotel juga menyediakan jasa penukaran uang namun Anda harus menanyakan terlebih dulu informasi lengkap mengenai jasa penukaran uang tersebut.

5. Memesan Hotel Melalui Situs Online

booking hotel

Memesan Hotel via apex.aero

 

Dengan semakin berkembangnya teknologi tentunya pemesanan hotel saat ini tidak perlu kesulitan karena Anda bisa memesan hotel hanya dengan sambungan internet di laptop atau smartphone Anda dan memesan kamar melalui aplikasi atau situs yang disediakan. Biasanya beberapa situs pemesanan hotel memiliki beberapa promo dan diskon untuk setiap pemesanan kamar hotel.

Manfaatkan diskon tersebut karena tentunya selain lebih murah jika Anda memesan melalui situs tersebut biasanya Anda akan diberi reward lagi berupa voucher potongan harga yang akan diberikan setelah Anda memberikan review dari hotel yang Anda pilih. Kisaran potongannya pun bermacam-macam, bahkan ada yang berani mengeluarkan voucher potongan harga sampai 70%. Sangat disayangkan apabila Anda tidak memanfaatkan hal ini bukan?

Murah dan Menyenangkan

Menghabiskan waktu liburan tentu saja tidak harus mahal dan ditempat destinasi wisata yang murah sekalipun Anda akan merasakan sensasi yang sama dengan liburan ditempat yang mahal. Jadi, tunggu apalagi?

Baca Juga : Liburan Sendiri vs Grup, Mana yang Lebih Baik?