Pelanggan PDAM Depok Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Saluran Air yang Mati

Pelanggan air minum PDAM kerap mengalami masalah penyaluran. Hal ini membuat pelanggan cukup panik, terlebih saat gangguan pada saluran menyebabkan air mati atau tidak keluar. Pasalnya, air bersih menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat untuk menunjang kegiatan sehari-hari, tak terkecuali untuk dikonsumsi sebagai air minum.

Seperti diketahui, PDAM yang dikelola oleh Sumber Daya Manusia (SDM) melalui suatu perusahaan dan pengendalian tertentu bisa mengalami masalah. Antara lain pemadaman bergilir yang kerap dialami pelanggan PDAM di berbagai daerah, termasuk pelanggan PDAM Depok.

Salah satu penyebab PDAM mati adalah curah hujan rendah sehingga menyebabkan kekeringan dan air surut. Namun, beberapa penyebab PDAM mati juga bisa terjadi diluar faktor cuaca. Di antaranya, pada waktu puncak pemakaian air secara bersamaan sehingga membuat saluran air mengecil bahkan mati.

Kemudian, adanya kebocoran pada pipa saluran air, pemeliharaan jaringan atau infrastruktur saluran, listrik yang padam, serta terdampak akibat pekerjaan proyek. Hal ini membuat penyaluran air PDAM mengalami masalah.

Lantas, bagaimana mengatasi masalah PDAM mati tersebut?

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Mengatasi PDAM Mati

Hampir semua daerah, termasuk Kota Depok kerap mengalami gangguan PDAM. Nah, tidak perlu panik dan bingung, kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi masalah PDAM mati. Berikut adalah cara mengatasi saluran air PDAM bagi pelanggan PDAM Depok.

  1. Menyiapkan penampungan air

    Saat mengalami masalah PDAM, seperti kebocoran pipa serta perbaikan infrastruktur. Kamu bisa mengatasi dengan menyiapkan cadangan air yang cukup untuk digunakan. Oleh karena itu, pelanggan PDAM Depok sebaiknya menyiapkan penampungan air dengan kapasitas besar.

    Pasalnya, saluran PDAM bisa sewaktu-waktu mengalami masalah, bahkan saat jam puncak pemakaian secara bersamaan. Nah, saat air mengalir dengan lancar. Kamu bisa menampung di ember besar bahkan toren air agar bisa mengalirkan air meski PDAM sedang bermasalah.

  2. Rutin memperhatikan infrastruktur

    Sebagaimana diketahui, PDAM dialirkan melalui pipa yang ditanam di tanah. Oleh sebab itu, risiko terjadinya kebocoran serta kerusakan akibat proyek sangat mungkin terjadi. Dengan demikian, kamu bisa memperhatikan infrastruktur, yakni pipa PDAM yang terhubung ke rumah kamu secara rutin.

    Kamu juga bisa mengecek kondisi keandalan meteran yang digunakan secara berkala. Kemudian saat dilakukan pengecekan rutin oleh petugas PDAM, pastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran.

  3. Meminta bantuan petugas PDAM

    Saat mengalami gangguan saluran air dan tidak kunjung membaik, hubungi petugas PDAM wilayah kamu untuk bantu mengecek dan memperbaiki jika terjadi kerusakan.

    Sebab, gangguan yang terjadi selama beberapa hari dapat menghambat aktivitas harian yang banyak menggunakan air.

    Itulah beberapa cara mengatasi PDAM mati. Sebagai langkah utama yang merupakan antisipasi, persiapkan penampungan air yang cukup. Nah, bagi pelanggan PDAM Depok atau PT Tirta Asasta Depok, pada artikel ini kamu bisa mengetahui cara mengecek serta membayar tagihan PDAM Depok.

Cek Tagihan PDAM Depok

loader

Cek Tagihan PDAM Depok

Mengecek tagihan PDAM Depok dapat dilakukan secara berkala untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan. Pengguna PDAM Depok bisa mengetahui tagihan perbulan yang harus dibayarkan melalui situs resmi PT Tirta Asasta Depok di https://tirtaasastadepok.co.id/.

Pertama-tama buka situs https://tirtaasastadepok.co.id/, lalu pilih menu ‘Informasi & Edukasi’. Kemudian, pilih dan klik menu ‘Simulasi Tagihan’. Nantinya akan muncul dua kolom yang perlu kamu isi. Pada kolom pertama, isi kategori langganan PDAM kamu. Di kolom kedua, isi total pemakaian dalam jumlah meter persegi (m3) yang bisa kamu baca pada mesin meter PDAM di rumah kamu.

Selanjutnya, klik kolom hitung dan akan muncul hasil simulasi perhitungan tagihan PDAM yang kamu gunakan bulan ini. Simulasi tagihan ini dapat membantu kamu mengontrol pemakaian air sehingga tidak menimbulkan tagihan membengkak di kemudian hari.

Tak hanya melalui situs resmi, kamu juga bisa cek tagihan PDAM Depok dari situs lain, seperti https://www.speedcash.co.id/tagihan-pdam/depok

Gimana, mudah kan mengecek tagihan PDAM Depok secara berkala? Bagi kamu masyarakat Kota Depok yang memanfaatkan layanan PDAM sebaiknya ikuti cara-cara di atas untuk mengetahui jumlah tagihan per bulan.

