Yuk, Belajar Cintai Diri Sendiri dengan Nonton 4 Film ini!

Mencintai diri sendiri adalah salah satu cara mendapatkan kebahagian hidup yang mutlak dengan bisa menerima kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri. Hal ini memang terdengar begitu mudah dipraktikan disetiap kehidupan seseorang. Namun, pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan.

Saat ini tak sedikit orang yang terus membandingkan dirinya dengan orang lain, hingga akhirnya mengambil kesimpulan bahwa dirinya terlihat sangat buruk seperti ‘aku gendut’, ‘aku jelek’, ‘aku hitam’, ‘aku tidak sukses’, ‘aku tidak seperti dia’ dan masih banyak lagi.

Saking inginnya mendapatkan pengakuan dari orang sekitar kalau dirinya telihat sangat sempurna. Maka, tak heran bila sebagian dari mereka rela menjadi orang lain atau melakukan usaha apapun untuk mendapatkan yang diinginkan.

Misalnya saja, mulai dari perawatan ke salon hingga melakukan operasi plastik, sukses dengan cara yang instan alias curang dan sebagainya. Padahal hal tersebut belum tentu akan membuat dirinya lebih bahagia, justru bisa saja akan memperburuk kehidupan.

Sebelum terlambat, berikut ini terdapat 4 film yang perlu kamu tonton dan mungkin saja bisa menjadi inspirasi dalam belajar mencintai diri sendiri agar bisa mendapatkan kebahagiaan hidup yang sesungguhnya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. I FEEL PRETTY (2018), Percaya Diri

i feel pretty
I Feel Pretty via youtube.com

Film yang bergenre komedi ini bukan hanya memberikan hiburan saja, tapi film I FEEL PRETTY memberikan kisah yang bisa menginspirasi banyak orang.

Film yang digarap oleh sutrada Marc Silverstein dan Abby Kohn yang sekaligus menjadi penulis naskah skenario mengisahkan seorang wanita luar biasa yang bernama Renee Barret terus berjuang atas kekurangan dan ketidaknyaman dalam menjalani hidupnya.

Ya ini terlihat dari sosok wanita gemuk yang diperankan Amy Schumer. Walau tidak memiliki tubuh langsing seperti wanita pada umumnya, tapi Ranee bangkit, menumbuhkan percaya diri dan berusaha meyakinkan dirinya bahwa ia adalah wanita yang tak hanya cantik di dunia, tapi juga wanita yang kuat. Dengan begitu, Ranee merasa dirinya sangat nyaman menjalankan kehidupannya dengan sempurna tanpa adanya rasa takut dari berbagai hal.

Dengan menonton film ini, hidup kamu akan termotivasi untuk terus percaya diri menata hidup kedepannya untuk masa depan yang cerah. Janganlah merasa terganggung dengan kekurangan yang kita miliki. Sadarlah, masih ada kelebihan yang bisa ditonjolkan sehingga kekurangan yang ada pada diri bisa tertutupi.

Baca Juga: Tips Tingkatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang

2. Bad Moms (2016), Ketahui Batas Kemampuan Diri

bad moms
Bad Moms via netflix-nederland.nl 

Film dari hasil karya penulis Jon Lucas dan Scott Moore ini mengisahkan mengenai lika-liku keluarga, suka-duka menjadi seorang ibu rumah tangga. Kisah sosok ibu yang bernama Amy Mitchell yang diperankan oleh Mila Kunis ini memiliki kehidupan yang terbilang sempurna.

Bagaimana tidak? Diusianya yang masih muda, Amy sudah menikah dengan acara yang sempurna, memiliki rumah indah, karier yang bagus, dan anak-anak yang berprestasi. Namun, dibalik itu semua Amy harus bersusah payah dan bekerja keras untuk menyeimbangkan semuanya. Belum lagi harus olahraga demi mempertahankan bentuk tubuhnya yang indah. Sementara itu, sang suami tidak memperdulikan usahanya, melainkan selingkuh dengan perempuan lain.

Akhirnya, Amy merasa kesabarannya habis dan lelah menjadi ibu yang sempurna. Tanpa berpikir panjang, Amy langsung keluar dari rutinitas biasanya dan mencoba menjadi bad moms, yaitu pergi kemanapun dan melakukan apapun yang diinginkan bersama teman-temannya yang memiliki nasib yang serupa.

