Ingin Liburan ke Hong Kong? Jangan Lupa Bawa 6 Barang Ini, Ya!

Dalam beberapa waktu terakhir marak istilah healing di media sosial. Secara harfiah, healing adalah suatu bentuk proses penyembuhan diri. Namun, dalam media sosial healing merupakan kegiatan melepaskan penat karena rutinitas sehari-hari dengan tujuan menyenangkan diri. 

Bentuk dari healing-pun bermacam-macam. Ada yang dengan melakukan shopping, membeli makanan favorit, atau bahkan dengan travelling baik di dalam negeri maupun luar negeri. Semua bebas dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tiap orang. 

Berbicara mengenai destinasi liburan luar negeri, Asia memiliki banyak negara yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Hong Kong. Negara ini menjadi destinasi favorit karena wisata kulinernya yang beragam. Selain itu, Hong Kong yang bisa dikunjungi tanpa perlu menggunakan visa menjadikan negara ini sering dijadikan pilihan untuk berlibur. 

Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Hong Kong, ada beberapa barang yang tak boleh lupa untuk dibawa. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Barang yang Wajib Dibawa Saat Liburan ke Hong Kong

loader  

Memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan tentu menjadi keinginan banyak orang. Apalagi jika destinasi yang dituju merupakan tempat atau negara yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Sudah pasti menginginkan pengalaman yang berkesan dan tak mudah dilupakan.

Ini juga berlaku jika kamu hendak mengunjungi Hong Kong untuk pertama kali. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar liburan berjalan lancar. Di antara persiapan tersebut adalah membawa beberapa barang yang sifatnya penting selama berada di negara tujuan, yaitu:

  1. Asuransi Perjalanan

    Saat melakukan travelling ke luar negeri, keselamatan dan kesehatan menjadi hal yang patut diprioritaskan. Dengan terjaminnya dua hal tersebut, tentu membuat liburan menjadi lebih tenang dan nyaman. 

    Untuk mewujudkannya, ada baiknya membeli asuransi perjalanan sebelum pergi berlibur ke luar negeri. Cara ini juga dipercaya bisa mengurangi sedikit rasa khawatir, baik ketika hendak berangkat, saat berada di luar negeri, sampai kembali lagi ke dalam negeri.

    Asuransi perjalanan ini bisa dibeli secara offline dari agen atau secara online. Jika kamu bepergian ke Hong Kong, pastikan menuliskan destinasi Hong Kong saat membeli asuransi perjalanan. Pasalnya, beda negara tujuan, beda pula harganya.

    Memang asuransi perjalanan bersifat sukarela. Namun, pada beberapa negara asuransi perjalanan menjadi syarat wajib bagi setiap pengunjung yang datang. Jadi, lebih baik membeli asuransi perjalanan agar selama liburan tetap merasa aman.

  2. Adaptor Colokan

    Saat travelling ke luar negeri, salah satu barang penting yang wajib dibawa adalah smartphone. Selain untuk keep in touch dengan keluarga, bisa juga digunakan untuk mengabadikan momen selama berada di luar negeri.

    Namun perlu diperhatikan juga untuk aksesori smartphone yang harus dibawa, seperti adaptor colokan. Pasalnya, tidak semua negara punya tipe colokan yang sama dengan yang ada di Indonesia.

    Jika kamu pergi berlibur ke Hong Kong, kamu akan menemui colokan tipe G yang mempunyai 3 cabang, 1 cabang atas vertikal dan 2 cabang bawah horizontal. Ini tentu berbeda dengan Indonesia yang hanya ada 2 cabang. Jadi, jika tak membawa adaptor colokan, kamu harus repot mencari yang sesuai dan terhambat untuk mengisi daya ponsel. 

  3. Power Bank

    Saat berlibur ke Hong Kong pastinya kamu ingin mengabadikan momen dengan HP. Akan tetapi tentu saja baterai akan terkuras, maka dari itu membawa power bank itu sangat penting. Power bank akan membantu kamu mengisi baterai HP sambil jalan-jalan. Tidak perlu repot mencari stopkontak bukan?

  4. Mata Uang Hong Kong

    Setiap negara pasti mempunyai mata uangnya sendiri. Jika di Indonesia adalah Rupiah (Rp), mata uang Hong Kong adalah Hong Kong Dollar (HKD). Nah, untuk memudahkan transaksi selama di Hong Kong, ada baiknya melakukan penukaran mata uang terlebih dahulu sebelum berangkat ke Hong Kong.

    Kamu bisa melakukan penukaran di money changer di Indonesia. Jika tidak sempat melakukan penukaran, bisa melakukannya di bandara Hong Kong. Namun, biasanya kurs yang ditawarkan lebih tinggi.

    Sebaiknya, jangan menukarkan uang dalam jumlah pas. Ada baiknya melebihkan uang yang ditukar sebagai langkah antisipasi kekurangan uang selama berada di Hong Kong. 

  5. Dompet Ukuran Besar 

    Selain uang, barang yang perlu dibawa saat pergi ke luar negeri adalah paspor dan beberapa kartu penting lain. Ada baiknya membawa dompet yang berukuran besar dan berbentuk lurus tanpa dilipat. Ini akan lebih memudahkan penyimpanan agar dokumen penting yang diperlukan tersebut tidak tercecer dan risiko hilang.

    Manfaat lain dari membawa dompet besar ini adalah agar uang yang kamu bawa tetap dalam kondisi yang baik. Sebab, kondisi uang dapat memengaruhi nilai tukar uang. Misal, jika uang kusut, terlipat, atau bahkan robek, nilai tukarnya akan turun. 

    Agar lebih aman, lebih baik jika dompet dilengkapi dengan teknologi RFID. Hal ini karena metode pembayaran dengan kartu hanya bisa melalui tap (sentuhan) saja sehingga banyak terjadi tindak kejahatan pencurian uang melalui tap kartu terutama di keramaian.

  6. Botol Minum

    Harga air mineral di Hong Kong bisa dua atau tiga kali lipat lebih mahal daripada di Indonesia. Jika di Indonesia harga air kemasan 600ml seharga Rp5000, di Hong Kong dibanderol dengan harga sekitar Rp14.000 sampai dengan Rp20.000.

    Untuk itu, akan sangat disarankan membawa botol minum dari rumah. Pasalnya, di Hong Kong sudah disediakan fasilitas tap water yang gratis dan bisa langsung diminum. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat biaya untuk kebutuhan air mineral.

Buat Rencana Perjalanan yang Tepat agar Liburan Lebih Berkesan

loader

Itulah beberapa hal penting yang wajib di bawa saat berlibur ke Hong Kong. Namun, agar perjalananmu lebih aman dan berkesan, ada baiknya membuat rencana perjalanan sebelum berangkat. Cara ini akan sangat membantu dalam pengelolaan waktu dan destinasi liburan yang berkualitas. 

Tentukan tempat mana saja yang akan dikunjungi. Cari tahu pula mengenai hal-hal yang patut dicoba atau dibeli agar tak merugi. Jangan lupa juga untuk membuat budget planning agar kantong tak jebol saat sedang liburan, ya.