Zunita Ahmadah, Dokter Sekaligus Entreprenur yang Patut Ditiru Anak Millenial

loader

Dokter menjadi profesi yang paling diminati oleh anak milenial. Selain lebih bergengsi, profesi ini mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat besar. Uang yang dihabiskan selama menempuh pendidikan dokter pun dipercaya akan balik modal jika mahasiswa kedokteran berhasil menjadi dokter sesungguhnya.

Sayangnya, sebagian dokter menjadikan profesinya sebagai ajang untuk menumpuk kekayaan semata, bukan lagi sebagai pekerjaan mulia untuk mengobati pasien yang sakit. Namun, pikiran seperti ini tidak terbersit sedikit pun di dalam benak Zunita Ahmadah, seorang dokter yang juga berprofesi sebagai entrepreneur. Menurutnya, seorang dokter harus tetap menjadi seorang pelayan masyarakat yang baik. Selain itu, para dokter juga perlu menjajal profesi lain untuk menambah pengalaman dan jumlah pemasukan. Jadi, tidak melulu hanya mengandalkan profesi dokter saja.

Jika Anda ingin bergerak dari zona nyaman, Zunita Ahmadah bisa dijadikan sumber inspirasi yang telah terbukti sukses menapaki karir di dunia lain.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Menjalani Dua Profesi Sekaligus

Selain berprofesi sebagai dokter, Zunita Ahmadah juga menggeluti pekerjaan lain yaitu sebagai entrepreneur. Ia berkata kalau profesi sampingannya telah memberikan pengalaman yang sungguh berharga dalam hidupnya. Bila kebanyakan dokter menghabiskan waktu untuk bekerja di rumah sakit, tidak demikian dengan dokter Zunita.

Dirinya mengaku kalau separuh waktunya dihabiskan untuk bekerja di rumah sakit sedangkan sisanya dihabiskan untuk mengurusi keluarga dan mengasah passion yang ada dalam dirinya.

2. Sosok yang Berani Mengambil Risiko

Melakoni dua pekerjaan sekaligus bukanlah hal yang mudah, apalagi dokter Zunita juga harus mengurus keluarga. Bekerja paruh waktu di rumah sakit kemungkinan besar akan mengurangi jumlah pemasukan yang diterima. Tapi, gaji tidak terlalu dipermasalahkan olehnya karena gaji yang loss dari profesi dokter bisa didapatkan dari bisnis yang ia geluti. Memang, hasilnya tidak sebanding. Tapi, setidaknya Zunita senang bila disibukkan dengan kegiatan bisnis di balik menjalankan kesibukan lain di dunia kesehatan.

Baca Juga: Ikuti Kiat Bisnis Jeff Bezos, Dijamin Sukses

3. Menjalin Relasi dengan Baik

Menurut dokter Zunita, mengembangkan bisnis tidak boleh hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri. Pebisnis yang ingin sukses harus mau menjalin relasi dengan orang lain untuk memperanyak informasi dan mendelegasikan pekerjaan yang ada. Dengan relasi yang luas, pebisnis juga mampu merangkul banyak tenaga kerja berkualitas untuk ikut berkecimpung mengembangkan bisnis, sehingga bisnis dapat bertumbuh dengan pesat.  

4. Tidak Ambil Pusing sama Perkataan Orang

Tidak sedikit orang yang berprasangka buruk terhadap dokter yang menjalankan dua pekerjaan sekaligus. Hal inilah yang juga dialami oleh dokter Zunita. Beberapa orang mengatakan kalau dirinya tidak persistent dan kurang bertanggung jawab dalam mengemban pekerjaan sebagai dokter.

Ada pula yang berkata kalau dunia bisnis yang ia geluti tidak akan berhasil. Tapi apa, dokter Zunita tidak pernah memperdulikan kata orang lain. Selagi apa yang dikerjakannya tidak menyimpang dari ajaran agama dan Undang-Undang, dirinya akan terus melangkah demi mencapai kesuksesan.

5. Mau Belajar dari Kesalahan

Sebelum menjadi seorang entrepreneur, dokter Zunita sudah lebih dulu menjajal pekerjaan di bidang kesehatan. Berbagai kesalahan yang pernah ia lakukan dalam dunia kedokteran, khususnya yang berkaitan dengan manajemen waktu, dijadikan sebagai pengalaman berharga untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Hal inipun terbukti sudah. Dimana ibu tiga anak ini sukses melakoni pekerjaan utama sebagai dokter dan pekerjaan sampingan sebagai entrepreneur. Ia berkata kalau sering mengalami kesulitan di awal, tapi lama-kelamaan, kedua profesi bisa dilakukan secara bersamaan dengan hasil yang tidak mengecewakan.

6. Berhasil Menciptakan Lapangan Kerja

Banyuwangi jadi salah satu wilayah yang sering dikunjungi dokter Zunita untuk berkumpul, berbagi pengalaman dan ilmu kepada masyarakat setempat. Di samping itu, ia juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan usaha Osing Deles yang dijalankannya selama beberapa tahun.

Selain berhasil membuka lapangan pekerjaan sendiri, dokter Zunita juga sudah berhasil merangkul 200-an UMKM Banyuwangi untuk ikut menjajakan produk lokal untuk dijual di Osing Deles. Dokter Zunita berharap dengan adanya kesempatan ini, jumlah pengangguran bisa berkurang, masyarakat Banyuwangi juga bisa menambah pemasukan untuk menghidupi kebutuhan keluarganya.

Baca Juga: 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Bekerja Sesuai Passion

Setiap orang dianugerahi passion yang berbeda. Namun, hanya sedikit orang yang berhasil menjadikan passion tersebut sebagai kunci kesuksesan. Jika Anda ingin sukses, jangan melulu hanya melakoni satu pekerjaan saja. Kalau kondisi memungkinkan, keluarlah dari zona nyaman dan geluti pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion Anda.

Akan ada banyak tantangan yang menghampiri kelak, namun dengan bersyukur dan berserah kepada yang Sang Pencipta, semua tantangan bisa dihadapi dengan baik. Sama seperti yang sudah dirasakan oleh dokter Zunita Ahmadah.

Baca Juga: Kata-kata Inspirasi Sukses Para Pria yang Mendunia