Trik Jitu Menabung Untuk yang Bergaji Di Bawah Rp2 Jutaan

Memiliki gaji yang kecil terkadang membuat seseorang tidak dapat menyisihkan pemasukannya untuk ditabung. Sehingga pemasukan selalu habis tak bersisa di setiap bulannya. Tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Tabungan merupakan hal penting yang dapat menstabilkan kondisi finansial Anda, bahkan dapat membantu saat terjadi pengeluaran dadakan.

Bagi yang bergaji di bawah Rp2 juta sekalipun, Anda tetap bisa menyisihkan pendapatan untuk ditabung asalkan mengetahui trik-trik jitu. Berikut ini ada beberapa trik jitu menabung bagi yang memiliki pemasukan sekitar atau dibawah Rp2 juta.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Buat 2 Rekening Tabungan atau Lebih

Memiliki 2 Rekening Tabungan
Memiliki 2 Rekening Tabungan

Bagi yang kesulitan dalam mengelola keuangan dengan nominal gaji yang kecil, maka cara ini akan sangat efektif untuk dilakukan. buatlah 2 atau lebih rekening tabungan dari bank yang berbeda. Pilih rekening yang tidak memiliki potongan sebagai tempat menyimpan gaji serta jangan dibuatkan ATM, sehingga akan menahan Anda dari godaan untuk bisa mengambil uang setiap saat.

Sedangkan rekening lainnya digunakan sebagai uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. Anda tak bisa menggunakan dana di rekening tabungan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, hal ini akan efektif untuk membuat Anda dapat mengatur keuangan agar lebih hemat dan tetap dapat menabung.

2. Atur Anggaran dengan Ketat

Atur Keuangan secara Ketat
Atur Keuangan secara Ketat

Pengeluaran yang membengkak biasanya dikarenakan pengeluaran bulanan yang tidak terkontrol. Untuk itu, cobalah untuk mengatur anggaran pengeluaran dengan ketat. Lakukan hal ini sebelum tanggal gajian, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup melakukan perhitungan, pertimbangan, serta penyusunan anggaran yang terbaik bagi keuangan. Susun anggaran dengan ketat, sehingga kebutuhan prioritas dapat terpenuhi semuanya. Hindari untuk membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting yang dapat memboroskan pengeluaran.

3. Tetapkan Target Pribadi

Tetapkan Target Pribadi
Tetapkan Target Pribadi

Tak hanya mengatur anggaran, namun juga perlu menetapkan target pribadi. Tetapkan nominal uang yang akan disimpan dan digunakan sebagai kebutuhan sehari hari setiap bulannya. Besarnya nominal tersebut dapat ditentukan sendiri berdasarkan pemasukan yang diterima setiap bulannya. Namun yang lebih baik adalah jangan sampai menggunakan hingga 30-50 % pemasukan untuk kebutuhan setiap bulannya.

4. Tempatkan Dana Darurat dari Awal

Miliki Tabungan Khusus untuk Dana Darurat
Miliki Tabungan Khusus untuk Dana Darurat

Agar lebih memudahkan Anda sebaiknya langsung menempatkan dana darurat di awal sehingga nantinya tidak ada alasan lain untuk mengganggu dana tabungan yang dimiliki. Dengan menyisihkannya dari awal, juga akan memudahkan Anda untuk memiliki dana darurat karena gaji yang belum terpakai sama sekali. Dana darurat ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena akan berpengaruh besar ketika terjadi pengeluaran secara tiba-tiba.

5. Mencoba Menabung Setiap Hari

Menabung Setiap Hari
Menabung Setiap Hari

Selain tabungan bulanan, Anda bisa mencoba untuk menghemat pengeluaran sehari harinya. Meskipun harian, namun jika nominalnya cukup besar maka akan membuat jumlah tabungan semakin meningkat. Sehingga usahakan untuk menghemat pengeluaran sehari hari, mulai dari beralih menggunakan kendaraan umum yang murah, membawa bekal makan ke kantor, dan lainnya. Kegiatan menabung harian ini dapat membuat nilai tabungan menjadi lebih besar dari yang dipikirkan.

6. Investasi Kecil-Kecilan

Mulai Berinvestasi
Mulai Berinvestasi

Anda bisa mencoba untuk melakukan investasi kecil-kecilan sebagai tabungan kedepannya. Saat ini banyak sekali jenis investasi bermodal kecil yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu investasi emas, hal ini dikarenakan harga emas yang cukup stabil serta banyak cara investasi yang dapat dilakukan. Bahkan bisa membelinya dengan cara mengangsur sehingga cocok bagi yang memiliki gaji pas-pasan.

Baca Juga: 4 Tipe Kepribadian dalam Mengelola Keuangan

7. Pikirkan untuk Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Hindarkan Diri dari Kartu Kredit
Hindarkan Diri dari Kartu Kredit

Tak hanya mengurangi penggunaan kartu ATM, namun pikirkan kembali jika ingin menggunakan kartu kredit. Jika memang lebih banyak kerugian dibandingkan dengan keuntungannya, maka akan lebih baik untuk tidak menggunakan kartu kredit. Daripada harus bertumpuk utang di kemudian harinya, akan lebih baik untuk menolaknya.

 

Baca Juga: Berhemat Tanpa Korbankan Waktu Bersama? Inilah Tipsnya

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Bergaji kecil maupun besar, penting untuk menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari hari. Gaya hidup hemat tak hanya akan membuat Anda dapat menabung, namun juga membuat kondisi finansial menjadi stabil yang mana akan berpengaruh positif bagi keberlangsungan hidup hingga tua nanti.

Baca Juga: Cara Atur Uang bagi Anak Kos