Yeay, FIFA Pilih Indonesia Jadi Tuan Rumah di Sepak Bola Dunia U-20 pada 2021

Khusus pecinta bola, siapa yang tidak senang mendengar kabar kalau Indonesia menjadi tuan rumah kejuaran bola? Pastinya senang dong!

Ya, Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah di kejuaraan U-20 tahun 2021. Pemilihan ini ditunjuk langsung oleh Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Gianni Infantino setelah Council Meeting selesai pada 24 Oktober 2019 di Shanghai, China.

Perihal ini juga dinyatakan langsung oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) lewat akun resmi Twitter, “ALHAMDULILLAAAAAAAHHHHH. ASTUNGKARA. PUJI TUHAN. Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021! #FIFA #U20WC #Indonesia2021 #IndonesiaSiap #KamiSiap,” cuit @PSSI.

Kejuaran sepak bola dunia junior yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini sudah berlangsung sejak tahun 1977. Negara yang sudah menjadi tuan rumah, di antaranya Tunisia, Jepang, Australia, Meksiko, Uni Soviet, Chili, Arab Saudi, Portugal, Qatar, Malaysia, Nigeria, Argentina, Uni Emirat Arab, Belanda, Kanada, Mesir, Kolombia, Turki, Selandia Baru, Korea Selatan, Polandia dan selanjutnya Indonesia yang akan berlangsung pada 20 Mei – 16 Juni 2021.

Bagi yang penasaran bagaimana bisa FIFA menjatuhkan pilihan ke Indonesia, simak fakta menariknya berikut ini yang telah Cermati rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Bersaing dengan Negara Lain

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Untuk menjadi tuan rumah dalam kejuaran sepak bola tentulah tidak mudah sebab setiap negara akan bersaing ketat dan saling menunjukkan siapa yang paling terbaik. Sebelum terpilih, Indonesia harus berhadapan dengan beberapa negara kuat lainnya seperti Myanmar, Peru, Thailand, Brazil, Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Namun, dari negara yang menjadi kandidat tersebut ada dua negara yang lebih memilih mundur dan mendukung penuh Indonesia menjadi tuan rumah, seperti Myanmar dan Thailand. Kemudian tak berselang lama, Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab juga ikut mundur.

Pada akhirnya, Indonesia berhadapan dengan Peru dan Brazil. Dilansir dari bola.tempo.com, Refrizal, Anggota Komite Eksekutif PSSI sempat kekhawatir Indonesia gagal karena faktor keamanan seperti sering terjadi ricuh antar supporter bola, tapi itu tak terbukti. FIFA tetap memilih Indonesia yang dinilai sangat serius menjadi tuan rumah dan infrastruktur yang juga menjadi pertimbangan.

Finansial yang Sesuai

Sebelumnya, dalam proses menjadi kandidat tuan rumah dalam pertandingan bola U-20 ini, Indonesia menyerahkan proposal yang tentu didalamnya terdapat rincian finansial yang menjadi pertimbangan FIFA.

Dikutip dari suara.com dengan terpilihnya Indonesia, artinya finansial Indonesia sesuai karena mendapat dukungan penuh dari daerah-daerah yang nantinya akan terpilih menjadi lokasi pelaksanaan pertandingan.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri, Si Jago Gocek dari Kampung yang Direkrut Klub Polandia

Dapat Dukungan Penuh dari AFF

Siapa bilang Indonesia berjuang sendirian dalam pembenahan sarana dan prasana stadion agar terpilih menjadi tuan rumah? Justru kali ini Indonesia mendapat banyak dukungan dari negara tetangga khususnya ASEAN.

Dikutip dari laman resmi kompas kanal bola, Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), Mayor Jendral Khiev Sameth, menyatakan ada 12 negara yang tergabung dalam anggota sudah siap membantu Indonesia dalam memenuhi kebutuhan kejuaran U-20 2021 agar berlangsung sukses seperti yang diharapakan.

Baca Juga: 6 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia, yang Manakah Idolamu?

10 Stadion yang Disiapkan

gbk
Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, tentunya negara yang memiliki 1679 klub sepak bola nasional ini akan memberikan yang terbaik mulai dari sarana dan prasarana, salah satunya stadion. Saat ini, PSSI telah memilih 10 stadion terbaik yang nantinya akan dipilih lagi menjadi 6 stadion yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh FIFA. Mengutip dari bola.tempo.co, berikut daftar stadion yang menjadi kandidat:

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno
  2. Stadion Pekansari Kabupaten Bogor
  3. Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi
  4. Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi
  5. Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung
  6. Stadion Mandala Krida Yogyakarta
  7. Stadion Manahan Solo
  8. Stadion Gelora Bung Tomo, Yogyakarta
  9. Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar
  10. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang

Tingginya ‘Passion’ Indonesia Terhadap Sepak Bola

penonton bola
Penonton sepak bola Indonesia

Tak ada yang bisa memungkiri, kalau Indonesia memang memiliki passion yang kuat terhadap olahraga sepak bola. Lihat saja setiap kali pertandingan bola yang berlangsung, baik muda hingga tua atau pria – wanita pastinya ingin ikut serta mendukung para jagoannya agar memenangkan pertandingan dengan menonton langsung ke studion. Antusian tinggi yang seperti ini jugalah menjadi pertimbangan kuat dari tim FIFA.

Jokowi Menjamin Sepak Bola U-20 dI 2021 Berjalan Sukses

Setiap acara besar pastinya semua berharap acaranya akan berlangsung lancar dan sukses. Perihal ini juga diungkapkan oleh Jokowi yang diposting dalam akun instagramnya, “Indonesia akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 berlangsung sukses dan lancar. Apalagi, kita telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018,". Semoga harapan ini bisa terwujud. Semangat Indonesia dan khususnya Timnas Indonesia U-20 agar bisa memenangkan pertandingan.

Baca Juga: Super Tajir, Siapa Saja Orang Terkaya RI yang Beli Klub Sepak Bola?