Gadai HP di Pegadaian: Keuntungan, Syarat, Bunga dan Caranya

Gadai hp di Pegadaian jadi salah satu solusi yang bisa diambil ketika membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat. Selama puluhan tahun belakangan ini, Pegadaian memang menjadi pusat gadai yang selalu bisa diandalkan oleh masyarakat di seluruh Indonesia. 

Jika membutuhkan tempat gadai hp terdekat, maka segera saja kunjungi kantor cabang Pegadaian yang bisa menerima gadai berbagai perangkat elektronik sekaligus. Sebagai pusat gadai terdekat, perusahaan BUMN ini akan memberikan layanan terbaik dan mudah bagi masyarakat yang membutuhkan dana tunai. 

Bingung cari pinjaman yang tepat? Cermati solusinya!

Bandingkan Pinjaman Kilat Terbaik Sekarang!  

Apa Saja Keuntungan Gadai Hp di Pegadaian

loader

Pada dasarnya, ada banyak layanan gadai hp terdekat yang bisa menerima gadai berbagai macam merek hp sekaligus. Namun berbagai layanan ini tentu tidak bisa dijamin keamanan dan juga kelancaran prosesnya, sehingga memiliki risiko yang lebih tinggi bagi para penggunanya. 

Jika sewaktu-waktu membutuhkan layanan pusat gadai, maka pastikan untuk langsung mendatangi Pegadaian terdekat saja. Menjadi pusat gadai terdekat yang terpercaya, Pegadaian memang bisa memberikan banyak keuntungan bagi para nasabahnya. 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari layanan gadai hp di Pegadaian: 

1. Akses yang Mudah 

Layanan gadai hp ini bisa ditemukan di semua kantor cabang Pegadaian yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini akan memudahkan masyarakat untuk mengakses pinjaman yang mereka butuhkan dengan cepat, kapanpun mereka menginginkannya.

2. Proses Pengajuan yang Mudah 

Selain akses yang mudah, gadai hp ini juga menawarkan proses pengajuan yang mudah bagi setiap nasabah. Cukup lengkapi semua syarat yang diminta dan datangi kantor cabang Pegadaian terdekat, maka pinjaman akan bisa segera diproses dan dicairkan.

3. Bisa Dicicil dan Dilunasi secara Fleksibel

Pinjaman yang didapatkan dari gadai hp di Pegadaian bisa dicicil dengan fleksibel, sesuai dengan kemampuan nasabah. Bukan hanya itu saja, nasabah juga bisa melakukan pelunasan sebelum pinjaman tersebut jatuh tempo.

4. Bisa Diperpanjang Berulang Kali 

Jika nasabah belum memiliki dana untuk melunasi pinjaman, maka yang bersangkutan bisa memperpanjang masa pinjaman hingga berulang kali, tentunya setelah membayar biaya bunga dan biaya administrasi pinjaman tersebut (melakukan perpanjangan).

5. Barang Agunan Aman serta Diasuransikan

Nasabah tidak perlu mengkhawatirkan keamanan hp yang dijaminkan, sebab Pegadaian menjamin keamanan barang tersebut selama dalam proses gadai. Selain itu, barang jaminan ini juga akan diberikan perlindungan asuransi. 

6. Menyediakan Banyak Fitur Pembayaran 

Demi kemudahan nasabah dalam melakukan transaksi, Pegadaian juga menyediakan banyak layanan pembayaran untuk cicilan gadai hp ini. Nasabah bisa memilih layanan pembayaran yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. 

Baca Juga: Temukan Pegadaian Terdekat dengan Cara Ini!

Apa saja Syarat Gadai Hp di Pegadaian?

Sebagai pusat gadai terdekat, Pegadaian tentu memiliki sejumlah syarat pengajuan untuk gadai hp terdekat. Ini merupakan hal yang wajar, mengingat pegadaian telah menjadi pusat gadai sejak lama dan menangani jutaan masyarakat setiap bulannya.

Para calon nasabah yang akan menggunakan layanan gadai hp dari Pegadaian tidak perlu khawatir, sebab perusahaan ini hanya menerapkan sejumlah syarat yang mudah untuk mengakses layanan mereka. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan ini dengan baik, agar proses gadai hp bisa berjalan lancar. 

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi saat akan gadai hp di Pegadaian pusat gadai terdekat: 

  • Memiliki dan membawa KTP/ Paspor yang masih berlaku. 
  • Hp yang akan dijadikan jaminan harus dalam kondisi yang masih baik dan tahun produksinya masih dalam/ kurang dari 1 tahun ke belakang. 
  • Hp masih memiliki kardus dan charger.
  • Mengisi lengkap formulir pengajuan gadai. 

Hampir sama seperti ketika melakukan gadai hp terdekat di perusahaan lain, calon nasabah yang akan melakukan gadai hp di pusat gadai Pegadaian juga wajib memenuhi semua syarat di atas sejak awal, sebelum mendatangi Pegadaian untuk melakukan proses gadai tersebut. 

Berapa Bunga Pinjaman Gadai Hp di Pegadaian?

