WhatsApp Business, Aplikasi yang Tepat untuk Para Pebisnis

Seiring perkembangan dunia bisnis yang semakin merajalela, kini WhatsApp merilis aplikasi WhatsApp for Business. Perusahan yang diambil alih oleh Facebook ini telah meresmikan WhatsApp Business pada 18 Januari 2018. Aplikasi ini diperuntukkan bagi para pebisnis agar lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna atau pelanggan bisnisnya.

Menurut laporan comScore mengenai penggunaan aplikasi WhatsApp di Indonesia berdasarkan data bulan Januari 2017 bahwa aplikasi WhatsApp menempati urutan pertama dalam aplikasi pesan instan dengan jumlah 35,8 juta orang. Artinya, aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer di Indonesia.

Hal ini dikarenakan WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang menggunakan layanan internet dan tanpa adanya batasan pesan. Selain itu, WhatsApp juga bisa melakukan panggilan cepat ke sesama pengguna. Karena itu, dapat diprediksikan dengan adanya dukungan aplikasi WhatsApp Business untuk para pebisnis, WhatsApp akan semakin populer, bukan?

Apa itu WhatsApp Business?

Whatsapp Business
Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi Anda yang memiliki usaha, misalnya usaha kecil yang bergerak dibidang UKM (Usaha Kecil dan Menengah) maupun perusahaan yang sudah besar. Pihak WhatsApp berpedoman pada pengguna WhatsApp yang tidak hanya menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan pribadi, tetapi untuk menyalurkan bisnis yang mereka miliki ke seluruh pengguna. Hal ini menjadikan pihak WhatsApp ingin meningkatkan pengalaman Anda dalam berbisnis.

Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga karena Indonesia termasuk enam negara pada tahap pertama yang dapat memperoleh Whahtsapp Business. Lima negara lainnya adalah Italia, Meksiko, Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara, dan Amerika Serikat.

Pihak WhatsApp akan merilis aplikasi bisnis tersebut di seluruh dunia dan bagi negara yang belum disebutkan harap bersabar karena masih dalam proses dan akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis

Perbedaan WhatsApp Messanger vs WhatsApp Business

Perbedaan WB vs WA
Perbedaan WhatsApp Business vs WhatsApp Messenger via darmawan.my.id

Sesuai dengan namanya, platform yang berdiri sendiri atau standalone membidik kalangan bisnis kecil ataupun besar agar mudah menjalin komunikasi dengan baik kepada para pelanggannya.

Mungkin, bagi yang belum mengetahui WhatsApp Business akan berpendapat bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp Messanger pun dapat menjalin komunikasi kepada para pelanggan. Perlu Anda ketahui, bahwa kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda.

1. Logo Aplikasi

Gambar logo di kedua aplikasi tersebut sangat berbeda. Pada WhatsApp Messanger, gambar logo berupa gagang telepon, sedangkan pada aplikasi WhatsApp Business gambar logo menggunakan salah satu huruf abjad kapital, yaitu "B". Namun, background logo pada kedua aplikasi tersebut tetap menggunakan warna hijau yang menjadi ciri khas WhatsApp.

2. Profil

Aplikasi WhatsApp Business terdapat fitur profil bisnis yang bertujuan agar pelanggan lama ataupun baru mengetahui informasi tentang bisnis Anda, di antaranya deskripsi bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, dan website. Sementara WhatsApp Messanger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna.

3. Nama Akun Pengguna

Pengguna WhatsApp Messanger dapat dengan mudah untuk mengubah nama akunnya tanpa adanya batasan waktu. Namun, Anda tidak bisa melakukan hal tersebut pada aplikasi WhatsApp Business karena nama akun tidak bisa diganti-ganti. Karena itu, Anda harus memastikan nama yang tepat sebelum mengisinya.

4. Menggunakan Nomor Telepon Rumah atau Kantor

Pada aplikasi bisnis ini, selain menggunakan nomor ponsel, Anda juga dapat menambahkan nomor telepon rumah atau kantor. Namun, pihak WhatsApp menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor telepon dan harus menentukan nomor ponsel yang permanen.

Bisakah menggunakan WhatsApp Messanger dan WhatsApp Business dalam satu ponsel? Anda tidak perlu khawatir karena kedua aplikasi tersebut dapat digunakan dalam satu ponsel. Hanya, harus menggunakan nomor ponsel yang berbeda pada kedua aplikasi tersebut.

5. Fitur Pesan Otomatis

WhatsApp Business memiliki tiga fitur pesan otomatis dan fitur ini tidak ada pada WhatsApp Messanger. Away messange, aktifkan fitur ini jika terdapat pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup maka dengan otomatis balasan pesan akan terkirim.

Greeting message, Anda bisa menggunakan pesan otomatis ini kepada pelanggan baru untuk menyambut sebagai sapaan awal. Selain itu, dengan fitur ini pemilik bisnis dapat menawarkan produk baru secara menyeluruh kepada para pelanggan.

Quick replies, Anda dapat membalas pesan masuk dengan pesan pertanyaan yang sama. Caranya mudah, yaitu buat beberapa pesan yang kemungkinan besar para pelanggan akan bertanya dengan pertanyaan yang sama tentang bisnis Anda. Jika ada pesan yang masuk, ketik simbol garis miring "/" maka akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya. Hemat waktu, bukan?

6. Statistik Pesan

Pengguna aplikasi WhatsApp Messanger dapat menyembunyikan informasi setelah pesan dibaca. Sementara WhatsApp Business, Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang telah terkirim dan pesan yang masuk. Adanya fitur ini, para pebisnis dapat mengetahui pesan apa yang efektif.

7. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Business, Anda dapat memilih kategori yang sudah terdaftar. Jika kategori bisnis tidak ada yang sesuai, pilih "others". Sementara pada WhatsApp Messanger, tidak terdapat fitur ini. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

8. Pemberian Tanda Centang pada Akun Bisnis

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Jika nomor telepon yang dicantumkan adalah benar milik perusahaan, akun WhatsApp Business akan terverifikasi. Pihak WhatsApp Business akan memberikan tanda centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi. Pemberian centang hijau ini tidak diberlakukan di aplikasi WhatsApp Messanger.

9. Pengelompokan Pesan "Label"

Adanya fitur pengelompokan pesan sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya. Pengelompokan pesan yang terdapat pada aplikasi ini, antara lain prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar, dan pesan selesai. Jadi, Anda dengan mudah mengelompokkan para pelanggan sesuai dengan isi pesannya. Fitur ini pun tidak ada pada WhatsApp Mesangger.

Baca Juga: Rahasia Sukses Merintis Bisnis bagi Para Pemula

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Penggunaan Whatsapp Business
Ilustrasi menggunakan WhatsApp Business 

Penggunaan aplikasi bisnis ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi pesan instan sebelumnya, mulai dari pengunduhan hinga pendaftaran akun. Hanya saja, akun pada WhatsApp Business memiliki fitur-fitur yang lebih menunjang usaha bisnis.

1. Unduh

Pengguna Android bisa mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Google Play secara gratis. Namun, amat disayangkan untuk para pengguna IOS tidak bisa mengunduh aplikasi bisnis ini karena hanya tersedia di platform android. Jangan bersedih, ada kemungkinan jika pihak WhatsApp akan menyediakan untuk pengguna IOS.

2. Sign-up

Sama halnya dengan WhatsApp Messanger, Anda akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon. Jangan lupa untuk memilih kode negara!

3. Penamaan Akun

Setelah proses sign-up berhasil, maka form selanjutnya adalah penamaan pada akun bisnis. Perhatikan dengan benar pada penamaan akun bisnis Anda karena tidak akan bisa diubah kembali.

4. Lengkapi Profil

jika sudah memasuki akun bisnisnya, Anda dapat melengkapi profil mulai dari alamat, kategori, deskripsi, jam kerja, email dan website.

5. Melengkapi Form pada Fitur Perpesanan

Isilah form pada fitur perpesanan otomatis sesuai dengan yang Anda inginkan. Tujuannya, agar komunikasi dapat berjalan dengan baik terhadap pelanggan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Alasan Menggunakan WhatsApp Business

Promosi
WhatsApp Business memudahkan dalam promosi produk

Bagi Anda yang baru terjun maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online, tentunya ingin memperoleh peluang bisnis yang maksimal. Untuk memperolehnya, sebagai pebisnis juga harus memberikan yang maksimal salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Business.

1. Menjalin Komunikasi Lebih Baik

Komunikasi merupakan kunci awal dari sebuah bisnis. Dengan adanya WhatsApp Business, para pemilik bisnis akan dengan mudah menjaga komunikasi kepada para pelanggan. Apalagi dengan adanya fitur perpesan seperti, pesan otomatis, statistik pesan dan pengelompokan pesan, maka pemilik bisnis akan lebih mudah mengontrol para pelanggannya.

2. Terpercaya

Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan sangatlah tidak mudah. Menggunakan WhatsApp Business sebagai wadah akun bisnis Anda akan menjadi kemudahan untuk mendapatkan kepercayaan para pelanggan lama maupun baru karena WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun bisnis melalui nomor telepon jika nomor yang didaftarkan benar milik perusahaan bisnis Anda.

Selain itu, aplikasi bisnis ini juga mengharuskan para pemilik bisnis untuk melengkapi profil. Sehingga, pelanggan akan mengetahui informasi tentang bisnis Anda.

3. Mempromosikan Produk Lebih Mudah

Manfaatkan fitur greeting message untuk memudahkan Anda dalam melakukan penawaran produk secara menyeluruh kepada para pelanggan.

Manfaatkan WhatsApp Business untuk Peluang Usaha Anda

Menggunakan akun bisnis WhatsApp Business merupakan hal yang sangat baik untuk mendapatkan peluang besar pada bisnis yang Anda jalankan. Dengan fitur-fitur yang dimiliki aplikasi bisnis tersebut pemilik usaha dapat dengan mudah mengontrol bisnisnya, mulai dari menjaga komunikasi lebih baik, mengatur waktu bisnisnya, serta memudahkan pebisnis dalam mempromosikan produknya.

Baca Juga: 26 Bisnis Online Menjanjikan