VPN Tarumanagara, Pengertian dan Cara Menggunakannya untuk Internet Banking KlikBCA Bisnis

Perkembangan teknologi begitu memberi manfaat bagi banyak orang, termasuk di industri perbankan. Semua bergerak menyesuaikan perubahan zaman, serba digitalisasi, online, dan terhubung akses internet. Transaksi perbankan makin canggih menggunakan mobile banking maupun internet banking.

Bagi Anda nasabah Bank BCA, pasti sudah tahu dengan layanan mobile banking, MobileBCA. Anda dapat menggunakan layanan tersebut, dengan lebih dulu mengunduh aplikasinya di Playstore atau Google Play.

Sementara layanan internet banking dari bank swasta tersebut, adalah KlikBCA. Jadi Anda bisa memakai layanan tersebut untuk mengakses rekening dan melakukan transaksi kapanpun dan di manapun lewat ponsel Anda. Tentunya harus terhubung dengan jaringan internet.

Penggunaan layanan internet banking KlikBCA untuk nasabah bisnis, seperti pengusaha harus berurusan dengan yang namanya VPN (Virtual Private Network) Tarumanagara. Bank BCA menjamin keamanan transaksi nasabah dengan adanya VPN tersebut.

Nah, sebenarnya apa sih VPN Tarumanagara, kelebihan, dan bagaimana cara penggunaannya? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pahami dulu KlikBCA Bisnis dan manfaatnya.

Baca Juga: Cara Buat Rekening di Bank BCA, Berapa Saldo Minimalnya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

KlikBCA Bisnis

KlikBCA Bisnis
KlikBCA Bisnis

Layanan KlikBCA Bisnis merupakan solusi kemudahan pengelolaan keuangan bisnis untuk nasabah. Anda tidak perlu repot pergi ke bank dan mengantre untuk mendapatkan informasi finansial sampai melakukan transaksi bisnis. Cukup duduk manis di depan komputer Anda, maka transaksi bisnis maupun perbankan dapat dengan mudah dilakukan.   

Keunggulan KlikBCA Bisnis, antara lain:

1. Transaksi Bisnis Jadi Lebih Cepat dan Praktis

Dengan layanan KlikBCA Bisnis, Anda bisa mendapatkan informasi rekening, transfer dana seperti kirim mata uang asing ke rekening bank lain, pembayaran tagihan, mengatur saldo Anda, multi transfer, dan lainnya. Semua itu dapat dikerjakan melalui komputer Anda, sehingga segala transaksi akan jauh lebih cepat dan praktis. Tak perlu khawatir kesulitan menggunakan KlikBCA, karena layanan ini dirancang khusus agar user friendly bagi nasabah.

2. Membayar Gaji Karyawan

Fitur KlikBCA boleh dibilang lengkap dan menjawab kebutuhan para pebisnis. Bagi pengusaha, melalui fitur transfer dana, Anda dapat membayar gaji karyawan (payroll) ke sesama rekening BCA. Enak kan? Anda tidak perlu repot memasukkan data setiap bulan. Agar proses transfer gaji lancar jaya, pastikan dana Anda siap pada H-1 pembayaran. Hindari pula kesalahan salah kredit dengan memastikan data yang dimasukkan telah sesuai dan benar.

3. Dijamin Keamanannya

Ini nih yang penting dalam penggunaan layanan digital, keamanan transaksi bisnis harus terjamin. Jika pada layanan KlikBCA Individu, Anda bisa login dengan mengakses www.klikbca.com, tapi untuk KlikBCA Bisnis, harus mendaftar dan menggunakan VPN terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa melakukan login ke www.klikbca.com. Dengan VPN, transaksi dijamin lebih aman.

Pengertian VPN

Pengertian VPN  atau Virtual Private Network merupakan koneksi atau jaringan private internet. Jadi semacam teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik. Namun tetap aman karena dapat menerima dan mengirim data secara terenskripsi sehingga nasabah tak perlu khawatir dengan kerahasiaan data akan bocor.

Keunggulan VPN Tarumanagara 

Internet banking KlikBCA Bisnis menggunakan VPN Tarumanagara. Apa saja kelebihannya dibanding VPN lain?

1. Tidak Perlu Mengunduh

Jika pada VPN lain, nasabah harus mengunduh dan menginstal software-nya pada komputer, berbeda dengan VPN Tarumanagara ini. Anda tingga input di https://vpn.tarumanagara.com/, tanpa perlu mengunduhnya.

