Biaya Operasi Tulang Panggul di Indonesia Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Biaya operasi tulang panggul mungkin masih menjadi informasi yang awam bagi masyarakat. Pasalnya, operasi ini juga memang tidak banyak dipahami dan diketahui. Meski demikian, berbagai rumah sakit (RS) di Indonesia sendiri sudah menyediakan layanan operasi tersebut. 

Sebagai informasi, operasi tulang panggul atau yang juga dikenal operasi sendi panggul umumnya dilakukan pada pasien yang mengalami gangguan bagian panggul yang tidak bisa ditangani dengan pengobatan lain. Beberapa contoh gangguan, seperti penuaan, cedera, kelainan panggul sejak masa kanak-kanak, dan radang sendi.

Lalu, berapa sih kisaran biaya operasi tersebut? Bicara soal biaya, tentu setiap RS dan daerah memiliki prosedur dan aturan yang berbeda sehingga besaran biaya pun berbeda-beda. Nah, pada artikel ini akan dibahas biaya operasi tulang panggul sekaligus faktor dan tips biaya operasi ini.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Biaya Operasi Tulang Panggul

loader

Operasi penggantian tulang panggul tergolong dalam operasi besar. Maka dari itu, dokter biasanya hanya menyarankan tindakan ini jika pengobatan lain, seperti injeksi steroid atau fisioterapi tidak efektif untuk mengatasi gangguan pada pasien.

Adapun biaya operasi tulang panggul tergantung pada beberapa faktor seperti jenis operasi, tingkat keparahan kondisi, dan fasilitas kesehatan tempat operasi dilakukan. Namun, secara umum biaya operasi tulang panggul di Indonesia berkisar antara Rp25 juta hingga Rp100 juta.

Berikut adalah beberapa contoh biaya operasi tulang panggul di Indonesia.

1. Operasi pasang pen tulang panggul

  • Fasilitas kesehatan pemerintah: Rp25 juta – Rp35 juta.
  • Fasilitas kesehatan swasta: Rp35 juta – Rp50 juta.

2. Operasi penggantian sendi panggul

  • Fasilitas kesehatan pemerintah: Rp50 juta – Rp60 juta.
  • Fasilitas kesehatan swasta: Rp60 juta – Rp100 juta.

Berikut biaya operasi tulang panggul di beberapa RS di Indonesia.

No

Rumah Sakit

Biaya

1

RS Premier Surabaya

Rp120.000.000

2

RS Ortopedi dan Traumatologi Surabaya

Rp115.000.000

3

RS Premier Bintaro

Rp80.150.000

4

Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta

Rp75.000.000

5

Primaya Hospital Tangerang

Rp59.999.000

6

RS Bedah Hasta Husada, Malang

Rp45.600.000

Adapun, untuk mengetahui secara detail, kamu bisa menghubungi dan mengkonfirmasi langsung kepada pihak RS yang hendak dituju. Di sana, kamu bisa mendapatkan informasi detail besaran dan rincian biayanya.

Biaya Operasi Tulang Panggul dengan Asuransi Kesehatan

Biaya operasi tulang panggul cukup mahal sehingga cukup menjadi pertimbangan bagi sebagian orang. Nah, jika kamu memiliki atau terdaftar sebagai peserta asuransi kesehatan bisa sedikit lebih tenang. Pasalnya, kamu bisa mengandalkan pertanggungan kesehatan ini.

Dilansir dari laman pristyn care, saat ini sebagian besar polis asuransi swasta menanggung biaya operasi tulang panggul. Namun, kamu perlu memastikan kembali produk polis asuransi kesehatan yang kamu miliki dapat menanggung apa saja dalam prosedur operasi tersebut.

Perlu diketahui pula bahwa besaran biaya operasi panggul bisa berbeda tergantung pada beberapa faktor. Apa saja sih faktor yang mempengaruhinya?

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Operasi Tulang Panggul

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biaya operasi panggul sendiri memiliki beberapa faktor yang membuat biayanya berbeda. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi biaya operasi tulang panggul.

Jenis Operasi

loader

Ada dua jenis operasi tulang panggul, yakni operasi pasang pen dan penggantian sendi panggul. Operasi pasang pen dilakukan untuk menyatukan kembali tulang panggul yang patah. Biayanya berkisar antara Rp25 juta hingga Rp50 juta.

Sementara, operasi penggantian sendi panggul dilakukan untuk mengganti sendi yang rusak dengan sendi buatan. Operasi ini tentu membutuhkan biaya yang lebih mahal, yakni berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta.

Tingkat Keparahan Kondisi 

Faktor lain yang mempengaruhi biaya operasi panggul adalah tingkat keparahan kondisi. Semakin tinggi tingkat keparahan kondisi maka akan semakin sulit proses operasi dan membuat biayanya pun lebih mahal.

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan yang dipilih juga sangat menentukan besaran biaya operasi panggul. Umumnya, fasilitas kesehatan swasta memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan fasilitas kesehatan pemerintah.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi besaran biaya operasi panggul. Selain faktor tersebut, kamu juga mungkin membutuhkan tips mengetahui biaya operasi ini.

Tips Mengetahui Biaya Operasi Tulang Panggul

Sebelum memutuskan menjalani operasi panggul, kamu bisa mengetahui biaya operasi dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa tips untuk mengetahui besaran biaya operasi tulang panggul.

1. Pilih Fasilitas Kesehatan yang Tepat

Perlu diketahui, fasilitas kesehatan pemerintah umumnya memiliki biaya yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan fasilitas kesehatan swasta. Untuk kisaran biayanya pun sudah dijelaskan di atas.

2. Membandingkan Biaya Operasi antar Fasilitas Kesehatan

Tips atau cara berikutnya adalah membandingkan biaya operasi dari beberapa fasilitas kesehatan. Caranya, bisa dengan langsung menghubungi fasilitas kesehatan atau via laman resminya.

3. Mencari Informasi Kerjasama Asuransi

Kemudian, kamu perlu menanyakan apakah fasilitas kesehatan yang dipilih menawarkan atau bekerjasama dengan program asuransi. Beberapa fasilitas kesehatan menawarkan program subsidi atau bekerja sama dengan pihak asuransi agar bisa membantu kamu mengurangi biaya operasi.

4. Menyiapkan Uang Muka yang Cukup

Beberapa fasilitas kesehatan umumnya meminta uang muka atau deposit sebelum operasi dilakukan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk kamu menyiapkannya terlebih dahulu.

Ketahui Biaya Operasi Tulang Panggul Sebelum Memutuskan Tindakan Operasi

Demikianlah informasi seputar biaya operasi tulang panggul, faktor yang mempengaruhi biaya, serta tips mengetahui besaran biaya. Jika kamu maupun orang terdekat hendak melakukan operasi panggul, maka sebaiknya mengetahui informasi biaya dan prosedurnya terlebih dahulu.

Sebab, operasi tulang panggul merupakan jenis operasi besar dengan biaya yang juga tidak murah. Oleh karena itu, dengan mengetahui biaya operasi tulang panggul kamu bisa menyiapkan dana yang diperlukan atau memanfaatkan layanan asuransi kesehatan.