Suzuki merupakan sebuah brand motor yang terdengar tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Lewat berbagai produk berkualitas yang ditawarkan setiap tahun, Suzuki telah menempatkan diri sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor favorit masyarakat Indonesia. Kualitas ini terlihat dari berbagai inovasi yang dibawa oleh produk motor mereka ke Indonesia. Mulai dari inovasi desain sampai dengan performa mesin yang handal menjadi sederet alasan mengapa sepeda motor dari Suzuki menjadi pilihan masyarakat untuk berkendara di jalanan.

Untuk penggunaan sehari-hari, menggunakan motor sport memang menyenangkan karena selain harganya cukup terjangkau, performa berkendaranya juga menjanjikan. Pada tahun 2016, Suzuki hadir di Indonesia dengan motor GSX S150 sebagai salah satu jajaran motor sport andalan mereka yang diperkenalkan lewat IIMS 2016. Huruf ‘S’ pada motor ini memiliki arti Street Sport, sehingga motor ini menjanjikan performa mesin yang tinggi namun tetap mudah dikendarai dan menyenangkan.

Suzuki GSX S150 ini terinspirasi dari tema MotoGP dengan mengadopsi teknologi motor Suzuki GSX RR. Hal ini bisa terlihat dari tampilan motor yang agresif dan stylish dengan garis desain yang mencolok. Apalagi motor ini juga memiliki velg racing berdesain 10-spoke yang semakin membuatnya terlihat stylish bila dibawa berkendara. Selain membawa performa mesin yang handal dan desain yang menarik, Suzuki Indonesia juga menawarkan layanan purna jual yang yang menarik mulai dari garansi mesin, garansi komponen injeksi, dan sparepart.

Dibanderol dengan harga Rp 24 jutaan, Suzuki GSX S150 siap melibas jalanan ibukota untuk Anda para pecinta motor sport dengan harga terjangkau, desain agresif, dan performa mesin yang handal.

Desain Suzuki GSX S150

Secara keseluruhan, Suzuki GSX S150 memiliki desain yang agresif dan stylish. Hal ini terlihat dari garis-garis desain yang terdapat motor ini yang tajam. Garis desain yang tajam ini membuat tampang motor ini menjadi semakin sporty ketika dilihat dari berbagai arah. Di bagian depan motor, terdapat sebuah headlamp dengan desain yang minimalis khas naked sport bike Suzuki. Headlamp yang terpasang di motor ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED untuk memberikan pencahayaan yang maksimal saat berkendara. Pada bagian atas headlamp juga terpasang sebuah visor kecil untuk menambah kesan sporty motor ini.

Di bagian samping motor, terdapat shroud bermodel bumerang yang memanjang ke samping dengan desain sporty yang semakin membuat motor ini lebih keren dipandang. Ukuran jok motor ini terbilang cukup rendah yaitu dengan tinggi 169 cm. Bila digunakan untuk berkendara dalam waktu yang cukup lama memang cukup nyaman digunakan baik berkendara sendiri atau bersama penumpang. Susunan mesin yang tampak dari samping motor ini terlihat cukup rapi dan baik dan menambah kesan stylish saat dipandang. Hal ini juga didukung dari penempatan knalpot yang memanjang ke belakang dengan desain yang sporty. Untuk tangki bahan bakar, desainnya cukup simpel dengan lekukan oval di bagian samping dan memiliki kapasitas 11 liter.

Untuk panel instrumen yang tersedia, Suzuki menggunakan cluster LCD untuk menghadirkan kesan yang lebih modern pada motor ini. Speedometer yang terpasang pada motor ini juga sudah full digital sehingga informasi yang ditampilkan semakin jelas dan memiliki tingkat akurasi yang cukup baik. Indikator instrumen yang digunakan dibagi menjadi 3 bagian, dimana di bagian kiri dan kanan adalah tempat indikator lampu, rpm, serta bahan bakar, Sedangkan pada bagian tengah menampilkan informasi posisi gigi, tachometer, kecepatan motor, tingkat bahan bakar, dan jam. Penggunaan cluster LCD juga membuatnya lebih mudah digunakan saat malam hari. Di bagian belakang motor, desain lampu yang digunakan juga cukup sporty seperti pendahulunya GSX R150 yaitu dengan model minimalis khas motor sport.

Rangka yang digunakan pada motor ini memiliki tipe single cradle dengan dimensi panjang 2020 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1040 mm. Suzuki GSX S150 memiliki berat kosong 130 kg yang menjadikan motor ini tergolong berat di kelasnya. Walaupun cukup berat, Suzuki GSX S150 memiliki ground clearance sebanyak 155 mm sehingga masih nyaman untuk diajak bermanuver di jalanan selama berkendara. Secara umum, rangka motor ini mendukung pengalaman berkendara yang baik setiap saat di jalanan. Karena selain memiliki desain yang ergonomis, rangka yang digunakan juga fleksibel sehingga mampu memberikan pengalaman berkendara yang baik.

Suspensi yang digunakan pada motor ini adalah telescopic fork pada bagian depan dan swing arm pada bagian belakang khas motor sport. Dengan suspensi yang handal, sudah dapat dipastikan Suzuki GSX S150 mampu dikendarai di berbagai medan jalanan dan mampu menyerap getaran dengan baik saat dibawa berkendara. Ban depan yang digunakan pada motor ini berukuran 90/80-17 dan untuk ban belakangnya sendiri berukuran 130/70-17. Masing-masing ban yang digunakan sudah menggunakan jenis tubeless untuk menambah kenyaman berkendara dan agar lebih awet saat digunakan. Kesan agresif dan sport dari ban motor ini juga semakin terlihat dengan hadirnya penggunaan velg berdesain 10-spoke. Rem yang digunakan pada motor ini sudah menggunakan tipe cakram untuk bagian depan dan belakang motor. Namun sayangnya masih belum berteknologi ABS. Walaupun begitu, rem cakram yang digunakan memiliki tipe petal disc brake sehingga selain terlihat futuristik masih bisa menghadirkan performa rem yang maksimal ketika digunakan saat berkendara.

Fitur Suzuki GSX S150

Suzuki GSX S150 memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa diandalkan seperti:

  • Keyless Ignition System & Shuttered Key System: Sistem kunci modern dengan 2 pilihan untuk menjamin keamanan motor yang maksimal saat tidak digunakan.
  • LED Headlights: Penggunaan lampu LED untuk memberikan pencahayaan yang maksimal saat berkendara dan dengan desain yang sporty.
  • Easy Start System: Teknologi starter mesin terbaru dari Suzuki dengan cukup menekan tombol starter 1 kali makan mesin akan langsung menyala.
  • Powerful Engine: Mesin bertenaga besar dan kuat yang mampu memberikan performa maksimal saat berkendara. Mesin yang digunakan bertipe DOHC 4 Katup 150 CC dengan 6 transmisi serta dilengkapi dengan sistem fuel injection.
  • Full Digital Speedometer: Desain panel full digital untuk memberikan informasi yang lengkap saat berkendara di jalanan.
  • Petal Disc Brake: Desain rem futuristik dengan diameter lebar untuk pengereman yang maksimal saat dibawa berkendara di jalanan.

 

Kelengkapan Suzuki GSX S150
Head Lamp LED
Outlet Aksesoris Tidak
Lampu Belakang Bulb
Indikator Lampu Ya
Adjustable Headlights Ya
Side Wings Ya
Tipe Jok Dual Stepped
Tipe Rangka Diamond
Garnish Krom Tidak
Material Rangka Steel
ABS Tidak
Dimmer Switch Ya
Penutup Lubang Kunci Ya
Mode Berkendara Sport
Immobilizer Tidak
Sandaran Kursi Tidak
Alarm Tidak
Wheel Lock Depan/Belakang Tidak
Reflektor Samping Tidak
Launch Control Tidak
Engine Check Warning Ya
Leg Guards Tidak
Panel Instrumen Digital
Indikator BBM Digital
Tachometer Digital
Navigator Tidak
Indikator Standar Samping Tidak
Layar Display Ya
Speedometer Digital
Tripmeter Ya
Indikator Penggantian Oli Tidak
Rem Depan Disc
Rem Belakang Disc

Mesin Suzuki GSX S150

Membahas soal mesin, rasanya motor ini tidak perlu diragukan lagi dalam soal performa. Dengan kapasitas 147,3 CC, Suzuki GSX S150 mampu menghasilkan performa berkendara terbaik di kelasnya.  GSX S150 dilengkapi dengan mesin DOHC 4-Valve berpendingin cairan (Liquid cooling) agar tetap dingin dan awet saat digunakan untuk berkendara. Mesin motor ini memiliki torsi puncak 14 Nm pada percepatan 9.000 rpm dan memiliki tenaga maksimal 18.9 hp pada kecepatan 10.500 rpm. Sekilas mesin Suzuki GSX S150 memiliki persamaan dengan Satria F150, namun telah dilakukan berbagai penyempurnaan komponen seperti injektor, transmisi dan rasio gigi serta Engine Control Module (ECM).

Spesifikasi Suzuki GSX S150

Mesin Suzuki GSX S150
Kapasitas 147.3 cc
Tenaga Maksimal 18.9 bhp
Jumlah Langkah 4-Stroke
Torsi Maksimal 14 Nm
Jenis Mesin 4-Stroke, Liquid Cooled, DOHC
Diameter x Langkah 62 mm x 48.8 mm
Pipa Knalpot Single Exhaust
Kecepatan Maksimum 125 kmph
Jenis Penggerak Chain Drive
Rasio Kompresi 11.5:1
Jumlah Silinder 1
Katup Per Silinder 4
Konfigurasi Katup DOHC
Tipe Injeksi Fuel Injection
Sistem Pendinginan Liquid Cooled
Jenis Transmisi Manual
Gear Box 6-Speed
Sistem pembakaran Fuel Injection
Opsi start Electric
Jenis Bahan Bakar Petrol
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection

 

Desain Suzuki GSX S150
Kategori Sport
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Berat Kosong 130 kg
Ground Clearance 155 mm
Tinggi 1040 mm
Lebar 745 mm
Wheelbase 1300 mm
Panjang 2020 mm
Ketinggian Jok 785 mm
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Swing Arm
Ukuran Velg Depan R17
Ukuran Velg Belakang R17
Ban Belakang 130/70 R17
Ban Depan 90/80 R17
Jenis Ban Radial, Tubeless

Warna Suzuki GSX S150

Suzuki GSX S150 memiliki 4 pilihan warna menarik yaitu Daytona Yellow, Titan Black CW Rouge Red, Stronger Red, dan Solid Black Gloss.

Syarat Kredit Motor Suzuki GSX S150

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Suzuki GSX S150

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.