Yuk Kepoin Bisnis Bobby Nasution, Mantu Presiden Jokowi yang Sukses

Banyak orang mengira bahwa anak atau menantu seorang presiden mendapatkan kekayaan dari jatah sebuah dinasti kepemimpinan. Stigma tersebut muncul di kalangan masyarakat karena pengalaman masa lalu. Membangun kerajaan bisnis memanfaatkan nama besar orangtua atau sang mertua.

Enggak semua seperti itu sih. Sebut saja Bobby Nasution, suami dari Kahiyang Ayu ini ternyata merupakan pengusaha sukses sebelum menjadi menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bisnisnya menggurita, mulai dari bisnis properti sampai bisnis kuliner.

Seperti apa sosok Bobby Nasution? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Kutipan Terbaik dari Jokowi Presiden Republik Indonesia

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Lahir dari Keluarga Berada

via Instagram Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Pemilik nama lengkap Bobby Afif Nasution ini lahir di Medan, Sumatera Utara, 5 Juli 1991 dari pasangan Almarhum Erwin Nasution dan Ade Hanifah Siregar. Ayahnya pernah dipercaya menjabat sebagai petinggi di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara IV (Persero). Erwin Nasution menghembuskan nafas terakhir pada 18 Januari 2017 di Medan, hampir setahun sebelum pernikahan Bobby dan putri ke-2 Jokowi itu. Sang ayah wafat pada usia 62 tahun.

Jebolan Kampus IPB

Lihat postingan ini di Instagram

Hhmmmm 😋😋😋

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kahiyang Ayu 💟 Bobby Nasution (@kahiyanggbobby) pada

via Instagram Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Bobby sering menghabiskan masa kecil secara nomaden alias berpindah-pindah. Maklum, pekerjaan sang ayah menuntut keluarga mereka pergi dan tinggal dalam waktu yang cukup lama. Bobby menamatkan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Pontianak, Kalimantan Barat. Sementara masa SMP dan SMA dihabiskan di Bandar Lampung..

Setelah selesai sekolah, Bobby Nasution melanjutkan ke bangku kuliah. Ia merupakan Sarjana Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian meneruskan studi di perguruan tinggi yang sama mengambil gelar Master. Dari situ, Bobby bertemu dengan Kahiyang Ayu.

Baca Juga: Bisnis Sukses Anak Jokowi untuk Inspirasi Bangun Bisnismu Sendiri

Kisah Romansa dengan Kahiyang Ayu

Lihat postingan ini di Instagram

Syukurlah

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bobby Afif Nasution (@bobbyynst) pada

via Instagram Bobby Nasution

Sama-sama menjalani program Magister di IPB, kedekatan Bobby dan Kahiyang terjalin karena tumpukan tugas. Intensitas belajar bersama yang sering, memunculkan rasa cinta di antara mereka berdua. Setelah berpacaran selama dua tahun, Bobby dan adik dari Gibran Rakabuming itu bertunangan di Juni 2017.

Kemudian mantap menikah pada 8 November 2017. Acara pernikahan mereka digelar di Graha Saba Buana, Solo dan dihadiri para pejabat, dan tokoh penting. Pernikahan keduanya semakin bahagia karena kehadiran putri pertama yang diberi nama Sedah Mirah. Cucu kedua Jokowi, setelah Jan Ethes Srinarendra.

Punya Bisnis Properti

via Instagram Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Bobby bisa dibilang pebisnis andal. Meski termasuk generasi milenial, namun insting bisnisnya jalan. Sebelum menikah dengan Kahiyang, Bobby sudah menjamah bisnis properti di tahun 2011. Saat itu, usianya baru 20 tahun. Mulanya dari bisnis renovasi rumah untuk dijual lagi. Tentunya memperhitungkan marjin keuntungan.

Perlahan namun pasti, bisnis tersebut berkembang pesat hingga masuk ke skala lebih besar, seperti pengembang. Berbekal pengalaman dan kredibilitas oke, Bobby banyak mendapatkan proyek besar. Salah satunya proyek Malioboro City, sebuah apartemen megah di Yogyakarta. Proyek jalan, pundi-pundi uang pun mengalir. Menariknya, ia pernah nyemplung sebagai manajer klub sepakbola, Medan Jaya.

Bergabung dengan Perusahaan Properti

Lihat postingan ini di Instagram

Papa banget ya 😁😁😁😄😄 #sedahmirahnasution

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kahiyang Ayu 💟 Bobby Nasution (@kahiyanggbobby) pada

via Instagram Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Tidak bekerja sendiri, Bobby memutuskan bergabung dengan perusahaan properti besar, Takke Group pada 2016. Ia memegang jabatan penting, Direktur Marketing. Bobby juga menguasai saham perusahaan sekitar 10-20%. Dalam mengelola bisnisnya, Bobby kerap bertukar pikiran dengan Jokowi yang merupakan pengusaha sukses di bidang mebel.

Eksplorasi Bisnis Lain

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kahiyang Ayu 💟 Bobby Nasution (@kahiyanggbobby) pada

via Instagram Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Namanya juga milenial yang senang mencoba hal-hal baru, Bobby mencoba peruntungan di bisnis kuliner. Ia membuka gerai kopi di Kota Binjai. Jaraknya 22 kilometer (km) dari kota kelahirannya di Medan. Gerai kopi yang diberi nama Veteran Coffee ini mulai buka tahun 2013 dan menyajikan kopi khas Sumatera Utara. Bisnis kopi ini sudah berjalan kurang lebih enam tahun.

Tak puas sampai di situ, kali ini Bobby berkolaborasi dengan iparnya membangun bisnis kuliner. Masih berkutat dengan kopi, ia mendirikan kedai kopi bernama Kopi Jolo. Dalam bahasa Sumatera Utara, Kopi Jolo memiliki arti ‘Ngopi Dulu’. Berkolaborasi dengan Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka, Bobby menempatkan gerai kopinya ini dalam sebuah lokasi yang dinamakan Kedai Rakyat.

Kedai Rakyat yang ditujukan sebagai tempat orang-orang berkumpul sembari bercengkrama dan menyuguhkan makanan dan minuman dari hasil kolaborasi ini. Bobby dengan Kopi Jolo, Kaesang dengan produk pisangnya, dan Gibran dengan produk martabaknya. Tempat nongkrong ini sudah cukup populer dan digemari para kawula muda. Bisnis Bobby dibangun dari nol. Berkat ketekunan dan kerja keras, bisnis tersebut membuahkan hasil, salah satunya dari sisi materi.

Mulailah Dari Sekarang

Bobby merupakan salah satu contoh pengusaha sukses di usia muda, tepatnya di bawah umur 30-an. Kamu para generasi milenial dapat belajar dari Ayah Sedah Mirah tersebut. Pakai masa mudamu untuk bekerja keras, membangun networking, inovasi, dan melakukan hal-hal positif. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah cikal bakal meraih kesuksesan.

Baca Juga: Tips Sukses Berbisnis ala Presiden Jokowi