Yakin Mau Beli Barang Mahal? Coba Lihat biar Tak Sesal

Membeli barang mahal bagi sebagian besar orang adalah gengsi tersendiri. Apakah termasuk Anda? Ini berlaku bagi yang merasa memiliki kuasa atas uang.

Pemasukan yang lebih banyak akan berdampak pada pengeluaran yang tak kalah banyak. Salah satu penyebabnya adalah hasrat untuk memiliki barang mahal.

Biasanya ini melekat pada barang-barang bermerek. Sah-sah saja jika Anda ingin mengoleksi barang mahal tertentu. Tapi jangan terjebak dengan sikap impulsif.

Sebaiknya lihat dan tanyakan hal-hal ini dahulu sebelum berniat membelinya biar tak menyesal.

1. Takar Kemampuan Diri

Perilaku impulsif akan membuat otak berpikir keras untuk menghalalkan segala cara meraih sesuatu yang diinginkan. Sebelum berlarut-larut, tanyakan pada diri sendiri, seberapa mampu Anda memiliki barang tersebut?

Apakah sudah sesuai antara pemasukan dan pengeluaran? Atau justru terjadi pembengkakan dan memaksa diri untuk berutang? Jangan sampai hal ini terjadi.

Takar kemampuan diri dengan seimbang. Lebih baik menunda untuk mendapatkannya daripada memaksakan diri. Selain akan dihinggapi penyesalan berujung stres, sebaiknya tahan nafsu belanja beberapa saat.

Keputusan yang tak matang dan hanya menuruti keinginan pastinya membawa kerugian jangka panjang. Salah satunya adalah utang.