Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Bandarmasih

Kebutuhan air bersih untuk masyarakat Bandarmasih, Kalimantan Selatan, didistribusikan dengan baik oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Perusahaan ini sudah memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat sejak 1937. Saat itu, PDAM Bandarmasih masih bernama Water Leijding Hendrief. 

PDAM Bandarmasih merupakan bagian dari Dinas Usaha Pemerintah Kota Praja. Pada 1976, status perusahaan berubah menjadi PDAM Kotamadya Bandarmasih. 

Saat ini, cakupan PDAM Bandarmasih telah mencapai 99,9 persen ke 166.261 rumah. Untuk meningkatkan kualitas layanan, PDAM Bandarmasih melakukan proyek uprating, rehabilitasi, dan peningkatan kapasitas IPA II menjadi 1750 liter per detik dan pembangunan reservoir berkapasitas 10.000 meter kubik.

Selain meningkatkan kapasitas, PDAM Bandarmasih juga meningkatkan layanan kepada konsumen untuk memudahkan pengecekan tagihan, ganti meter, portal pengaduan, dan pembayaran online melalui website PDAM Bandarmasih di https://www.pambandarmasih.com/

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Cek Tagihan PDAM Bandarmasih

loader

Cek Tagihan PDAM Bandarmasih

Sebagai pelanggan yang baik, kamu harus menyelesaikan pembayaran tepat waktu. Hanya saja, terkadang pelanggan pernah lupa dan tidak tahu cara mengecek besaran tagihan yang harus dibayarkan. 

PDAM Bandarmasih telah menyediakan berbagai cara untuk mempermudah pelanggan dalam mengecek tagihan. Pelanggan bisa memilih datang langsung ke Kantor Pusat PDAM Bandarmasih atau dengan bantuan aplikasi dari smartphone. Berikut ulasannya cara mengecek tagihan PDAM Bandarmasih yang harus pelanggan ketahui.

  1. Datang langsung ke Kantor Pusat PDAM Bandarmasih 

    Kamu bisa datang langsung ke PDAM Bandarmasih yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kilometer 2,5 Nomor 12, Kebun Bunga. Jam layanan dibuka dari Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Sedangkan Jumat dan Sabtu, layanan PDAM Bandarmasih mulai pukul 07.30 hingga 11.00. 

    Jangan ragu meminta bantuan petugas jika membutuhkan informasi lebih lanjut, mulai dari masalah tagihan hingga laporan pengaduan. 

  2. Lewat website PDAM Bandarmasih

    Jika kamu tidak sempat datang langsung ke Kantor Pusat PDAM Bandarmasih, mengecek tagihan juga bisa dilakukan melalui website https://www.pambandarmasih.com/. Pilih menu "Layanan", lalu "Portal Layanan Pelanggan". 

    Selanjutnya, log in dengan menggunakan e-mail. Setelah masuk ke laman tersebut, kamu dapat melihat besaran tagihan PDAM Bandarmasih pada periode waktu tertentu.

  3. Melalui nomor telepon, email, dan WhatsApp

    Kamu juga bisa mengecek tagihan PDAM Bandarmasih melalui sambungan telepon pada nomor 0511-2352541. Selain lewat sambungan telepon, kamu juga bisa mendapatkan informasi tagihan melalui email contact@pambandarmasih.com

    Jika ingin mengecek lewat WhatsApp, kamu dapat mengirimkan format pesan terlebih dulu, yaitu Tagihan#Nomor Sambungan ke nomor 08111616186. Petugas PDAM Bandarmasih akan membalas pesan secara detail terkait tagihan yang harus dibayarkan. 

  4. Aplikasi PDAM Bandarmasih

    Mengecek tagihan juga bisa melalui aplikasi bernama PAM Bandarmasih. Berbeda dengan versi sebelumnya, PAM Bandarmasih hanya bisa digunakan untuk pengaduan. Kini, PAM Bandarmasih bisa digunakan untuk melihat tagihan dan informasi lainnya.

  5. Marketplace

    PDAM Bandarmasih telah bekerja sama dengan sejumlah marketplace untuk memudahkan pelanggan mengecek tagihan. Beberapa marketplace yang telah ditunjuk adalah Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. 

    Nah, itu dia cara mengecek tagihan PDAM Bandarmasih melalui berbagai metode. Catat nomor sambung atau ID Pelanggan untuk memudahkan pengecekan tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. 

    Baca Juga: Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Cara Bayar Tagihan PDAM Bandarmasih

loader

Bayar Tagihan PDAM Bandarmasih

Ada berbagai cara yang dapat kamu pilih untuk membayar tagihan PDAM Bandarmasih. Informasi pembayaran tagihan dan caranya dapat kamu temukan di situs resmi PDAM Bandarmasih. 

  1. Kantor PDAM Bandarmasih

    Kamu dapat datang langsung ke loket pembayaran yang tersedia di Kantor Pusat PDAM Bandarmasih yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 12. Jangan lupa bawa nomor pelanggan atau catatan tagihan jika ada.

  2. Bayar melalui e-commerce

    Pembayaran tagihan PDAM Bandarmasih memang lebih mudah dan praktis. Pertama, kamu harus mendaftarkan nomor pelanggan ke e-commerce yang akan dipergunakan.

