Daftar 12 Anime Terbaik yang Diproduseri Aniplex, Ada yang Jadi Favorit Kamu?

Awalnya perusahaan ini dikenal sebagai Sony Pictures Entertainment Visual Works pada September 1995 sebagai perusahaan patungan antara Sony Pictures Entertainment Jepang dan Sony Music Entertainment Jepang. Kemudian, pada Januari 2001 berganti nama menjadi Sony Music Entertainment dan pada April 2003 perusahaan tersebut berganti nama menjadi Aniplex.

Sejak berdiri, Aniplex fokus menjadi perusahaan yang merilis label musik dan komposer muisik yang dijual ke King Records. Namun pada 2005, perusahaan ini mulai mengembangkan usahanya ke pasar Amerika Utara dan kemudian mendirikan studio animasinya sendiri yang disebut sebagai A-1 Pictures.

Ketika mengembangkan bisnisnya di bidang animasi, Aniplex pun terlibat pada sejumlah produksi serial televisi anime, diantaranya adalah Fullmetal Alchemist, Bleach, Bleach, Baccano!, hingga I Want to Eat Your Pancreas. Lalu apa lagi anime terbaik yang diproduksinya? Simak berikut rangkuman daftarnya;

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

10 Anime Terbaik dari Aniplex

  1. Fullmetal Alchemist: Brotherhood (2009)

    loader

    Fullmetal Alchemist: (Sumber: imdb.com)

    Kelanjutan dari seri Fullmetal Alchemist dilanjutkan dalam bagian Brotherhood yang memiliki 64 episode dengan digarap oleh Bones Studio dan didistribusikan oleh Aniplex. Dalam season ini, Fullmetal Alchemist: Brotherhood masih mengisahkan tentang dua orang saudara bernama Edward Elric dan Alphonse Elric yang berusaha menghidupkan kembali ibu mereka yang baru saja meninggal.

    Namun, bukannya berhasil menghidupkan sang ibu, kedua saudara tersebut justru dilanda kejadian yang buruk, yakni tubuh Alphonse hancur, sementara Edward kehilangan satu kakinya. Kemudian, Edward mengorbankan lengannnya untuk menjaga jiwa Alphonse di dunia fisik dengan mengikatkannya ke baju zirah raksasa.

  2. Baccano! (2007)

    loader

    Baccano! (Sumber: imdb.com)

    Anime yang diproduksi oleh Aniplex ini merupakan adaptasi berdasarkan novel karya Ryohgo Narita dan Katsumi Enami dengan mengambil berbagai macam sudut pandang yang sebagian besar berlatarkan fiksi di Amerika Serikat. Sejak penayangannya, Baccano! Menjadi sangat populer di Jepang dan Amerika Serikat, serta juga mendapatkan banyak pujian atas plot, karakter serta animasinya.

    Baccano! Ini memfokuskan cerita pada sejumlah karakter yang merupakan seorang pencuri, preman, hingga mafia yang awalnya tidak terhubung satu sama lain. Kendati demikian, setelah ramuan keabadian diciptakan pada 1930 di Manhattan, karakter-karakter tersebut mulai bertemu dan memicu peristiwa-peristiwa yang semakin tidak terkendali.

  3. Bleach (2004)

    loader

    Bleach (Sumber: imbd.com)

    Anime yang dibuat oleh studio Pierrot dan diproduseri Aniplex ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonan kalian dengan jumlah episode sebanyak 366 dari Oktober 2004 hingga Maret 2012. Bleach sendiri mengisahkan tentang petualangan Ichigo Kurosaki yang mendapat kekuatan sebagai malaikat pencabut nyawa.

    Kekuatan yang didapatkan Ichigo Kurosaki tersebut berasal dari Shinigamu Rukia yang memberikan kekuatannya ketika mengalami luka parah saat melawan Hollow. Ketika kekuatan tersebut masuk, Ichigo Kurosaki dapat mengalahkan Hollow dengan mudah.

  4. Erased (2016)

    loader

    Erased (Sumber: imdb.com)

    Diadaptasi dari serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sanbe, Erased yang dibuat oleh A-1 Pictures dan diproduseri Aniplex ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Satoru Fujinuma. Ia memiliki kemampuan yang akan mengirimnya ke kehidupan masa lampau, yakni sebelum kejadian berbahaya mengintainya.

    Ketika berhasil kembali ke masa lalu, dimungkinkan kalau Satoru Fujinuma dapat melakukan pencegahan terjadinya penculikan dan pembunuhan yang merenggut nyawa kedua teman sekolahnya. Hal tersebut bermula ketika ibunya dibunuh, dan kemampuan tersebut membawa Satoru ke kehidupan 18 tahun lalu.

  5. I Want to Eat Your Pancreas (2018)

    loader

    I want To Eat Your Pancreas (Sumber: imdb.com)

    Karya terbaik yang diproduksi oleh Aniplex selanjutnya datang dari film berjudul I Want to Eat Your Pancreas yang ditayangkan pada September 2018 lalu. Anime ini mengisahkan tentang seorang penyendiri yang merupakan kutu buku, serta sangat meyakini kalau tidak ada orang lain yang tertarik padanya.

    Namun, pada suatu ketika, anak laki-laki tersebut menemukan buku harian teman sekelasnya yang populer, Sakura Yamauchi dimana diketahui menderita penyakit mematikan di pankreasnya. Meski sedang sakit, Sakura mencoba mempertahankan kehidupan sekolahnya yang normal, dan keduanya mulai menghabiskan waktu bersama serta menjadi teman.