Baca juga: Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Cara Bayar Tagihan PDAM Depok

loader

Bayar Tagihan PDAM Depok

Hampir sama dengan layanan PDAM lain, PDAM Depok atau PT Tirta Asasta Depok juga menyediakan berbagai metode pembayaran yang dapat memudahkan pelanggan. Berikut adalah beberapa metode pembayaran tagihan PDAM Depok yang bisa kamu pilih.

  1. Perbankan

    Layanan perbankan yang bekerja sama dengan PDAM Depok, di antaranya adalah Bank Jawa Barat (BJB), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Central Asia (BCA), Mandiri, dan Bank Danamon. Untuk pembayaran secara perbankan ini bisa dilakukan melalui ATM, Teller, mobile banking, serta agen bayar yang bekerja sama dengan perbankan.

  2. Aplikasi Mobile

    Pembayaran tagihan PDAM Depok juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile, seperti Tokopedia, TrueMoney, dan onepays.id. Kemudahan pembayaran tagihan PDAM melalui aplikasi tersebut bisa kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja menggunakan smartphone.

  3. Perusahaan Kerja Sama

    PDAM Depok juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan pembayaran online, seperti Pos Indonesia, Arindo Corps, dan Magna Karya Mulya sebagai mitra bayar tagihan PDAM Depok. Kamu bisa mendatangi gerai terdekat dengan tempat tinggal kamu untuk membayar tagihan PDAM.

  4. Indomaret atau Alfamart

    Untuk lebih mudah, pembayaran tagihan PDAM Depok juga sudah bisa dibayarkan melalui minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart yang sudah hadir di berbagai wilayah di Indonesia. Nantinya petugas minimarket akan membantu pembayaran dengan meminta kamu menyebutkan nomor pelanggan PDAM. Petugas akan memberi tahu nominal tagihan dan kamu hanya perlu membayar sesuai jumlah tagihan.

Pentingnya Mengecek Tagihan PDAM

Pengguna PDAM Depok memang perlu memperhatikan tagihan per bulan. Sebab, kamu harus mengontrol pemakaian dengan jumlah tagihan. Terlebih saat ini mengecek tagihan PDAM sudah semakin mudah.

Ada beberapa manfaat mengecek tagihan PDAM secara berkala. Pertama, mencegah pembayaran yang tidak akurat. Dengan pengecekan berkala maka tagihan dapat terukur dengan baik sehingga tidak ada tagihan yang membesar di luar pemakaian. 

Kedua, menghindari keterlambatan pembayaran. Melalui pemeriksaan tagihan PDAM secara teratur, kamu bisa mengingat waktu jatuh tempo pembayaran. Hal ini juga membantu mencegah denda atau sanksi keterlambatan pembayaran PDAM.

Ketiga, mengontrol penggunaan air dengan mengetahui jumlah air yang digunakan setiap bulannya. Cara ini juga membantu kamu untuk sadar penggunaan air dan mencegah pemborosan atau efisiensi air. Keempat, Perencanaan anggaran dengan mengetahui tagihan PDAM secara teratur. Kamu dapat merencanakan anggaran rumah tangga dan memperkirakan pengeluaran bulanan.

Nah, itulah pentingnya mengecek tagihan PDAM secara berkala untuk memastikan dan mengontrol pemakaian. Adapun pengecekan tagihan PDAM Depok dan daerah lain pun kini sudah semakin mudah dilakukan melalui online.

Dengan kemudahan online, pengecekan tagihan dan aktivitas layanan PDAM lainnya jadi lebih cepat dan praktis. Kamu tidak perlu repot lagi mendatangi kantor PDAM dan menunggu antre. Cukup lewat smartphone semua bisa terkendali. Terlebih, setiap PDAM telah memiliki situs resmi dengan menu lengkap.

Kemudian, aktivitas layanan PDAM online juga lebih fleksibel dan memudahkan. Pelanggan bisa mengakses situs PDAM kapan pun dan dimana pun hanya melalui smartphone.

Adapun keunggulan layanan PDAM secara online adalah diskon atau potongan harga dari mitra. Misalnya, diskon tagihan dengan metode pembayaran melalui marketplace yang tersedia.

Perhatikan Penggunaan PDAM di Rumah

Demikianlah beberapa informasi penting yang bermanfaat bagi pelanggan PDAM Depok dan PDAM daerah lainnya. Beberapa informasi tersebut, antara lain cara mengatasi PDAM mati, mengecek tagihan, serta membayar tagihan PDAM.

Pada artikel ini juga dijelaskan pentingnya pengecekan tagihan secara rutin untuk memantau jumlah tagihan dan mengontrol pemakaian. Melalui artikel ini, diharapkan pelanggan PDAM dapat mengetahui informasi lebih banyak sehingga memperhatikan kondisi pemakaian PDAM di rumah dan mengecek serta membayar tagihan secara rutin. 

Dengan begitu keberlangsungan pemeliharaan air dapat terjaga serta masyarakat bisa terus memanfaatkan penggunaan air minum bersih yang layak dan berstandar kesehatan khusus. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi