Yamaha R15

Secara resmi Yamaha sudah mengkonfirmasikan kedatangan motor Sport terbaru mereka yaitu Yamaha YZF R15. Motor dengan tampilan Sporty tersebut memang sudah sejak lama ditunggu kedatangannya di Indonesia, dan di proyeksikan sebagai penantang serius Kawasaki Ninja 150.HadirdenganteknologiInjeksidenganbentuk sporty layaknya motor pada Moto GP, menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Yamaha R15, dan apabila dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya tentu Yamaha R15 bisa dibilang memiliki harga lebih murah, namun tetap menggunakan teknologi terdepan di dalamnya.

 

Desain Yamaha R15

Desain bodi Yamaha R15 mengadopsi DNA R-Series yang sporty dengan lampu utama ganda yang tajam (dual furious headlight), bodi belakang runcing dan tajam, fairing aerodinamis yang kekar, dan pengendalian yang diklaim mantap. Lampu depan ganda dari Yamaha R15 sporty dengan fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan. Lampu belakangnya terinspirasi R6 dengan desain meruncing dan merupakan pelopor di kelasnya yang menggunakanlampuberteknologi LED. Yamaha R15 pun tampilistimewadengan split seateratau model jokterpisahdenganbahanjok anti slip sepertimoge sport kelasdunia, yang membuattampilansemakin sporty.

Bentuk body dan ukuran dari Yamaha R15 ini sangat gagah.Bodynya sendiri memiliki dimensi 1.955 X 660 X 1.070 (P x L x T/mm) dan jarak terendah dengan tanah adalah 160 mm. Dengan dimensi dan berbagai komponen yang ada di motor tersebut, Yamaha R15 memiliki bobot 136 kg. Sistem Delta box atau bisa kita sebut rangka khas menjadi andil utama terhadap efisiensi bobot dan tampilannya yang cukup ringkas.Selain itu, Spesifikasi Yamaha R15 dilengkapi dengan Alumunium Swing Arm dengan desain ala Superbike yang maskulin, gagah, dan stabil yang merupakan inovasi pertama di Indonesia.

 

Warna Yamaha R15

Untuk pilihan warna ada 3 warna yang bisa anda pilih yaitu Midnight Black (hitamdanabu-abu), Supernova Red (Merah-Putih), dan Racing Blue(Biru-Putih).

 

Teknologi Terbaru yang ditanamkan dalam Yamaha R15

Teknologi Fuel Pump

Fuel pump merupakan teknologi untuk menghemat listrik motor lebih efisien. Dengan tekanan 250 kpa tipe brusless guna menunjang agar motor lebih handal. Pada bagian commutator tidak ada brush kemudian pada mekanis akan diatur oleh microcontroller yang membuat putaran pada motor akan lebih tinggi namun dengan penggunaan listrik yang rendah mengakibatkan suara mesin motor yang halus.

Teknologi Throttle Body

Teknologi ini bekerja saat mesin sedang dalam kondisi yang dingin yang memudahkan menghidupkan mesin motor seperti autochoke, bekerja sesuai sinyal pada ECU dan sensor injeksi pada motor.

Throttle Position Sensor; Merupakan pendeteksi bukaan pada tutup throttle. Pembukaan pada throttle akan terdeteksi dan terpantau oleh TPS ini yang kemudian akan mengirimkan sinyal pada bukaan throttle di ECU untuk memerintah injektor menyemprotkan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan pada TPS.

Intake Air Pressure Sensor; IAPS bekerja untuk mendeteksi tekanan pada pada lubang masuk Intake untuk mengatur penyemprotan bahan bakar yang terjadi menyesuaikan dengan keadaan di sekelilingnya. Seperti contoh, saat mengendarai motor di daerah dataraan tinggi dengan di daerah dataran rendah, tentunya pemakaian bahan bakar akan sangat berbeda. Pada dataran tinggi memiliki suhu udara yang rendah dan tidak terlalu panas, berbeda dengan dataran rendah yang memiliki suhu udara yang tinggi atau panas. Hal ini akan mempengaruhi sensor pada intake yang kemudian di lanjutkan pada filter udara untuk mengatur tingkat konsumsi bahan bakar.

Air Temperature Sensor; IATS adalah teknologi dimana saat pengendara berkendara di daerah yang dingin yang membuat motor akan beradaptasi dengan likungan sekitar melalui filter udara melalui sensor identitas udara agar motor tetap stabil.

Injector

Injector adalah bagian yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar melalui selang bahan bakar dari fuel pump sampai ke ruang bakar. Banyaknya jumlah seprotan yang dikeluarkan ini tergantung pada perintah ECU yang akan menerima sinyal yang diterima TPS

 

Mesin Yamaha R15

Di bekali dengan mesin berkekuatan 149.8cc sudah pasti performa yang dimiliki motor ini sudah sangat unggul untuk kelas motor Sport 150CC, selain itu tersedia pula system perkabaun berteknologi Injeksi yang mampu menjadikan motor ini lebih bertenaga dan di klaim lebih irit.

