Ubah Hidup Anda dengan Melakukan Perencanaan Keuangan

Semua orang punya tujuan finansial yang ingin dicapai seperti membayar hutang, menabung untuk beli rumah, memanfaatkan waktu untuk berlibur ke luar negeri atau hanya sekedar merasa tenang dengan kondisi finansial yang baik. Untuk tujuan-tujuan finansial apapun itu, Anda bekerja keras setiap harinya. Ngantor dari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore bahkan lembur sampai tengah malam pun rela Anda lakukan. Maka dari itu, perencanaan keuangan adalah langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan finansial yang Anda cita-citakan.

Resiko Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan

Resiko Tanpa Perencanaan Keuangan via blogcdn.com

Resiko Tanpa Perencanaan Keuangan via blogcdn.com

 

Bayangkan jika Anda tak membuat perencanaan keuangan, di tengah kepenatan kerja dan jadwal yang ketat, Anda bisa terjebak pada gaya pengeluaran yang sangat berlebihan. Anda bergantung pada kartu kredit untuk membiayai gaya hidup Anda bahkan hingga overlimit, lalu Anda harus membayar bunga kartu kredit itu tiap bulannya. Belum lagi di usia Anda yang tak muda lagi nanti, Anda belum memiliki aset apa-apa seperti rumah ataupun mobil, misalnya. Sedangkan, tiap tahun inflasi terus meningkat, harga barang kebutuhan pokok juga meningkat sedangkan pendapatan yang Anda dapatkan dari hasil kerja masih sama. Sudah saatnya Anda mengubah rencana finansial Anda agar lebih sehat dan terukur. Paling tidak, Anda bisa mendapat gambaran diri Anda dalam beberapa waktu ke depan, dan mampu mandiri secara finansial.

Di Amerika Serikat, negara maju dengan kekuatan ekonomi super serta taraf hidup masyarakatnya yang tinggi, rupanya hampir 22 persen masyarakatnya mengaku tak memiliki rencana keuangan. Mereka juga mengaku tak punya gambaran jelas tentang pengeluaran mereka pada berbagai sektor seperti rumah, makanan dan hiburan. Sisanya 78 persen mengaku mereka tahu uang mereka dihabiskan dan dibelanjakan untuk apa saja, namun tak memiliki rencana keuangan. Itu di Amerika, dengan ekonomi negara maju. Bayangkan di Indonesia yang masih dalam katagori negara berkembang dengan perubahan kebijakan ekonomi yang fluktuatif serta nilai tukar yang lemah.

Tanpa perencanaan keuangan, gambaran finansial yang Anda alami akan kabur. lebih buruknya, Anda bisa terjebak pada gaya hidup yang overspending atau membelanjakan uang melebihi apa yang Anda butuhkan dan melebihi penghasilan Anda sendiri. Peribahasa umum mengatakan 'Besar pasak daripada tiang'. Overspending itu bisa jadi semakin buruk dengan kebiasaan Anda menggunakan kartu kredit secara tidak bertanggung jawab. Anda akan selalu bingung ataupun cemas atas keuangan Anda karena terlalu banyak hutang. Maka, perencanaan keuangan sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kepastian atas masa depan Anda serta kehidupan yang Anda inginkan.

 

Apa Itu Rencana Keuangan?

Buat Rencana Keuanganmu via womensprospects.com

Buat Rencana Keuanganmu via womensprospects.com

 

Rencana keuangan pada dasarnya adalah pengalokasian dari penghasilan Anda dalam satu bulan untuk belanja kebutuhan, membayar tagihan, investasi dan simpanan. Rencana keuangan yang sehat tentunya pengalokasian yang tepat sasaran serta punya tujuan penghematan. Ini adalah elemen kunci untuk menentukan kekayaan masa depan Anda, dapat berubah sesuai kebutuhan dan tujuan. 

Mengapa Rencana Keuangan itu Penting?

Merencanakan Keuangan Itu Penting via fortunebuilders.com

Merencanakan Keuangan Itu Penting via fortunebuilders.com

 

Mungkin Anda akan bertanya mengapa Anda perlu memiliki perencanaan keuangan, atau mungkin ada yang berpendapat bahwa merencanakan keuangan hanya membuat Anda semakin sulit. Oleh karena itu, agar Anda bisa melakukannya dengan baik dan dengan senang hati, Anda harus mengetahui mengapa hal ini penting untuk dilakukan. Ada tiga hal dasar yang harus Anda pahami mengapa rencana keuangan itu penting.

1. Menggambarkan Kondisi Keuangan Anda

Memberi gambaran yang jelas tentang situasi finansial Anda sehingga gaya hidup yang Anda terapkan akan sesuai dengan kondisi uang Anda. Mengetahui berapa banyak uang yang sudah terpakai dan yang akan terpakai akan sangat membantu Anda dalam mengukur kemampuan Anda.

2. Alokasi Dana Lebih Jelas

Menunjukkan dengan jelas besarnya kemampuan Anda untuk belanja kebutuhan hidup seperti makan, sewa rumah dan membeli kendaraan. Dengan pembagian yang jelas, Anda bisa memantau apabila pengeluaran Anda terlalu besar untuk hal yang bukan kebutuhan melainkan keinginan saja. Jadi Anda bisa lebih berhemat.

3. Memberi Motivasi

Memiliki rencana keuangan akan membuat Anda termotivasi dalam mengumpulkan uang. Rencana keuangan membantu Anda dalam memperhitungkan berapa besar uang dan waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan finansial Anda.

Baca Juga: Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting? Inilah Alasannya

 

Mulai Dari Sekarang!

Jadi, mulailah perencanaan keuangan sejak dini, saat ini, dan secara konsisten setiap bulan. Anda akan merasakan perubahan besar dalam hidup Anda. Jika Anda baru mulai bekerja, maka mulailah mengelola penghasilan Anda dengan membuat perencanaan keuangan.  Jika Anda sudah bekerja dan memiliki penghasilan namun belum melakukan perencanaan keuangan, tak ada kata terlambat untuk melakukannya, bukan?

Baca Juga: Jangan Ditunda! Lakukan Kebiasaan Baik Ini Dalam Mengatur Keuangan