Menarik! 7 Negara Ini Bisa Dikunjungi Tanpa Visa, Lho!

Pergi berlibur bersama orang-orang tersayang adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika destinasi yang dituju menawarkan banyak obyek wisata yang menarik. Sudah pasti menjadi pengalaman yang berkesan, kan?

Nah, agar tak melulu berwisata di dalam negeri, mungkin sesekali kamu perlu mencoba destinasi liburan di luar negeri. Selain menambah pengalaman, ada cukup banyak obyek wisata di luar negeri yang patut dicoba dan tidak ada di Indonesia. Dengan begitu, liburan akan makin seru dan tak terlupakan.

Namun, selain biayanya yang cukup besar, alasan lain mengapa seseorang enggan berlibur ke luar negeri adalah pengurusan dokumennya yang cukup ‘ribet’. Tak hanya paspor, beberapa negara juga mewajibkan pengunjungnya memiliki visa kunjungan.

Tapi, tenang, masih ada beberapa negara yang membebaskan setiap orang yang datang tanpa membawa visa, lho. Jadi, kamu bebas datang kapan pun untuk berlibur. Negara mana saja itu? Berikut ulasannya.

Baca juga: Deretan Negara Murah ini Cocok Jadi Tujuan Traveling Ketika Inflasi

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

WNI Bebas Berkunjung ke Negara ini Tanpa Visa

Sebagai dokumen yang harus dibawa saat ke luar negeri, pengurusan visa memang tak selalu berjalan mulus. Bukan tanpa alasan, tetapi beberapa negara begitu ketat menyeleksi setiap pengujung negaranya dengan alasan keamanan. Belum lagi approval visa juga membutuhkan waktu yang tak sebentar, jadi pengajuannya pun juga dari jauh-jauh hari.

Tapi, kamu tak perlu khawatir karena beberapa negara justru tak mewajibkan pengunjungnya memiliki visa, lho. Ini tentu menarik karena kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif destinasi berlibur. Di antara negara tersebut, yaitu:

  1. Hong Kong

    loader

    Hong Kong

    Negara pertama yang tidak mewajibkan pengunjungnya membawa visa adalah Hong Kong. Negara yang tergabung dalam Republik Rakyat Tiongkok ini memberikan kebebasan bagi siapapun untuk berkunjung. Apalagi bagi WNI, ada fasilitas bebas visa selama 30 hari, lho.

    Jangan khawatir, meskipun Hong Kong adalah negara yang cukup kecil, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Apalagi ragam kuliner dan budaya Hong Kong yang sangat beragam, membuat negara ini tak pernah sepi peminat.

  2. Jepang

    loader

    Jepang

    Jepang memang selalu menawarkan keindahan dan keberagaman yang begitu menarik hati. Tak heran jika banyak yang menjadikan negeri sakura ini sebagai salah satu ‘wishlist’ negara yang harus dikunjungi.

    Kabar baiknya, sejak 2015 Jepang sudah membebaskan pengunjungnya tanpa visa. Bahkan, ada kebijakan yang menyebutkan bahwa wisatawan yang datang ke Jepang diberikan waktu maksimal 15 hari tanpa visa selama memegang paspor elektronik. Menarik, kan?

  3. Maldives

    loader

    Maldives

    Destinasi selanjutnya yang memiliki cukup banyak peminatnya adalah Maldives. Keindahan resort dan pantainya selalu berhasil memikat siapa pun yang datang ke sana. Apalagi bagi warga Asia, termasuk Indonesia, negara cantik ini masih berada di benua yang sama, tepatnya di sebelah selatan Asia.

    Maldives ternyata memberikan kebebasan bagi para pengunjungnya untuk datang tanpa visa. Bahkan, bagi WNI yang ingin berlibur di Maldives, ada kesempatan maksimal 30 hari untuk berlibur tanpa perlu khawatir soal visa.