Trends motor Injeksi terus bergulir dari tahun ketahun, ditahun 2014 ini hampir semua type motor baru menggunakan teknologi tersebut. Teknologi Injeksi yang dimiliki motor ini memang yang terdepan karena diiringi dengan jeroan terbaik. Dengan mesin berkapasitas 149.8cc mampu menghasilkan power sebesar 14.8 PS/8500 RPM dan maksimal torsi mencapai 13.10 nm/7500 RPM.

Dari bagian kaki-kaki, sudah tersedia 2 rem cakram pada bagian belakang, dengan ban bertipe Tubless.Untuk system suspense bagian depan sudah disematkan Suspensi bertipe Telescopic, sedangkan pada bagian belakang bertipe Monocross yang sanggup menanggung beban dengan sangat baik.

Sejatinya Yamaha R15 merupakan versi sporty dari Yamaha New Vixion, karena dari spesifikasi hampir sama dengan menggunakan Rangka Delta Box. Namun motor ini diklaim lebih bertenaga dengan sistem 6 percepatan dengan tipe mesin SOHC. Tedapat pula system pendingin bertipe radiator seperti yang di miliki Yamaha New Vixion.

 

Mesin

Mesin

Tipe Mesin

:

 4-Langkah SOHC, Silinder Tunggal, Berpendingin Cairan

Kelas

:

 149.8cc

Diameter x Langkah

:

 57 mm x 58.7 mm

Perbandingan Kompresi

:

 10.4 : 1

Daya Maksimum

:

 14.8 PS/8500 RPM

Torsi Maksimum

:

 13.10 nm/7500 RPM

Sistem Pengabutan

:

Injeksi

Sistem Pendingin

:

Karburator

Sistem Starter

:

 Elektrik Starter

Sistem Pelumas

:

Basah

Kapasitas oli mesin

:

 Total: 1.15 L / Berkala: 0.95 L / Ganti Filet Oli: 1 L

Tipe kopling

:

Basah, Kopling Manual, Multiplat

Tipe transmisi

:

Return 6 Kecepatan

Pola pengoperasian transmisi

:

 1-N-2-3-4-5-6

 Rangka

Tipe Rangka

:

 Delta Box

Suspensi Depan

:

Teleskopik

Suspensi Belakang

:

Link Type Monocross

Ban depan

:

 90/80-17 Tubeless

Ban belakang

:

 130/80-17 Tubeless

Rem depan

:

Cakram 245mm

Rem belakang

:

Cakram 220mm

 Dimensi

P xLxT

:

1.975 x 660 x 1.070 mm

Jarak Sumbu Roda

:

 1.345 mm

Jarak Terendah dengan tanah

:

 160 mm

Tinggi Tempat Duduk

:

800 mm

Berat isi

:

 136 Kg

Kapsitas Tangki

:

 12 Liter

Kelistrikan

 

 

Sistem pengapian

:

 T.C.I

Baterai

:

 12V – 3.5 Ah(10 H)

 

Tipe Motor

Perbedaan

Yamaha R15

tersedia 2 rem cakram pada bagian belakang, dengan ban bertipe Tubless.Untuk system suspense bagian depan sudah disematkan Suspensi bertipe Telescopic, sedangkan pada bagian belakang bertipe Monocross yang sanggup menanggung beban dengan sangat baik.

Yamaha R15 Movistar

Warna yang digunakan sama dengan desain Tim MotoGP Yamaha Movistar

Yamaha R15 TECH3

Memiliki dimensi body 1.955 X 660 X 1.070 (P x L x T/mm) dan jarak terendah dengan tanah adalah 160 mm.

Yamaha R25

lebih sporty dengan adanya Airduct dibagian tengah dan belakang menggunakan lampu LED.Desain di bagian body Yamaha YZF-R25 berbentuk full fairing multi layer yang ada pada kanan dan kiri body

Yamaha R25 Movistar

merupakan Special Edition dari Yamaha R25, perbedaan utamanya adalah warna yang membalut seluruh body motor sport ini, dimana striping dan corak warna didesain sangat mirip dengan tunggangan tim pabrikan Yamaha yang beraksi diajang balap MotoGP.

Yamaha R25 TECH 3

dilengkapi dengan Alumunium CastWide Wheel &Wide Tire yang memberikan pijakan kuat, tapak lebar serta ringan sehingga memberikan performa berkendara yang maksimal.

 

Syarat Kredit Yamaha R15

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan kredit Yamaha R15

Kredit Perorangan:

  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin
  • Fotocopy kartu keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran)
  • Data lain (hanya jika diperlukan)

Kredit Perusahaan

  • Fotocopy akte pendirian & perubahannya
  • Fotocopy pengesahan kehakiman
  • Fotocopy SIUP, NPWP, SITU / Domisili, TDP
  • Fotocopy Rek. Koran 3 bulan terakhir
  • Fotocopy KTP direksi & komisaris