  6. Kill la Kill

    loader

    Kill la Kill (Sumber: imdb.com)

    Salah satu anime terbaik satu ini adalah dibuat oleh Trigger Studio dan diproduseri Aniplex yang berjudul Kill la Kill. Tentunya bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonan kalian, terutama kalau menyukai anime dengan genre action serta komedi, dan disutradarai oleh Hiroyuki Imaishi dan ditulis Kazuki Nakashima.

    Berlatar sebuah sekolah bernama Akademi Honnouji yang terletak di pulau Kota Honno, dimana para siswa di sana mengenakan Seragam Goku yang memberikan kekuatan super kepada siapapun pemakainya. Dalam cerita Kill la Kill, terdapat seorang siswa bernama Ryuko Matoi yang memiliki senjata berbentuk gunting yang dapat memotong Seragam Goku itu.

  7. Kaguya-sama: Love is War (2019)

    loader

    Kaguya-Sama: Love is War (Sumber: imdb.com)

    Kaguya-sama: Love is War menceritakan tentang dua orang anak bernama Miyuki Shirogane dan Kaguya Shinomiya yang tampak seperti pasangan sempurna. Hal tersebut didukung ketika mereka menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS di sekolahnya.

    Tidak hanya itu, Kaguyama merupakan putri dari keluarga yang kaya raya, dan Miyuki adalah siswa paling terkenal di sekolahnya. Meskipun merasa saling menyukai satu sama lain, mereka terlalu gengsi untuk mengutarakan perasaan cinta karena jika melakukannya lebih dulu maka dianggap kalah.

  8. Anohana: The Flower We Saw That Day (2011)

    loader

    Anohana: The Flower We Saw That Day (Sumber: imdb.com)

    Salah satu serial yang memiliki 11 episode ini merupakan anime terbaik dan populer yang dihasilkan oleh A-1 Pictures dan diproduseri Aniplex. Anohana: The Flower We Saw That Day mengisahkan tentang sebuah kelompok berisikan enam orang anak-anak, dan berpisah sejak salah satu dari mereka yang bernama Meiko Menma meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan.

    10 tahun sejak kejadian tersebut, ketua kelompok bernama Jinta Yadomi memilih untuk mengurung diri. Namun, suatu ketika, Menma muncul di hadapannya dengan penampilan lebih dewasa, serta memintanya untuk mengabulkan satu permintaan agar Menwa bisa kembali pergi ke akhirat.

  9. Durarara!! (2010)

    loader

    Durarara!! (Sumber: imdb.com)

    Anime yang diproduseri oleh Aniplex berdasarkan adaptasi novel karya Ryohgo Narita ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonan kalian. Durarara!! Cerita pada anime tersebut berlatar di sebuah pusat kota Tokyo yang mana banyak rumor aneh tentang sebuah geng anonym dan penghuni berbahaya, yakni tentang keberadaan penunggang hitam tanpa kelapa yang terlihat mengendarai sepeda motor.

  10. Rascal Does Not Dream of a Dreaming Girl (2018)

    loader

    Rascall Does Not Dream of a Dreaming Girl (Sumber: imdb.com)

    Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai merupakan salah satu anime terbaik yang dibuat CloverWorks dan diproduseri Aniplex berdasarkan adaptasi dari seri novel karya Hajime Kamoshida. Anime ini mengisahkan tentang kehidupan siswa sekolah menengah bernama Sakuta Azusagawa yang berubah menjadi tak terduga setelah bertemu dengan aktris remaja Mai Sakurajima yang berpakaian seperti gadis kelinci.

    Ketika tengah berkeliaran di perpustakaan, Mai tertarik dengan Sakuta karena ia adalah satu-satunya yang dapat melihatnya, dan orang lain tidak dapat. Rupanya, Mai merupakan salah satu korban dari Adolescence Syndrom yang mana merupakan gejala supernatural terkait ketenaran dan identitas diri, dan hal itu membuat Sakuta ingin membantu Mai melalui masalah serta kesulitannya.

  11. Magi: The Labyrinth of Magic (2012)

    loader

    Magi: The Labyrinth of Magic (Sumber: imdb.com)

    Salah satu anime terbaik dari A-1 Pictures yang didistribusikan Aniplex ini mengambil latar bak cerita Aladdin, Alibaba dan Sinbad the Sailor dalam film One Thousand and One Nights. Cerita pada animasi ini bermula ketika Magi yang karakter mirip seperti Alibaba Saluja, yakni seorang pemuda yang ingin merebut penjara bawah tanah Amon.

    Suatu saat, Alibaba bertemu dengan Aladdin, yakni laki-laki misterius yang memiliki kemampuan memanggil jin perkasa dari serulingnya. Dengan kekuatan yang dimiliki Aladdin tersebut, Alibaba kemudian mengajak Aladdin untuk menaklukan Amon bersama-sama.

  12. Monogatari Series: Second Season

    loader

    Monogatari Series: Second Season (Sumber: imdb.com)

    Penampakan, keanehan dan dewa terus muncul di sekitar Koyomi Araragi dan teman-teman dekatnya, yakni diantaranya Tsubasa Hanekawa, Shinobu Oshino, Suruga Kanbaru, Mayoi Hachikuji, Nadeko Sengoku dan Hitagi Senjougahara. Pada seri kedua ini, mereka berjuang untuk mengatasi berbagai kegelapan yang mendekat dengan cepat.

Anime dari Aniplex Mana yang Jadi Kesukaan Kamu?

Kebanyakan anime terbaik yang telah disebutkan serta diulas di atas adalah diproduseri serta didistribusikan oleh Aniplex, sehingga perusahaan ini bekerjasama dengan studio animasi yang memproduksi karyanya. Maka dari itu, dari deretan anime tersebut, mana yang menjadi kesukaan atau favorit kalian?