10 Cara Ampuh Agar Rumah Bebas Semut

Indonesia tengah mengalami musim kemarau panjang yang mengakibatkan kenaikan temperatur di permukaan Bumi. Akibatnya, suhu terasa sangat panas dan mengakibatkan deretan masalah lainnya, seperti kekeringan dan polusi.

Selain masalah itu, ada satu fenomena yang juga terjadi akibat kenaikan suhu di tanah. Sadar atau tidak, semut menjadi berpindah tempat untuk mencari tempat yang lebih sejuk. Kamu pasti sudah tahu bahwa semut mendirikan rumah untuk koloni mereka di dalam tanah. Namun, cuaca panas membuat mereka harus mencari naungan baru yang bisa dijadikan tempat tinggal.

Semut-semut akan mencari tempat lain, salah satunya masuk ke dalam rumah. Meski ukurannya kecil, semut-semut ini bisa melubangi dinding dan ubin untuk membuat tempat tinggal baru untuk berkembang biak. Apalagi jika rumah yang menjadi tempat tinggal baru semut memiliki makanan yang banyak. Sudah pasti koloni semut akan betah dan hilir mudik untuk mencari makanan, bisa dari sisa makanan atau sumber lainnya.

Sebagai penghuni rumah, tentu kamu akan merasa terganggu dengan kehadiran semut-semut ini. Pasalnya, selain dapat merusak bangunan rumah, semut-semut ini mampu membuat makanan dalam kemasan rusak karena dilubangi.

Cara Mengusir Semut Paling Ampuh

loader

Cara Mengusir Semut

Sebagai hama, semut sama mengganggunya dengan nyamuk. Mereka dapat merusak rumah, mengambil makanan, dan menggigit yang menyebabkan rasa gatal serta tidak nyaman pada tubuh.

Jika merasa kehadiran semut di rumah sudah mulai mengganggu, kamu dapat mencoba 10 cara ini yang ampuh membuat semut tak berkutik. Berikut penjelasan dan caranya.

  1. Jaga Kebersihan

    Semut memiliki indra penciuman yang tajam. Meski makanan masih dalam kemasan, mereka bisa melubangi dan mengambil makanan. Apalagi jika makanan diletakkan sembarangan atau tercecer, sudah pasti mudah mengundang semut.

    Untuk itu, cara pertama yang harus dilakukan adalah menyimpan makanan dengan benar dan segera bersihkan lantai atau meja jika ada makanan yang tumpah. Bersihkan meja makan dan tempat menyimpan makanan secara rutin.

  2. Campurkan Cuka dengan Air

    Cuka mengandung asam asetat yang dapat mengganggu indra penciuman semut. Campurkan cuka dengan sedikit air ke dalam botol penyemprot agar lebih mudah dipakai.

    Selanjutnya, semprotkan ke jalur atau area yang sering dilewati semut. Meski dengan bahan sederhana, campuran cuka dan semut sangat ampuh untuk menghalau semut masuk ke dalam rumah.

  3. Serbuk Kapur

    Kapur mengandung kalsium karbonat yang dapat merusak kerangka atau lapisan terluar dari tubuh semut. Jika terkena, sudah pasti semut tidak bisa kabur dan akan mati.

    Kamu bisa langsung membuat garis dari kapur di jalan semut atau tempat yang sering dilewati. Bisa juga dengan menghancurkannya dulu menjadi bubuk dan taburkan ke sarang semut.

  4. Tanam Kemangi

    Kemangi memiliki wangi yang khas dan menyengat. Kedua hal ini sangat tidak disukai nyamuk. Alasannya, karena dapat mengganggu sistem komunikasi dan navigasi semut kepada rekan-rekannya.

    Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menanam kemangi di sekitaran area dapur, tempat yang sering dijelajahi semut. Bisa juga dengan menebar beberapa helai daun kemangi di jalan yang sering dilewati oleh semut aakagar mereka tidak jadi masuk.

  5. Bubuk Cabe

    Selain kemangi, bahan memasak yang juga ampuh untuk mengusir semut adalah cabe. Aroma cabe yang menyengat dan khas. Namun, alih-alih menggunakan cabe segar, pakailah bubuk cabe karena baunya akan lebih kuat.

    Caranya, taburkan bubuk cabe di area yang sering dilewati semut. Dijamin, semut tidak akan mau lewat karena bau pedas dan sensasi yang panas

  6. Minyak Kayu Putih

    Kamu mungkin mengenal minyak kayu putih sebagai obat ketika tidak enak badan. Ternyata, minyak kayu putih juga ampuh untuk mengusir semut.

    Cukup tuangkan sedikit ke jalur atau ke sarang semut, mereka akan segera kabut setelah beberapa menit. Kamu juga bisa mengoleskan minyak kayu putih ke kaki meja atau kursi agar semut tidak bisa mendekat ke makanan yang ada di meja.

  7. Tutup Jalur Keluar-Masuk Semut

    Semut dapat membuat jalur keluar-masuk di lantai atau kusen di dinding. Coba kamu tutup aksesnya, seperti menggunakan semen atau lem kayu.

    Jika jalur keluar-masuk sudah tertutup, semut tidak akan dengan mudah masuk ke area rumah. Awasi jika semut membuat jalur baru. Kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

  8. Gunakan Bubuk Kopi

    Sama seperti cabai dan kemangi, kopi juga memiliki aroma khas yang tajam. Taburkan kopi ke area yang sering dilewati atau sarang semut agar tidak bisa masuk ke rumah. Meski membutuhkan jumlah kopi yang banyak dan waktu yang lama, efektivitasnya cukup besar. Jangan lupa dicoba, ya.

  9. Baking Soda

    Semut memiliki semacam pelindung tubuh yang terbuat dari senyawa kimia alami. Nah, baking soda dapat mengganggu keseimbangan kimia pada semut sehingga mereka enggan untuk masuk ke area rumah.

    Sebar baking soda ke tempat yang sering dilewati oleh semut. Tunggu sekitar 5 menit dan kamu akan melihat semut tidak akan mau melewati baking soda.

  10. Racun Semut

    Jika cara alam tidak berhasil, kamu dapat segera menggunakan racun semut yang dijual di pasaran. Racun semut ada yang berbentuk bubuk dan cairan yang bisa langsung disemprot.

    Hati-hati jika menggunakan racun semut karena dapat berbahaya kalau sampai terkena mata. Baca dengan baik petunjuk penggunaan racun semut agar lebih efektif.

Cegah Semut Masuk ke Dalam Rumah

Terlepas dari perannya dalam ekosistem, semut dapat mengganggu kehidupan manusia jika sudah mulai merusak. Untuk itu, kamu bisa langsung melakukan tindakan pencegahan agar semut tidak dapat masuk ke dalam rumah.

Hal yang paling penting dilakukan untuk mencegah semut datang ke rumah adalah dengan menjaga kebersihan. Jika semut terlanjur membuat sarang di area rumah, kamu dapat melakukan cara-cara di atas. Selamat mencoba!