Di Indonesia, Nama Suzuki memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Produsen sepeda motor dari Jepang ini selalu hadir membawa berbagai pembaharuan dan inovasi lewat berbagai variasi produk yang ditawarkan dari waktu ke waktu. Para pecinta sepeda motor di Indonesia memang selalu menikmati produk sepeda motor keluaran negeri sakura ini. Selalu hadir dengan desain stylish dan menjanjikan performa mesin yang handal menjadikan motor Suzuki menjadi pilihan sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Kebutuhan akan kendaraan bermotor di kota besar seakan tidak ada habisnya. Dimulai dari banyaknya jumlah penduduk yang membutuhkan akses kendaraan pribadi, kebutuhan bisnis, hingga tuntutan pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi. Di kota-kota besar di Indonesia, skuter matik atau motor matik masih menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Hal ini karena skuter matik merupakan kendaraan yang mudah untuk digunakan, memiliki harga yang terjangkau, dan mudah untuk didapat.

Dengan tersedianya berbagai layanan leasing dan kredit motor di kota-kota besar, tentunya hal ini semakin memudahkan masyarakat mendapatkan skuter matik setiap hari. Di Tahun 2017, Suzuki hadir di Indonesia dengan Suzuki Nex yaitu produk motor terbaru di kelas skuter matik. Menawarkan bodi ramping dan stylish, Suzuki Nex terlihat siap untuk bersaing dengan para pesaingnya. Tidak hanya dari sektor desain dan bodi yang menarik, Suzuki Nex juga menawarkan performa mesin yang handal dengan mesin SOHC 113 CC dengan teknologi fuel injection. Suzuki sendiri menjamin Nex akan menjadi skuter matik dengan performa handal namun tetap irit bahan bakar. Untuk harga yang ditawarkan juga cukup murah yaitu sekitar Rp 13 jutaan saja. Murah bukan?

Dengan harga terjangkau, desain motor yang ramping dan stylish, serta performa mesin yang handal, Suzuki Nex siap menjadi pilihan Anda para pecinta skuter matik di Indonesia.

Desain Suzuki Nex

Suzuki Nex memiliki desain khas skuter matik dengan bodi yang ramping dan ringan. Namun desain yang slim ini juga masih tetap terlihat keren karena garis-garis bodi yang sporty dan melengkung layaknya motor sport. Headlamp dari Suzuki Nex didesain dengan bentuk huruf “V” dengan lampu sein di bagian kiri dan kanan di bagian atas. Desain berbentuk huruf  “V” ini memberikan kesan sporty dan gagah bila dipandang dari depan dan semakin menambah kesan kokoh pada skuter matik ini. Pada bagian samping motor, Suzuki terdapat striping cantik bertuliskan “Nex” yang stylish untuk mempertegas identitas skuter matik ini. Ukuran spion yang terdapat pada skuter matik ini juga terbilang standar namun sudah berfungsi dengan baik.

Ukuran joknya sendiri cukup kecil namun sudah cukup besar dan nyaman untuk diduduki selama berkendara. Ukuran jok belakangnya juga sedikit melebar sehingga untuk berkendara bersama penumpang masih nyaman dilakukan dalam waktu lama. Posisi jok skuter matik ini juga cukup seimbang dengan jarak yang ideal dengan stang motor. Di bagian belakang, terdapat sebuah stoplamp dengan desain yang mungil dan stylish. Walaupun belum memiliki lampu LED, stoplamp skuter matik ini sudah cukup memberikan pencahayaan yang optimal apabila digunakan saat berkendara di siang maupun malam hari.

Knalpot Suzuki Nex juga sudah dilengkapi dengan muffler cover untuk melindungi pengendara dari panas knalpot saat berkendara di jalanan. Desain muffler cover yang menarik ini juga semakin membuat Nex terlihat sporty saat dibawa berkendara. Pada bagian pijakan kaki, skuter matik ini juga memiliki pijakan yang cukup besar dengan ruang gerak yang cukup. Untuk ukuran skuter matik, pijakan kaki pada motor ini terbilang cukup luas sehingga posisi kaki bisa lebih leluasa saat dibawa berkendara.

Suzuki memutuskan untuk menggunakan model analog untuk speedometer dan panel instrumen skuter matik ini. Speedometer dan panel ini dibuat dengan desain yang simpel namun tetap informatif. Berbagai informasi standar seperti kecepatan, jarak tempuh dan tingkat bahan bakar mampu ditampilkan dengan baik. Di bagian bawah speedometer terdapat lampu indikator untuk lampu jarak dekat dan jauh, lampu sein, serta indikator fuel injection.

Dalam hal suspensi, Suzuki Nex sudah menggunakan suspensi telescopic pada bagian depan dan menggunakan suspensi swing arm pada bagian belakang. Penggunaan kedua suspensi tersebut berfungsi untuk meredam getaran dan menjaga keseimbangan selama berkendara di jalanan. Tidak lupa, Suzuki juga menyematkan per ulir serta peredam tipe oli agar pengalaman berkendara Anda semakin terjaga.  Suzuki Nex Fi memiliki ukuran panjang 1850 mm, lebar 665 mm dan tinggi 1035 serta berat kosong 87 kg.. Ukuran jarak sumbu rodanya memiliki ukuran 1235 mm untuk memudahkan manuver selama berkendara di jalanan.

Suzuki Nex menggunakan Velg Casting Wheel dengan ukuran 14 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 70/90-14M/C34P  serta ukuran 80/90-14M/C46P untuk ban bagian belakang. Sistem pengeremannya sendiri sudah dilengkapi dengan rem cakram dan tromol untuk menjamin keamanan saat berkendara.

Fitur Suzuki Nex

  • Cover Muffler: Pelindung knalpot agar terhindar panas.
  • Fuel Injection System: Sistem mesin injeksi untuk performa mesin yang handal dan irit bahan bakar.
  • Sporty Design: Garis desain motor yang sporty dan slim untuk tampilan yang lebih memukau
  • Suzuki Easy Start System: Teknologi starter elektrik  baru dari Suzuki untuk menyalakan mesin dengan cepat.

 

Kelengkapan Suzuki Nex
Indikator Lampu Yes
Adjustable Headlights Yes
Outlet Aksesoris Yes
Head Lamp Non-LED
Lampu Belakang Non-LED
Garnish Krom No
Electronic Suspension Adjustment No
Tipe Jok Dual Straight
Side Wings Yes
Dimmer Switch Yes
Sandaran Kursi No
Stability Control No
Traction Control No
Launch Control No
Leg Guards No
Central Locking Optional
Reflektor Samping Optional
Mode Berkendara Street
Wheel Lock Depan/Belakang No
Immobilizer No
Panel Instrumen Analog
Indikator BBM Analog
Navigator No
Speedometer Analog
Indikator Penggantian Oli No
Tachometer No
Indikator Standar Samping No
Rem Belakang Drum
Rem Depan Disc

Mesin Suzuki Nex

Pada sektor dapur pacu, skuter matik ini dibekali dengan mesin 4 Langkah, 2 katup, SOHC dengan pendingin udara yang memiliki kapasitas 113 CC. Mesin ini memiliki rasio kompresi sebesar 9: 4 dan memiliki diameter dan langkah sebesar 51 mm x 55,2 mm. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 9,4 Ps pada kecepatan 8800 rpm. Serta memiliki torsi mesin maksimal 8,7 Nm pada kecepatan 6500 rpm.

Performa mesin yang saktini juga didukung oleh teknologi fuel injection. Dimana semua aliran bahan bakar dikontrol secara elektronik mulai dari saat dari tangki sampai ruang pengapian. Aliran bahan bakar ini kemudian diproses dalam bentuk kabut sesuai dengan permintaan pembakaran mesin sehingga bisa lebih irit daripada menggunakan karburator Dalam teknologi fuel injection, biasanya terdapat Engine Control Unit (ECU) atau Engine Control Module (ECM) yang berfungsi untuk mengendalikan sistem pembakaran ini secara otomatis ketika motor digunakan.

Mesin Suzuki Nex
Kapasitas 113 cc
Jumlah Langkah 4-Stroke
Torsi Maksimal 8.7 Nm
Sistem Pelumasan Wet Sump
Jenis Mesin 4-Stroke, Air Cooled, SOHC
Kecepatan maksimum 110 kmph
Katup Per Silinder 2
Konfigurasi Katup SOHC
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Sistem Pendinginan Air Cooled
Jumlah Silinder 1
Sistem Pembakaran CDI
Opsi Start Electric & Kick
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Jenis Bahan Bakar Petrol
Jenis Transmisi CVT
Gear Box Variable Speed

 

Dimensi Suzuki Nex
Kategori Scooter
Bobot 87 kg
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Panjang 1850 mm
Lebar 665 mm
Tinggi 1024 mm
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Swing Arm

Warna Suzuki Nex 

Suzuki Nex  memiliki 3 varian warna yang bisa dicoba yaitu Red, Blue, dan Flash Green.

Warna Suzuki Nex

Syarat Kredit Motor Suzuki Nex

Ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit motor Suzuki Nex

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin.
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran).
  • Data lain (hanya jika diperlukan).

Kredit Perusahaan:

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya.
  • Fotocopy pengesahan kehakiman.
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP.
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris.