Trik Agar Pembayaran Kartu Kredit Selalu Tepat Waktu

Ilustrasi Bayar Tagihan Kartu Kredit dengan Mobile Banking

Jika digunakan dengan bijak, kartu kredit bisa menjadi solusi keuangan terbaik yang dapat memudahkan Anda untuk bertransaksi, di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, kartu kredit juga bisa menjadi bumerang bagi hidupmu apabila fungsinya disalahgunakan. Ditambah lagi kebiasaan sering menunda-nunda pembayaran atau membayar tagihan minimum.

Bagi Anda yang mempunyai kartu kredit, cobalah jadi pengguna yang baik agar manfaat kartu kredit bisa dirasakan secara maksimal. Di samping itu, bayarkan tagihan secara tepat waktu untuk menghindari adanya hutang. Bagi yang masih suka terlambat bayar, lakukan 7 trik berikut agar pembayaran cicilan kartu kredit dibulan berikutnya tepat waktu:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sisihkan Cicilan setelah Gajian

Pertama-tama, coba sisihkan cicilan yang harus dibayarkan pada bulan ini tepat setelah Anda menerima gaji bulanan. Tujuannya agar gaji yang harusnya dipakai untuk membayar cicilan tidak disalahgunakan untuk membayar hal-hal yang tidak perlu, seperti belanja konsumtif. Tidak perlu banyak-banyak, sisihkan uang sesuai nilai yang dibutuhkan. Selebihnya, Anda bisa gunakan untuk membayar pengeluaran lain yang tidak kalah pentingnya dibandingkan cicilan kartu kredit.

Lakukan trik ini secara berkelanjutan setiap bulan, sehingga cicilan Anda segera lunas. Apabila cicilan sudah lunas, Anda akan merasa lega dalam hal finansial karena uang yang tadinya dipakai untuk membayar cicilan bisa dialihkan untuk pos tabungan atau dana darurat.

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Apply Kartu Kredit

 

2. Pastikan Jumlahnya Tepat

Sebelum membayar cicilan kepada bank, coba hitung ulang uang yang sudah Anda sisihkan untuk memastikan apakah jumlah uangnya sudah tepat atau belum. Coba bayangkan kalau uangnya kurang dan Anda tidak membawa uang tambahan kala itu, mau tidak mau Anda harus balik lagi ke rumah untuk mengambil kekurangannya. Cukup membuang waktu dan tenaga, bukan?

Oleh karena itu, lakukan penghitungan secara teliti apalagi kalau total cicilannya lumayan besar. Sebab, ada kemungkinan terjadinya salah hitung, baik karena uangnya terselip atau menyatu dengan lembaran uang lain. Kalau sudah pas, segera bayarkan cicilan agar tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

3. Pakai Sistem Autodebet

Padatnya rutinitas kerja di kantor sering kali menyebabkan pembayaran cicilan kartu kredit terlupakan. Akibatnya, pembayaran cicilan dibulan berikutnya menjadi lebih besar daripada dibulan sebelumnya karena adanya denda keterlambatan dan pembayaran cicilan yang berlipat ganda. Agar hal ini tidak terjadi, coba terapkan sistem autodebet yaitu sistem pembayaran cicilan otomatis yang akan dipotong langsung dari gaji per bulan.

Sistem pembayaran autodebet bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pembayaran cicilan Anda setiap bulan. Anda bisa mengatur tanggalnya sesuai dengan tanggal gajian atau sesudah gajian. Yang pasti, tanggal autodebet tidak melewati tanggal jatuh tempo pembayaran.

4. Gunakan Fitur Smart Kalender dan Pembayaran Mobile

Sekarang Anda tidak perlu lagi melingkari kalender yang ditempel di dinding rumah atau di ruangan kerja. Anda bisa menggunakan fitur smart kalender yang ada pada gadget untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran cicilan. Apabila tanggal pembayaran sudah dekat, maka fitur ini akan otomatis berbunyi sebagai pengingat sehingga Anda bisa bergegas membayar cicilan tepat pada waktunya.

Tak perlu mendatangi kantor bank penerbit untuk membayar cicilan, Anda bisa membayarnya di mana saja bahkan di tempat kerja sekalipun. Aktifkan sistem pembayaran berbasis mobile untuk memudahkan pembayaran. Sistem ini bisa jadi alternatif pembayaran lain kalau Anda enggan menggunakan sistem autodebet.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Fresh Graduate yang Baru Bekerja Perlu Punya Kartu Kredit 

5. Aktifkan Email Notifikasi

Untuk mencegah terlambat bayar, bank penerbit telah menyediakan sistem reminder pembayaran yaitu melalui pos dan email. Jika ingin praktis, sebaiknya pilih reminder lewat email. Setiap kali ada email masuk, maka notifikasinya bisa langsung muncul di layar smartphone. Apabila email itu berasal dari bank, itu artinya tanggal pembayaran sudah hampir jatuh tempo. Anda harus segera melakukan pembayaran untuk menghindari telat bayar. 

Kunjungi bank tempat Anda mengajukan pembuatan kartu kredit untuk mengaktifkan reminder lewat email ini. Berikan alamat email yang valid. Jika email yang Anda punya lebih dari satu, berikan alamat email yang paling sering digunakan untuk mencegah penimbunan email di nbox.

6. Tuliskan di Catatan Kecil

Jika dibandingkan dengan trik nomor 3, 4, dan 5, trik yang satu ini jauh dari kata modern. Akan tetapi, manfaatnya sama bagusnya dengan trik-trik di atas. Siapkan satu catatan yang dikhususkan untuk mencatat cicilan, baik sisa cicilan dibulan lalu maupun cicilan terbaru. Tambahkan catatan mengenai tanggal jatuh tempo pembayaran tepat di samping jumlah cicilan agar Anda selalu ingat kapan harus membayar cicilan tersebut.

Idealnya lagi, semua cicilan yang sudah dibayarkan sebaiknya dimasukkan ke dalam catatan kecil ini untuk menghasilkan pembukuan yang komprehensif. Jika suatu saat terjadi kekeliruan pencatatan dari pihak bank, Anda bisa menunjukkan catatan kecil ini sebagai bukti, ditambah nota pembayaran cicilan kartu kredit.

7. Ingat kalau Anda punya Utang

Berani berbuat, berani bertanggung jawab. Kalimat inilah yang harus selalu diingat saat Anda mempunyai hutang, sehingga Anda tidak pernah lari dari tanggung jawab untuk membayar hutang sampai semua hutang lunas dibayarkan. Mulailah dengan membayar hutang yang jumlahnya besar terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan hutang yang jumlahnya kecil. Perhatikan pula tingkat suku bunganya agar Anda tidak merasa terbebani saat melakukan pembayaran.

Kelola Kartu Kredit dan Pembayaran dengan Bijak

Sekarang, tidak ada lagi yang namanya khawatir terhadap cicilan kartu kredit. Percayalah kalau semua cicilan tersebut bisa dibayarkan sampai lunas. Terapkan trik-trik di atas agar cicilan bisa dibayarkan secara tepat waktu setiap bulan. Jangan lupa melakukan pengelolaan kartu kredit dan pembayaran sebijak mungkin untuk menghindari adanya hutang baru yang dapat memperburuk kondisi finansial Anda.

Baca Juga: Catat Nih Jadwal Pesta Belanja Online dan Offline 2019, Sayang Kalau Dilewatkan