Berikut ini adalah rincian biaya bunga/ tarif  sewa modal yang diterapkan di Pegadaian pusat gadai terdekat:

  • Pinjaman sebesar Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu, dikenakan tarif sewa modal sebesar 0,75%.
  • Pinjaman yang nilainya lebih dari Rp 550 ribu sampai Rp 5 juta, dikenakan tarif sewa modal sebesar 1,15%.
  • Pinjaman yang nilainya lebih dari Rp 5,1 juta sampai Rp 20 juta, dikenakan tarif sewa modal sebesar 1,15%.
  • Pinjaman yang nilainya lebih dari Rp 20 juta, dikenakan tarif sewa modal sebesar 1,15%.

Perhitungan biaya untuk sewa modal di atas adalah untuk per 15 hari, sejak dana pinjaman diserahkan kepada nasabah yang bersangkutan. Sedangkan tenor pinjaman untuk gadai emas adalah maksimal 120 hari, namun bisa diperpanjang dengan cara membayarkan biaya sewa modalnya saja atau melakukan pengangsuran sebagian pinjaman. 

Nasabah bisa melakukan pelunasan pinjaman ini setiap saat. Pelunasan ini akan dihitung sesuai dengan nilai pinjaman ditambah biaya sewa modal sampai waktu pelunasan/ yang telah berjalan. 

Baca Juga: Mengenal Tabungan Emas Pegadaian yang Banyak Peminatnya

Cara Gadai HP di Pegadaian

Akses yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa Pegadaian sering dianggap sebagai pusat gadai yang paling tepat oleh masyarakat luas. Cabang perusahaan BUMN ini tersebar di seluruh tanah air dan bahkan sudah lebih dari 4.000 kantor cabang, sehingga mudah untuk dijangkau.

Selain itu, Pegadaian juga sudah meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital beberapa tahun yang lalu. Aplikasi yang satu ini memungkinkan nasabah pegadaian mengakses berbagai layanan perusahaan tersebut dengan lebih mudah, termasuk ketika mereka ingin melakukan gadai hp terdekat secara online. 

Berikut ini adalah cara gadai hp di Pegadaian yang mudah dan bisa dilakukan dengan cepat: 

Gadai Hp Melalui Kantor Cabang Pegadaian
  • Kunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat dengan membawa serta semua persyaratan yang dibutuhkan untuk proses gadai ini. 
  • Isi formulir pengajuan gadai dengan data diri dan detail hp yang akan dijadikan sebagai jaminan gadai. Jangan lupa untuk menyertakan fotokopi KTP/ Paspor sebagai identitas diri. 
  • Serahkan hp sebagai jaminan kepada petugas. 
  • Petugas akan melakukan pemeriksaan dan penaksiran harga hp yang dijadikan sebagai barang jaminan. 
  • Jika pemeriksaan jaminan sudah selesai, petugas akan langsung menentukan besaran pinjaman yang bisa didapatkan. Jumlah pinjaman ini bisa saja kurang dari nominal yang sudah ditentukan petugas, namun tidak bisa lebih besar dari jumlah tersebut. 
  • Setelah menyetujui nominal pinjaman, tandatangani Surat Bukti Gadai (SBG) sebagai bukti persetujuan atas pengajuan pinjaman tersebut. 
  • Dana pinjaman bisa diterima dalam bentuk tunai atau ditransfer melalui layanan rekening bank oleh petugas, sesuai dengan permintaan nasabah.

Penting untuk menyimpan SBG dengan baik, sebab dokumen ini akan dibutuhkan ketika akan melakukan pembayaran angsuran/perpanjangan dan juga pelunasan utang pinjaman tersebut di masa yang akan datang. 

Gadai Hp Melalui Layanan Pegadaian Digital
  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital lewat smartphone
  • Buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan cara melengkapi semua data yang diminta secara lengkap. 
  • Loginlah ke aplikasi menggunakan akun yang sudah diaktifkan tersebut. 
  • Pilih menu, “Gadai” yang ada pada halaman utama. 
  • Pilih menu, “Booking Service” 
  • Pilih jenis barang yang akan digadai, lalu lengkapi semua data terkait barang jaminan tersebut. 
  • Tunggu hingga pengajuan gadai diverifikasi dan petugas mengkonfirmasi plafon pinjaman.
  • Jika sudah menentukan limit, pilih kantor cabang pegadaian terdekat untuk proses penyerahan jaminan. 
  • Pilih tanggal dan waktu kedatangan.
  • Unggah foto barang jaminan yang akan digadaikan. 
  • Kunjungi kantor Pegadaian terdekat sesuai dengan jadwal di atas dan serahkan jaminan kepada petugas.
  • Uang pinjaman bisa diterima dalam bentuk tunai maupun menggunakan layanan transfer bank.

Pahami Syarat Gadai Hp di Pegadaian dengan Baik 

Pegadaian merupakan salah satu pusat gadai yang memungkinkan masyarakat menggadaikan berbagai barang, termasuk hp. Namun sebagaimana perusahaan gadai lainnya, Pegadaian juga menerapkan sejumlah persyaratan untuk pengajuan gadai ini. Pahami semua syarat dan cara pengajuan gadai hp ini dengan baik, agar proses gadai hp bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Mengenal Produk Pegadaian Syariah dan UPS di Wilayah Jakarta