Yuk Belajar Konsep Ekonomi Sederhana Agar Hidup Lebih Mudah

Belajar ekonomi adalah salah satu pelajaran yang wajib untuk diketahui, walaupun sebagian orang mungkin kurang berminat untuk mempelajarinya. Apakah belajar ekonomi penting? Ekonomi adalah salah satu sektor yang penting yang menjadi dasar kehidupan manusia. Segala sesuatu yang membuat manusia berinteraksi dan melakukan transaksi dibahas dalam ilmu ekonomi.

Di zaman serba canggih ini, kita malah lebih mudah belajar ekonomi, seperti cara kamu membaca artikel ini, juga sudah termasuk belajar ilmu ekonomi. Kamu memerlukannya, karena terkadang dalam ekonomi ada banyak masalah yang harus bisa diatasi dengan baik dan benar. Untuk mengatasi masalah tersebut, ekonomi memiliki beberapa teori yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja teori dan konsep ekonomi tersebut? Berikut ulasannya:

1. Opportunity Cost

Konsep yang pertama dan bisa dibilang konsep yang paling populer adalah opportunity cost. Konsep ini merupakan salah satu komponen utama dalam proses menetapkan sebuah keputusan, di mana dalam menjalani prosesnya kamu akan dihadapkan pada berbagai pilihan. Dalam konsep ini, kamu akan melibatkan hal yang harus dikorbankan, berupa cost.

Misalnya, kamu sedang memikirkan akan menghadiri dua acara yang berbeda di hari dan waktu yang bersamaan. Yang pertama adalah acara ulang tahun ibu, sedangkan yang kedua adalah rapat penting di kantormu, jika akhirnya kamu memilih rapat di kantor, maka opportunity costnya, kamu kehilangan kesempatan untuk bisa hadir di acara ulang tahun Ibu.