Menjadi sosok yang sempurna tentulah tidak ada satu orang pun yang bisa mencapainya. Sekalinya sudah bekerja keras pasti ada masalah atau kekurangan yang akan dihadapi. Sama halnya dengan bila seseorang memiliki keinginan untuk mengikuti standar kesempurnaan orang lain, justru akan menyulitkan diri sendiri yang tentu tidak bisa menikmati hidup.

Alangkah baiknya, ketahui terlebih dahulu seberapa besar kemampuan diri dalam menjalankan beberapa kegiatan dan lakukanlah kegiatan tersebut dengan porsi yang seimbang. Hal tersebut tentu akan memotivasi diri untuk lebih bisa menyesuaikan dengan diri sendiri sebelum menjalankan atau menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

3. Brave (2012), Jadilah Diri Sendiri

brave
Brave via youtube.com

Film yang disutradai oleh Mark Andrewa dan Brenda Chapman ini mengisahkan tentang seorang putri kerajaan yang beranama Merida memiliki jiwa yang sangat pemberani, energik dan sangat hobi memanah. Namun, berhubung dia adalah seorang putri kerajaan, dirinya dipaksa harus nurut segala peraturan istana, termasuk menjadi tampil feminim, sebab saat itu ia akan dijodohkan dengan pangeran-pangeran tetangga pilihan sang ibu.

Namun, karena dirinya tidak merasa nyaman dengan keputusannya itu, akhirnya Merida mencoba untuk merubah ibunya agar bisa membatalkan niatnya tersebut.

Brave memotivasi kita untuk kuat pada pendirian, terutama ketika ingin mendapatkan kehidupan yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Bila ada yang memaksa untuk merubahnya, tak ada salahnya lakukan penolakan dan buktikan kalau dengan keputusan menjadi diri sendiri bisa membuat hidup lebih nyaman dan bahagia tanpa adanya beban. Selama yang dilakukan masih positif, lakukanlah.

4. The Truman Show (1998), Berani Merubah Diri

the truman
The Truman Show via youtube.com

The Truman Show merupakan film yang mengisahkan seorang cowok bernama Truman yang terlihat bahagia dengan kondisi kehidupannya yang terlihat sederhana. Bagi Truman memiliki istri, teman dan pekerjaan sudah cukup membuat hidupnya bahagia. Memang terlihat sejahtera, tapi nyatanya kehidupannya itu tidak semulus yang dilihat.

Saat Truman kecil, ia sudah dijadikan sebagai objek reality show dengan judul The Truman Show. Pada ceritanya, ia hidup di dunia fiktif yaitu di dalam studio Hollywood yang dihiasi dengan kubah langit, pengatur cuaca dan latar belakang yang seperti layaknya dunia luar dan dikelilingi beberapa pemain lainnya.

Dalam kisahnya, Truman adalah sosok yang tidak pernah keluar dari dunianya itu dan memiliki fobia terhadap perairan luas karena ayahnya meninggal tenggelam. Padahal, pada kenyataannya Truman sangat menginginkan melihat dunia luar.

Penuh dengan pertimbangan antara memilih aman dengan bertahan di dunia fiktif atau menghadapi dunia luar yang kondisinya belum di ketahui. Akhirnya, Truman memilih nekat keluar dari zona nyamannya demi lepas dari kepalsuan yang selama ini menyelimuti hidupnya.

Ini menjadi bukti, dengan memotivasi diri sendiri dan menuruti kata hati untuk keluar dari zona yang justru selama ini membuat hidupnya tidak nyaman adalah pilihan terbaik. Walau sebelumnya sudah sempat terjerumus dengan kehidupan yang salah, segerlah untuk sadar dan cepat merubahnya kembali ke hidup yang sesuai dengan keinginan hati.

Belajar Mencintai Diri Sendiri Sejak Dini

Tidak perlu bingung harus memulai mencintai diri sendiri dari mana, mulailah dengan melakukan hal yang ingin kamu lakukan. Misalnya, belajar tidak membandingkan hidup kita dengan orang lain. Jika selama ini kamu sibuk menjadi orang lain demi mendapatkan kebahagiaan hidup yang sempurna, saat ini adalah waktu yang tepat untuk keluar dari zona itu dan fokus memikirkan apa yang sebenarnya kamu inginkan untuk kebahagiaan hidupmu. Jadikan ini sebagai motivasi hidup yang ada pada dalam diri kamu dan jangan lupa banyak bersyukur.

Baca Juga: Cara Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri