Wujudkan Niat Punya Rumah Setelah Lebaran, Ini Caranya?

rumah impian
Tinggal di rumah impianmu setelah lebaran, kenapa tidak?

Siapa yang tak ingin memiliki rumah tinggal sendiri? Pastinya semua orang ingin menempati hunian pribadinya sendiri, baik berupa rumah tapak atau apartemen. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa segera punya rumah atau apartemen pribadi?   

Harga rumah jelas tidak murah, apalagi jika lokasinya strategis dan di pusat kota. Belum lagi harga rumah berpotensi mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Ditambah, hasil survei yang sempat ramai beredar di media yang menyatakan generasi millennial diproyeksikan tidak akan mampu membeli rumah lima tahun mendatang, akibat kenaikan harga rumah yang lebih tinggi dibandingkan kenaikan gaji rata-rata masyarakat di Indonesia

Semua kabar tersebut tentu semakin khawatir, padahal Anda memiliki niatan punya hunian sendiri terlepas dari status telah berkeluarga atau masih lajang. Solusinya, Anda harus percaya dan yakin bahwa Anda pasti bisa memiliki rumah pribadi Anda.

Asalkan Anda memiliki niatan baik, maka akan selalu ada jalan mewujudkannya. Tentunya, bukan sekadar niat pasif saja, tetapi juga dibarengi dengan aksi nyata dan realistis untuk mewujudkan impian memiliki rumah. Lantas bagaimana cara punya rumah setelah lebaran?

Pilih KPR yang Tepat 

Salah satu cara yang paling realistis yang bisa Anda pertimbangkan yakni membeli rumah melalui kredit pemilikan rumah (KPR). Pilihlah KPR yang tepat dan menawarkan banyak kemudahan bagi Anda dari berbagai aspek, mulai dari suku bunga, tenor, hingga fitur pembayaran cicilan.

Salah satu KPR yang memiliki beragam fitur keunggulan yang cocok untuk generasi millennial adalah KPR BNI Griya. KPR BNI Griya menawarkan suku bunga ringan dengan cicilan pasti selama 4 tahun pertama, dimana suku bunga per tahun-nya hanya 6,75% untuk 2 tahun pertama dan 7,75% untuk 2 tahun berikutnya. Penawaran suku bunga ringan ini berlaku hingga 30 Juni 2018.

Sedangkan untuk jangka waktu KPR, baik hunian baru ataupun seken, BNI Griya menawarkan kemudahan jangka waktu pinjaman hingga 25 tahun, sehingga cicilan akan menjadi lebih ringan.Lalu, yang tak kalah penting yakni fitur atur sendiri jumlah angsuran yang diinginkan melalui fitur Angsuran Suka-Suka. Fitur ini dirancang khusus bagi generasi millennial yang secara kemampuan sudah bisa mencicil rumah tanpa harus khawatir mereka dipaksa untuk mengubah gaya hidupnya secara drastis.

Selain untuk pembelian rumah atau properti baru maupun second, BNI Griya dapat pula diajukan untuk tujuan pembangunan, renovasi, refinancing, top up, take over, dan multiguna.

Alokasikan THR untuk Uang Muka KPR

Aksi nyata selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengalokasikan THR maupun bonus untuk uang muka KPR. Idealnya, Anda bisa mengalokasikan seluruh THR untuk uang muka KPR. Hanya saja, pastinya akan ada saja kebutuhan lain dengan uang THR Anda. Ya, boleh saja! Tapi, pastikan 80% uang THR Anda masuk ke dalam pos tabungan uang muka KPR jika Anda betul-betul niat ingin segera punya rumah. 

Aturannya, besaran uang muka KPR yang perlu disiapkan minimal 15% dari harga rumah sesuai nilai taksasi bank. Artinya, bila rumah pilihan Anda harganya Rp 300 juta, maka uang muka yang harus Anda siapkan ialah sebesar 30% dari harga rumah, yakni Rp 45 juta saja.

Uang muka KPR juga perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Sebaiknya Anda mulai memiliki tabungan khusus yang memang ditujukan untuk hal ini, khususnya bagi Anda yang belum memiliki tabungan sama sekali. Langkah awal mengalokasikan THR Anda untuk tabungan DP KPR bisa menjadi aksi nyata yang tepat.

Yakinlah Bisa Punya Rumah

Meyakini hal baik dan melakukan yang terbaik untuk mencapai impian memiliki hunian pribadi itu menjadi hal mendasar. Sebab, ketika Anda sudah yakin, bersemangat, dan tidak mudah putus asa dalam mencari rezeki untuk mewujudkan impian Anda,maka tak ada hal yang sia-sia. Dan yang terpenting lagi, Anda harus memilih KPR yang tepat sehingga bisa membuat Anda lebih untung dan nyaman.