  4. Makau

    loader

    Makau

    Selain Hong Kong, ada lagi negara bagian Republik Rakyat Tiongkok yang tak mewajibkan pengunjungnya memiliki visa, yaitu Makau. Negara yang dikenal dengan sebutan ‘Las Vegas of Asia’ ini patut menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Pasalnya, Makau menawarkan begitu banyak ragam budaya, keindahan alam, hingga hiburan malam.

    Mengunjungi Makau membuat kamu merasakan perpaduan unik dari budaya Asia-Eropa. Belum lagi bangunan arsitektur Makau masih sangat kental dengan budaya Portugis yang kokoh dan menarik sehingga bisa dijadikan obyek wisata yang wajib dikunjungi.

  5. Jeju Island

    loader

    Patung Ikonik di Pulau Jeju

    Pulau cantik yang menjadi bagian dari destinasi wisata di Korea Selatan ini juga sangat menarik untuk dikunjungi, lho. Pasalnya, Pulau Jejusering dijadikan sebagai latar tempat pembuatan drama Korea yang membuat banyak orang penasaran dengan kecantikan pulau ini, apalagi pemerintah setempat memberikan bebas visa bagi siapapun yang ingin berkunjung.

    Sayangnya, kamu tak bisa menuju pulau ini dengan mengambil penerbangan melalui Seoul, karena Korea Selatan mengharuskan wisatawan memiliki visa kunjungan. Jadi, kamu harus mengambil penerbangan melalui negara yang membebaskan visa, seperti Hong Kong atau Bangkok.

  6. Sebagian Negara Eropa

    loader

    Turkey, Negara di Eropa Tanpa Visa

    Pemerintah negara-negara Eropa memiliki kebijakan Visa Schengen, yaitu visa yang bisa digunakan untuk mengunjungi berbagai negara di Eropa dalam jangka waktu tertentu. Artinya, kamu hanya perlu mengurus satu visa meskipun destinasi yang dituju lebih dari satu negara. Itulah mengapa pengajuan visa ini memakan waktu yang tak sebentar pun biayanya juga tidak murah.

    Ternyata, Eropa juga memiliki kebijakan tersendiri bagi WNI yang ingin mengunjungi negara-negara Eropa tanpa menggunakan visa kunjungan. Di antara negara tersebut, yaitu Turki, Armenia, Kosovo, Serbia, Rusia, Kroasia, dan Belarus. Ini tentu bisa menjadi opsi lain jika kamu tak ingin ‘ribet’ mengurus Visa Schengen, lho.

  7. Sebagian Negara Amerika

    loader

    Peru, Negara di Amerika Tanpa Visa

    Siapa yang tak memiliki keinginan untuk mengunjungi Amerika? Negara-negara di benua ini selalu menarik untuk dikunjungi, terlebih Amerika Serikat dengan ragam sosial-budayanya yang maju dan modern. Sayangnya, untuk masuk ke negara-negara di Amerika, diharuskan memiliki visa kunjungan.

    Meskipun begitu, masih ada beberapa negara yang tak menerapkan kebijakan tersebut. Di antara negara tersebut yaitu, Saint Vincent Grenadine, Kuba, Bermuda, dan Peru. Meskipun tak semaju Amerika Serikat, negara tersebut tetap memiliki keunikan dan destinasi menarik tersendiri yang patut dicoba.

Baca juga: Kangen ke Luar Negeri? Berikut 10 Negara yang Bisa Jadi Pilihan Travelling WNI

Amankan Dokumen Pribadi Saat Berlibur ke Luar Negeri

Meskipun negara-negara di atas tak mewajibkan pengunjungnya memiliki visa, kamu tetap harus waspada, ya. Pastikan untuk mencari informasi terbaru terkait kelengkapan dokumen sebelum memutuskan untuk berangkat. Jangan lupa pula selalu membawa dan menyimpan dokumen penting, seperti paspor saat pergi ke luar negeri agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Jadi, negara mana yang akan kamu pilih untuk destinasi liburan berikutnya?