    Selanjutnya, pilih “Top Up” atau “Bayar”, selesaikan transaksi. Lalu, kamu akan menerima notifikasi jika pembayaran telah berhasil. E-commerce dapat melayani pembayaran satu bulan rekening berjalan dan satu bulan tunggakan.

  3. Melalui ATM

    Kamu juga bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM Bandarmasih melalui bank yang telah ditunjuk. Adapun bank yang dapat dipilih untuk pembayaran via ATM adalah:

    • Bank Mandiri
    • BNI
    • Bank Kalsel
    • Permata Bank Syariah

    Caranya, kamu cukup mendatangi ATM bank di atas. Pilih “Pembayaran” dan masukan nomor sambung atau nomor pelanggan serta kode PDAM. Selesaikan pembayaran sesuai nominal yang tertera.

  4. Mobile banking

    Selain ATM, tagihan PDAM Bandarmasih dapat dibayar melalui mobile banking. Tentu kamu harus memiliki aplikasi bank yang akan dipakai terlebih dulu. Adapun bank yang menyediakan pembayaran tagihan PDAM Bandarmasih antara lain:

    • Mandiri
    • BNI
    • Mandiri Syariah
    • Bank Kalsel
    • Permata Bank Syariah 
  5. Internet Banking

    Pembayaran tagihan PDAM Bandarmasih juga dapat melalui internet banking. Adapun dua bank yang melayani sistem pembayaran in adalah Mandiri dan BNI. 

  6. Teller

    Kamu juga bisa membayar tagihan PDAM Bandarmasih dengan bantuan teller bank. Beberapa bank yang menerima pembayaran tagihan PDAM Bandarmasih adalah:

    • Bank Kalsel
    • Mandiri Syariah
    • Bank BTN
    • Permata Bank Syariah
    • Bank Muamalat

    Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM Bandarmasih. Tentukan pembayaran yang sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk membayarkan tagihan PDAM Bandarmasih tepat waktu agar tidak terkena denda.

Jenis Layanan PDAM Bandarmasih

Berdasarkan website, PDAM Bandarmasih menerima sejumlah layanan untuk pelanggan. Sejumlah layanan ini diberikan untuk memaksimalkan kualitas PDAM Bandarmasih kepada
masyarakat sekitar. 

Jenis layanan dihadirkan untuk mendorong kepuasan pelanggan atas kinerja PDAM Bandarmasih. Untuk itu, jika kamu memiliki masalah terkait distribusi air dan kendala lainnya, kamu dapat memanfaatkan layanan ini. Berikut beberapa layanan yang diberikan. oleh PDAM Bandarmasih. 

  1. Pemasangan baru

    Pemasangan meteran dapat diberikan kepada rumah pribadi, industri kecil dan besar, serta kelompok khusus. Besaran biaya pemasangan sambungan baru akan ditentukan setelah tim PDAM Bandarmasih melakukan survei lapangan. 

    Jika alamat pelanggan baru sudah ditentukan, departemen terkait akan langsung melakukan pemasangan dengan sistem One Day Service. Untuk pemasangan baru, dapat menghubungi WhatsApp Chat Center pada nomor 0811515146. 

  2. Mobil tangki

    PDAM Bandarmasih juga menyediakan layanan mobil tangki untuk pelanggan. Kapasitas mobil tangki yang disediakan juga beragam, mulai dari 3.100 meter kubik, 4.100 meter kubik, dan 5.100 meter kubik.

    Untuk pemesanan dan informasi mengenai tarif mobil tangki, pelanggan dapat menghubungi WhatsApp Chat Center PDAM Bandarmasih pada nomor 0811515146. Bisa juga dengan menghubungi nomor telepon PDAM Bandarmasih ke 05113252541.

  3. Pengaduan pelanggan

    Layanan PDAM Bandarmasih selanjutnya adalah Layanan Pelanggan Terpadu. Pelanggan bisa bertanya informasi seputar layanan dan melaporkan masalah terkait distribusi air bersih melalui telepon langsung ke nomor 05113252541. 

    Pelanggan juga bisa mengirimkan laporan gangguan dengan SMS ke nomor 0811515186. Bisa juga melalui email ke pengaduan@pambandarmasih.com dan media sosial Twitter  @pambjm_ serta Facebook PDAM Bandarmasih. 

    Itulah tiga layanan dari PDAM Bandarmasih yang diberikan oleh pelanggan. Jika kamu salah satu pelanggan PDAM Bandarmasih, jangan ragu untuk menggunakan layanan yang sudah disediakan ini, ya. 

Ketahui Informasi PDAM Bandarmasih Melalui Situs Resmi

Itulah informasi tentang PDAM Bandarmasih yang perlu kamu ketahui. Kamu dapat mengakses situs resmi PDAM Bandarmasih untuk mendapatkan informasi tentang tagihan, cara membayar, dan jenis layanan yang diberikan. 

Jangan lupa untuk selalu membayar tagihan PDAM Bandarmasih tepat waktu setiap bulannya. Jika kamu menemukan kendala pembayaran dan gangguan layanan, segera hubungi PDAM Bandarmasih untuk mendapatkan informasi dan layanan yang lebih baik.

Baca Juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi