Pelanggan PDAM Gresik Kini Bisa Hitung Tagihan, Begini Caranya

Perusahaan Daerah Air Minum di Kabupaten Gresik atau PDAM Gresik bertransformasi menjadi Perumda Giri Tirta Gresik berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Gresik No.12 tahun 2020. Perumda Giri Tirta Gresik memiliki misi menyediakan pelayanan air minum yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas dan kontinuitas sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI.

Hal itu membantu mendukung terciptanya masyarakat sehat di Gresik dengan mengonsumsi air yang sudah memiliki standar kesehatan. Adapun, PDAM Gresik atau Perumda Giri Tirta Gresik kini melayani 11 kecamatan dan 110 desa di Gresik.

Nah, bagi kamu yang merupakan pelanggan PDAM Gresik bisa menghitung biaya tagihan. Pasalnya, pengguna perlu hati-hati agar pemakaian PDAM berada pada batas wajar sehingga tagihan tidak terlalu besar. 

Bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) anti ribet. Cermati solusinya!

Bayar PBB Sekarang!  

Cara Hitung Tagihan PDAM Gresik

loader

Ada beberapa penyebab tagihan PDAM Gresik melambung besar, seperti kesalahan menghitung meteran, terjadi kebocoran pipa, serta pemakaian yang tidak terkendali. Oleh sebab itu, dengan mengetahui cara menghitung tagihan PDAM, kamu bisa berjaga-jaga dalam penggunaannya. 

Berikut adalah beberapa cara menghitung tagihan PDAM gresik yang bisa kamu lakukan!

1. Membaca Meteran PDAM

Cara pertama untuk menghitung tarif PDAM Gresik adalah membaca meteran. Jumlah pada meteran dikalikan dengan tarif dasar air yang berlaku. Nah, biasanya masyarakat menggunakan jenis meteran mekanikal yang biayanya murah dan memiliki perawatan mudah. 

Untuk membaca meteran mekanikal, kamu cukup melihat angka meteran yang terdiri dari warna hitam dan merah. Warna hitam yang menandakan jumlah tagihan dalam bentuk meter kubik (m3), sementara warna merah merupakan alat ukur berupa satuan liter serta pengujian meteran air.

2. Mengetahui Golongan Tarif

Pengguna PDAM Gresik terbagi dalam beberapa golongan tarif berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) 01/2018 tentang Tarif Air di Perusahaan Daerah Air Minum Giri Tirta Kabupaten Gresik. Berikut beberapa golongan tarif di PDAM Gresik.

  1. Sosial umum memiliki tarif 0-10 m3 Rp 1.000, 11-20 m3 Rp 1.200, dan lebih dari 20 m3 Rp 2.300.
  2. Sosial khusus 1, yakni tempat ibadah memiliki tarif 0-10 m3 Rp 1.000, 11-20 m3 Rp 1.150, dan lebih dari 20 m3 Rp 2.300.
  3. Sosial khusus 2, yakni panti asuhan, yayasan sosial, sekolah negeri, dan pesantren memiliki tarif 0-10 m3 Rp 1.000, 11-20 m3 Rp 1.300, dan lebih dari 20 m3 Rp 2.600.
  4. Rumah tangga memiliki tarif 0-10 m3 Rp 1.500, 11-20 m3 Rp 2.350, 21-30 m3 Rp 3.750, dan lebih dari 30 m3 Rp 4.250.

Demikianlah golongan tarif PDAM Gresik. Untuk mengetahui jumlah tagihan, kamu bisa mengalikan golongan tarif dengan nominal tetap pemakaian air. Contohnya, penggunaan PDAM rumah tangga dengan penggunaan 20m3. Maka perhitungannya, 20 x Rp 2.350 = Rp 47.000. Nominal ini belum termasuk PPN, biaya pemeliharaan meter, dan biaya materai.

Baca Juga: Cara Mengecek Tagihan dan Pembayaran PDAM Kota Semarang

Cek Tagihan PDAM Gresik

Nah, setelah mengetahui cara menghitung tagihan PDAM. Kamu juga bisa mengecek tagihan PDAM Gresik melalui website atau situs resmi Perumda Giri Tirta Gresik di http://pdam.gresikkab.go.id/. 

Caranya mudah, kamu cukup membuka situs Perumda Giri Tirta Gresik. Kemudian, pilih menu ‘Layanan Pelanggan’, dan klik menu ‘Informasi Tagihan Pelanggan’. Masukkan nomor pelanggan PDAM dan akan muncul jumlah tagihan air PDAM Gresik yang harus kamu bayar.

Selain melalui website resmi, kamu juga bisa mengecek tagihan PDAM Gresik dari situs lain, seperti https://www.speedcash.co.id/tagihan-pdam/gresik.

Itulah cara mudah mengecek tagihan PDAM Gresik. Langkah tersebut bisa kamu lakukan secara berkala agar dapat mengontrol tagihan air yang kamu gunakan setiap bulan.

Cara Membayar Tagihan PDAM Gresik

Untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM, kamu bisa memilih beberapa metode yang tersedia. Berikut beberapa metode pembayaran tagihan PDAM Gresik.

1. Perbankan

Layanan perbankan yang bekerja sama dengan beberapa perbankan, seperti Bank Jawa Timur (Jatim), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Syariah Indonesia (BSI), Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan CIMB Niaga.

Untuk pembayaran metode perbankan, kamu bisa melakukannya melalui ATM, Teller di kantor, online banking, serta agen bayar yang bekerja sama dengan perbankan.

2. Aplikasi Mobile

Pembayaran tagihan PDAM Gresik secara online juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi mobile, seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek, Link Aja, Shopee, Blibli, dan OVO. 

Kemudahan pembayaran tagihan PDAM melalui aplikasi tersebut bisa kamu lakukan dari mana saja dan kapan saja menggunakan smartphone.

3. Pos Indonesia
Pos Indonesia juga menjadi salah satu mitra bayar tagihan PDAM Gresik. Kamu bisa mendatangi gerai Kantor Pos terdekat dengan tempat tinggal kamu untuk membayar tagihan PDAM.
4. Indomaret atau Alfamart

Pembayaran tagihan PDAM Gresik pun bisa dilakukan melalui minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. Minimarket ini sudah hadir di berbagai wilayah di Indonesia.

 Petugas minimarket akan membantu pembayaran dengan meminta kamu menyebutkan nomor pelanggan PDAM. Petugas akan memberi tahu nominal tagihan dan kamu hanya perlu membayar sesuai jumlah tagihan.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

Manfaat Penggunaan PDAM

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait PDAM Gresik yang bisa kamu ketahui. Adapun PDAM tersebar di berbagai daerah di Indonesia guna menyalurkan air bersih kepada masyarakat sesuai standar kesehatan. Penggunaan PDAM memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan PDAM.

1. Kesehatan Masyarakat

Akses air bersih yang terjamin melalui PDAM mendorong kesehatan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik. Air bersih yang dikelola oleh PDAM dapat digunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan keperluan rumah tangga lain. Dengan standar kesehatan khusus, air PDAM dapat menjaga kesehatan masyarakat di Indonesia.

2. Menggunakan Air Bersih yang Terjamin

PDAM sebagai penyedia air bersih untuk masyarakat telah memastikan pasokan udara dengan kualitas yang baik sehingga mengurangi risiko penyakit dari air kotor.

3. Pengendalian kualitas Air

PDAM selaku pemasok air bersih juga bertanggung jawab dalam memantau dan mengendalikan kualitas air bersih kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan pengujian rutin udara sumber air sudah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan. Dengan demikian, pengendalian ini dapat meminimalisasi pencemaran yang terjadi pada sumber air.

4. Penggunaan Air yang Efisien

Penggunaan PDAM juga bermanfaat terhadap efisiensi air. Dimana PDAM akan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan air secara bijak, mengurangi pemborosan air, dan menjaga keberlanjutan sumber daya air untuk kelestarian lingkungan di masa depan.

5. Pembangunan Infrastruktur Air

Perlu diketahui, berlangganan PDAM bermanfaat untuk mendorong pembangunan infrastruktur air di Indonesia. Contohnya, pembangunan serta pemeliharaan pipa distribusi, jaringan penyediaan air, dan instalasi pengolahan air.

6. Harga Tagihan Terkontrol

Saat ini di Indonesia, tersedia beberapa perusahaan penyedia air minum. PDAM merupakan perusahaan pengelola air minum berkualitas di bawah naungan pemerintah sehingga bisa memastikan tarif yang lebih terjangkau bagi masyarakat. Masing-masing PDAM biasanya mengikuti tarif yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan pemeliharaan infrastruktur yang diperlukan.

Itulah beberapa manfaat penggunaan PDAM di Indonesia. Secara lebih umum, PDAM bermanfaat mendorong penyediaan dan pengelolaan akses air bersih di berbagai daerah di Indonesia sehingga meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, mulailah beralih menggunakan layanan PDAM di wilayah kamu untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan mengonsumsi air yang teruji standar kesehatannya. Adapun, kamu juga turut berpartisipasi mendorong pelestarian air untuk masa mendatang.

Bayar Tagihan PDAM Tepat Waktu sesuai Aturan dan Kebijakan yang Berlaku

Demikianlah beberapa informasi seputar PDAM Gresik yang dipaparkan dalam artikel ini guna membantu pelanggan PDAM dalam mengetahui tagihan PDAM serta metode pembayaran. Tak hanya itu, PDAM Gresik atau Perumda Giri Tirta Gresik juga memberikan informasi lengkap.

Di sana kamu bisa mengetahui berbagai layanan bagi pelanggan yang tersedia, mulai dari cek tagihan, cara membaca meter pelanggan, perubahan data pelanggan, serta pendaftaran pelanggan baru. Semua informasi PDAM Gresik atau Perumda Giri Tirta Gresik dapat kamu ketahui melalui situs resmi di http://pdam.gresikkab.go.id/.  Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung