Wow! ini 8 Bentuk Rumah Paling Unik di Dunia

Rumah adalah istana termegah. Tak heran jika kebanyakan orang rela menguras isi dompet untuk membangun rumah sesuai konsep yang diinginkan. Namun, apa jadinya jika rumah yang dianggap sebagai istana termegah mendapat sentuhan yang sedikit mainstream alias punya keunikan tersendiri bila dibandingkan dari rumah-rumah lainnya?

Yuk, simak ulasan berikut ini terdapat delapan bentuk rumah paling unik di dunia dari berbagai negara, di antaranya:

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Rumah Sepatu – Pennsylvania, Amerika Serikat

rumah sepatu
Rumah sepatu - Pennsylvania, Amerika Serikat

Dalam Bahasa Inggris, rumah sepatu disebut sebagai The Thaines Shoe House. Rumah sepatu sontak menjadi bahan perbincangan banyak orang karena bentuknya sangat aneh. Jika Anda jalan-jalan ke daerah Pennsylvania, luangkan waktumu untuk melihat rumah yang satu ini secara langsung.

Pembangunan rumah sepatu berawal dari tayangan iklan sepatu oleh Mahlon Shoes pada tahun 1948. Rumah sepatu pernah ditempati oleh pemilik bahkan disewakan kepada penduduk, namun saat ini tengah dijadikan sebagai tempat wisata untuk khalayak umum.

2. Rumah Setengah – Toronto, Kanada

rumah setengah
Rumah setengah - Toronto, Canada via finance.detik.com

Dari namanya saja, Anda bisa menebak bentuk rumah yang satu ini. Rumah setengah ini terdiri dari tiga lantai dengan ketinggian yang menjulang. Bentuknya yang unik disebabkan karena pemilik rumah tidak mau menjual rumahnya. Padahal sebagian lahan untuk membangun rumah sudah dibeli oleh developer. Sampai saat ini, belum ada orang yang memberikan penawaran untuk rumah unik ini sehingga rumah dibiarkan kosong begitu saja. Jika tertarik, Anda bisa mencoba membelinya.

3. Rumah Pohon - Tennessee

rumah pohon
Rumah pohon - Tennessee via travel.detik.com

Kebanyakan rumah pohon dirancang dengan desain yang sama, tetapi tidak dengan rumah pohon yang satu ini. Seorang menteri bernama Horace Burgess berhasil menggunakan konsep rumah yang begitu unik. Rumah pohon dilengkapi dengan enam fondasi, terdiri dari kamar, bangunan gereja, dan ring basket.

Keunikan rumah pohon ini tidak berhenti sampai disitu saja. Si pemilik, Horace Burgess, ternyata membangun rumah ini sendirian selama 14 tahun lamanya. Bisa dibayangkan pengorbanan yang dilakukan beliau agar rumah ini selesai dengan sempurna.

4. Rumah Tembus Pandang - Jepang

rumah tembus pandang
Rumah tembus pandang - Jepang via saktidesain.com

Rumah pada umumnya dilengkapi dengan tembok pembatas untuk memisahkan setiap sekat ruangan. Namun, tidak dengan rumah yang satu ini. Rumah dibangun nyaris tanpa tembok sehingga seluruh aktivitas yang dilakukan pemilik bisa diamati dari luar. Penduduk setempat sangat menyayangkan pembangunan rumah tembus pandang. Padahal konsep dan tata letak rumah secara keseluruhan sangat bagus.

Baca Juga: 8 Tips Hemat Membangun Rumah Sendiri

5. Biara Meteora - Yunani

biara Meteora
Biara meteora - Yunani

Tepat di daerah tebing yang curam, terdapat sebuah kuil yang dinamakan Biara Meteora. Daerah ini dulunya memiliki 24 biara. Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak bangunan biara yang sudah runtuh karena proses alam. Pembangunan biara ditujukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para biarawan dan biarawati yang tinggal di sana. Jangankan tinggal, membayangkan terjalnya daerah pendakian ke biara saja sudah membuat bulu kuduk naik. Hanya orang tertentu dan bernyali besar saja yang mau naik ke atas biara.

6. Rumah UFO – Strasbourg, Prancis

rumah ufo
Rumah UFO - Strasbourg, Prancis via idntaime.com

Ketika menonton film sci-fi, Anda akan menemukan rumah UFO yang biasanya terletak di luar angkasa. Dinamakan rumah UFO karena ukuran bangunan sangat besar sehingga daya tampung di dalamnya sangat banyak. Namun ini berbeda, pembangunan rumah UFO bukan untuk menciptakan sensasi, melainkan untuk memaksimalkan energi matahari yang dipancarkan ke bumi. Rumah UFO diharapkan mampu memberikan kehangatan di lingkungan sekitar, terutama saat musim dingin tiba.

7. Rumah Jamur – Ohio, Amerika Serikat

rumah jamur
Rumah jamur - Ohio, Amerika Serikat via idntimes.com

Tepatnya di Cincinnati, Anda akan mendapati rumah jamur yang didominasi oleh cat berwarna hitam. Pembangunan dilaksanakan karena si pemilik, Terry Brown, bosan dengan bentuk rumah yang itu-itu saja. Hingga akhirnya dia berinisiatif untuk membangun sebuah rumah yang mirip seperti rumah dalam kisah fantasi Alice in Wonderland. Terry Brown menghabiskan waktu selama 14 tahun untuk membangun rumah idamannya. Namun sayang, Terry Brown meninggal dunia dua tahun setelah rumah jamur selesai dibangun.

Baca Juga: Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis

8. Rumah Panggung – Danau Bokodi, Hungaria

rumah panggung
Rumah panggung - Danau Bokodi, Hungaria via idntimes.com

Bentuk rumah panggung mirip seperti bungalow yang ada di Maldives. Bedanya, rumah panggung tidak dilengkapi dengan pepohonan dan atap berbahan tepas. Meskipun begitu, orang-orang tetap kagum terhadap rumah panggung.

Satu hal yang menarik dari rumah panggung adalah air danaunya yang tidak pernah membeku selama musim dingin. Alasannya karena Danau Bokodi digunakan sebagai alat penghantar listrik untuk rumah di sekitar sehingga air di dalam danau tetap hangat.

Ada Sejarah Dibalik Pembangunan Rumah Unik

Setiap keunikan yang diperlihatkan pada suatu benda seperti halnya pada rumah, pastinya memiliki alasan berupa sejarah dibalik pembangunannya baik itu sejarah yang dialami secara pribadi ataupun keluarga. Keunikan ini tentunya mengundang banyak perhatian bukan hanya orang sekitar saja, tapi juga mancanegara. Tak dapat dipungkiri, cepat atau lambatnya waktu tempat unik tersebut bisa menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Dunia