Mengenal Tabungan Bisnis dan Manfaatnya, Pengusaha Wajib Tahu!

Ada baiknya pengelolaan keuangan bisnis atau perusahaan dipisah dari keuangan pribadi. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan dana bisnis demi kepentingan pribadi hingga mengakibatkan kerugian.

Oleh sebab itu, memiliki rekening yang secara khusus dibuat untuk tabungan bisnis sangatlah penting. Ini merupakan cara profesional dalam mengelola keuangan bisnis, baik itu bisnis skala mikro hingga skala besar.

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi Dan Bisnis Beserta Cara Memisahkannya

Manfaat Tabungan Bisnis

loader

Manfaat Tabungan Bisnis

1. Finansial Jadi Lebih Terkontrol

Manfaat pertama dari tabungan bisnis adalah sebagai wadah yang membuat keuangan bisnis lebih terkontrol. Di mana, wadah tersebut terus digunakan untuk merekam riwayat keuangan bisnis dari awal terbentuknya. Selain itu, melalui wadah ini kamu juga dapat melihat rincian arus pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis.

Dengan begitu, kamu pun bisa menilai bagaimana kondisi kesehatan keuangan dari bisnis tersebut. Apakah masih stabil, mulai terjadi guncangan, atau justru tengah sakit karena pengeluaran selalu lebih besar ketimbang pemasukan?

Sehingga, langkah perbaikan bisa dilakukan dengan lebih cepat, antara lain: 

  • Melakukan pemangkasan beberapa pos pengeluaran yang masih dapat ditunda.
  • Melakukan penghematan dengan membeli sesuatu yang memang jadi prioritas utama.
  • dan masih banyak lagi.

2. Bisnis Bisa Mendapat Pengakuan

Ternyata dengan tabungan bisnis, sebuah usaha atau perusahaan bisa lebih diakui oleh pihak lain, misalnya dari masyarakat, investor, perbankan, dan masih banyak lagi. Ketika ada kepentingan bisnis yang menyangkut finansial, rekening khusus bisnislah yang seharusnya digunakan. 

Selain itu, nama yang tertera di akun rekening tabungan khusus bisnis tersebut juga bukan menggunakan nama pribadi, meski skala bisnis masih termasuk UKM. Dengan begitu, bisnis akan mendapatkan kepercayaan lebih.

3. Jalan Keluar di Masa Sulit

Setiap bisnis, pasti mengalami pasang surut. Mustahil jika penjualan akan selalu ramai, omset tinggi, dan keuntungan terus menanjak naik.

Pasti ada kalanya penjualan sepi, omset turun, dan keuntungan tak sebanyak biasanya. Sebagaimana saat masa pandemi berlangsung beberapa waktu yang lalu, banyak bisnis (kecil hingga besar) susah payah bertahan.

Tabungan bisnis dapat menjadi penyelamat ketika berada di kondisi sulit semacam itu. Pasalnya, tabungan bisnis juga merupakan tempat untuk menyiapkan dana darurat khusus untuk pengelolaan bisnis.

Idealnya, dana darurat bisnis disiapkan minimal tiga kali dari anggaran pengeluaran bulanan dari bisnis tersebut. Sehingga, dana darurat yang terkumpul nantinya dapat dimanfaatkan untuk menghadapi situasi buruk yang kapan saja bisa terjadi.

4. Pengajuan Pinjaman Modal Usaha di Bank Lebih Mudah

Biasanya, bank mensyaratkan pengajuan pinjaman modal usaha dengan menyertakan rekening koran atau tabungan. Jika persyaratan ini tak dipenuhi, kemungkinan besar pengajuan pinjaman akan ditolak.

Dengan memiliki tabungan bisnis, ini akan memudahkan pihak bank untuk melihat bagaimana kondisi keuangan bisnis selama ini. Jika kondisi keuangan sehat, maka peluang untuk mendapatkan pinjaman modal usaha akan lebih besar. Begitu pula sebaliknya.

5. Mudah Menarik Investor

Tabungan bisnis juga bisa digunakan untuk menarik investor menanamkan modalnya di bisnis kamu, lho. Pasalnya, rekening tersebut juga termasuk dalam laporan keuangan sederhana bisnis. Calon investor bisa melihat bagaimana pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis dengan lebih rinci.

6. Dapat Digunakan untuk Menambah Aset

Ingin menambah aset yang bisa mendukung pengembangan bisnis? Maka, tabungan bisnis akan sangat membantu. Misalnya saja, membeli kendaraan, mesin untuk produksi, ruko, atau bahkan gedung baru.

Bagaimana bisa? Tabungan bisnis membantu mengatur pengelolaan keuangan bisnis dengan lebih baik. Misalnya, tidak tercampur dengan keuangan pribadi. Sehingga, alur antara keuntungannya lebih jelas.

7. Bekal Ekspansi Bisnis

Dari berbagai kegiatan usaha yang dilakukan, tentu ada keuntungan yang diperoleh, bukan? Nah, tabungan bisnis bisa digunakan sebagai wadah untuk menampung semua keuntungan tersebut.

Selanjutnya dana yang sudah masuk bisa diputar kembali untuk mendukung rencana ekspansi bisnis. Misalnya, buka cabang baru, membeli toko atau mengakuisisi perusahaan lain, meningkatkan target market, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah Perbedaan antara Giro dan Tabungan

Tunggu Apa Lagi? Yuk Buat Tabungan Khusus untuk Bisnis, Sekarang!

Apapun model bisnis yang saat ini sedang dijalankan, ada baiknya untuk mulai memikirkan soal tabungan bisnis. Sehingga, urusan keuangan yang berkaitan dengan bisnis tak lagi amburadul dan terkelola secara maksimal.

Keuangan bisnis jadi aman, dan tidak tercampur dengan masalah pribadi yang kerap mengganggu kestabilan bisnis. Jangan lupa, sesuaikan tabungan bisnis dengan jenis bisnis yang dimiliki. Termasuk menyesuaikan kemampuan finansialnya, seperti setoran bulanan, biaya bunga dan admin, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Tabungan Di Indonesia Ini Agar Tidak Salah Pilih