2. Terbuka untuk Sistem Operasi Apapun

VPN Tarumanagara sifatnya terbuka atau dapat digunakan di sistem operasi apa saja, seperti Windows, Linux, bahkan untuk ponsel pintar Anda.

3. Koneksi Internet Tetap Berfungsi untuk Kebutuhan Lain

Menggunakan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis, tidak membuat Anda mati gaya. Sebab, Anda tetap bisa memakai koneksi internet untuk keperluan lain, seperti browsing, chatting pada saat Anda mengakses layanan KlikBCA Bisnis.

Baca Juga: Cara Kirim Uang Antar Negara Via Bank

Cara Menggunakan VPN Tarumanagara di KlikBCA Bisnis

Cara Menggunakan VPN Tarumanagara di KlikBCA Bisnis
Cara Menggunakan VPN Tarumanagara di KlikBCA Bisnis

Adapun cara menggunakan VPN Tarumanagara pada KlikBCA Bisnis, antara lain:

1. Ada Akun KlikBCA Bisnis

  • Pertama pastinya Anda harus mempunyai akun KlikBCA Bisnis. Jika belum punya, kunjungi kantor pusat atau cabang Bank BCA dan mengajukan pembuatan layanan KlikBCA.
  • Setelah itu, pihak bank akan memberikan Anda formulir. Kemudian isi formulir dan Anda akan diminta melampirkan dokumen, seperti fotokopi kartu identitas diri atau KTP, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Selanjutnya, Anda akan diberikan KeyBCA, User ID, Corporate ID, PIN KeyBCA, dan cara atau panduan penggunaan KlikBCA Bisnis.

2. Kunjungi Website Resmi VPN Tarumanagara

  • Tahap berikutnya, Anda dapat mendaftar VPN Tarumanagara. Caranya kunjungi website KlikBCA Bisnis, lalu klik login.
  • Kemudian situs akan meminta Anda untuk loginVPN dengan cara klik alamat situs https://vpn.tarumanagara.com/+CSCOE+/logon.html.

3. Daftar VPN Tarumanagara

Ada dua langkah yang bisa ditempuh untuk dapat mendaftar dan mengakses VPN Tarumanagara, yakni:

  • Masukkan username Anda. Username yang digunakan untuk masuk ke VPN Tarumanagara biasanya gabungan dari Corporate ID dan User ID yang sudah diberikan pihak Bank BCA pada saat pengajuan KlikBCA Bisnis sebelumnya.  

   Kemudian masukkan nama Corporate ID dan User ID tanpa membubuhkan spasi. Disusul password-nya (bisa didapatkan    dari KeyBCA Anda/token BCA), lalu tekan APPLI 1. Selanjutnya akan tampil 8 digit angka yang dapat Anda masukkan saat    melakukan login.

  • Berikutnya Anda harus login kembali. Dengan cara yang sama seperti langkah pertama, namun untuk tahap kedua ini Anda diminta untuk mencantumkan Corporate ID dan User ID pada kolom yang terpisah. Kemudian password bisa Anda dapatkan melalui cara yang sama seperti saat Anda login pertama.

Tips Gunakan VPN Tarumanagara

Demi kelancaran pendaftaran maupun penggunaan VPN Tarumanagara untuk KlikBCA Bisnis, perhatikan tips berikut ini:

1. Anda perlu memastikan jaringan internet stabil agar terhindar dari putus nyambung. Pasalnya jika koneksi internet terputus saat transaksi belum selesai diproses, akun KlikBCA Anda akan keluar secara otomatis lewat sistem VPN Tarumanagara. Dengan begitu Anda harus mulai lagi dari halaman login awal

2. Kalau sesi transaksi sudah habis (login ke awal), Anda harus menunggu sekitar 10 menit untuk bisa kembali login.

3. Jika Anda sudah selesai transaksi, pastikan Anda telah melakukan logout yang sesuai dengan prosedur. Bukan cuma menutup halaman internet lho, tapi dengan menekan tulisan logout pada bagian sisi kiri atas.

Bisnis Jadi Terasa Mudah

Dengan berbagai layanan digital dari perbankan saat ini, diharapkan semakin memudahkan para pengusaha untuk melakukan transaksi bisnis mereka. Pengusaha harus terus mengikuti perkembangan zaman termasuk untuk mengelola keuangan agar lebih efektif dan efisien. Selamat mencoba.  

Baca Juga: Biaya Transfer Antar Bank, Berapa yang Mesti Dibayar?