Jadi Kunci Penting Amankan Crypto, Ini Pengertian Private Key dan Bedanya dengan Public Key

Ketika baru pertama kali terjun ke dunia investasi mata uang crypto atau cryptocurrency, tentu ada banyak sekali istilah baru yang penting dipahami dan dipelajari. Selain itu, tergantung dari jenis jaringan blockchain yang dipilih, beberapa istilah bahkan memiliki maksud penting yang mampu membuat aktivitas trading atau investasi crypto menjadi lebih lancar dijalani. 

Ambil saja contoh ketika melakukan aktivitas perdagangan pada aset digital seperti Bitcoin, kamu akan kerap mendengar istilah yang disebut private key. Pada dasarnya, private key adalah istilah yang mengacu pada kode yang bisa digunakan agar bisa mengakses akun maupun data pada jaringan blockchain tertentu. 

Biasanya, private key digunakan bergandengan dengan public key. Sehingga, kedua istilah tersebut penting untuk dipahami oleh para pemain mata uang crypto agar bisa menjalani aktivitas di teknologi aset digital tersebut dengan baik. 

Yang menjadi pertanyaan, apa sih yang dimaksud dengan private key ini? Juga, apa pengertian dari public key, dan perbedaannya dengan private key? Nah, jika kamu penasaran jawabannya, simak penjelasan tentang apa itu private key, cara kerja, dan perbedaannya dengan public key berikut ini.

Baca Juga: Dianggap Paling Aman, Ini Pembahasan Lengkap tentang Hardware Wallet dan Cara Kerjanya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

loader

Private atau Secret Key dan Public Key

Selengkapnya tentang Private Key

Sebelum membahas tentang apa itu private key, kamu perlu memahami jika dalam teknologi crypto, terdapat jenis kriptografi yang menggunakan pasangan kunci yang berbeda. Kedua pasangan kunci tersebut adalah private key dan public key. Keduanya memiliki kegunaan untuk melakukan enkripsi serta deskripsi informasi, dan menjadi kunci penting dalam teknologi mata uang crypto. 

Lalu, untuk private key sendiri adalah kunci privat yang digunakan untuk memberi deskripsi informasi yang dienkripsi menggunakan public key atau kunci umum. Tidak hanya itu, kunci privat ini juga dapat digunakan untuk menciptakan digital signature atau tanda tangan digital. 

Sebagai salah satu kunci penting yang berguna untuk mengakses aset crypto, pemilik private key tentu perlu menjaganya dengan baik serta tak boleh sampai diketahui oleh orang lain tanpa izin. Mengapa demikian?

Jawabannya sederhana, ketika ada orang lain yang tidak dikenal mengetahui informasi mengenai private key ini, mereka bisa saja memiliki akses terhadap aset crypto yang kamu miliki. Sehingga, lakukan langkah khusus untuk bisa menjaga kerahasiaan dari private key ini dan pastikan pemilik atau orang tertentu yang dipercaya saja yang mengetahuinya. Dengan begitu, informasi dan aset yang tersimpan di dalamnya tidak akan sampai diakses ataupun dibuka tanpa izin. 

Untuk bisa menggunakan private key, pengguna harus memasangkan kodenya dengan kunci publik atau public key. Hanya melalui pemasangan kode antara kedua jenis kunci tersebut proses deskripsi dan enkripsi bisa dilakukan dan mengaktifkan algoritmanya. 

Pembuatan private key sendiri dilakukan sebagai bagian grafik aset digital dari public key pada enkripsi asimetris. Jenis kunci ini juga digunakan untuk mengubah dan mendeskripsikan pesan menjadi bentuk atau format yang bisa dibaca. Baik private key dan public key harus dipasangkan agar bisa menjalin komunikasi secara aman.

Selengkapnya tentang Public Key

Selesai membahas tentang private key, kamu juga perlu memahami tentang public key. Pada dasarnya, public key adalah gandengan dari private key yang menjadi kunci untuk digunakan dalam proses enkripsi sebuah informasi serta digunakan dalam memverifikasi tanda tangan digital. 

Lain dari private key di mana harus dijaga dan dirahasiakan dari orang lain, public key malah bisa dibagikan serta dilihat oleh siapa saja. Pasalnya, kunci publik ini berguna untuk mengenkripsi data atau informasi yang bakal dikirim pada pemilik dari private key. 

Meski bisa dibagikan dan dilihat oleh publik, tapi hanya pemilik dari private key yang bersangkutan saja yang dapat mendeskripsikan informasi yang telah dienkripsi menggunakan public key. Pembuatan public key juga harus dipastikan untuk hanya pemilik dari private key yang dapat mengakses informasi atau data yang ada di dalamnya. 

Selayaknya private key, public key juga dibuat menggunakan enkripsi aset digital dan memakai algoritma enkripsi dari kunci asimetris. Kunci publik ini digunakan untuk mengonversi pesan menjadi bentuk yang tak bisa dibaca. Deskripsi bisa dilakukan menggunakan kunci pribadi atau private key yang berbeda tapi cocok, dan keduanya harus dipasangkan agar bisa mengaktifkan komunikasi secara aman.

Baca Juga: Transaksi Mata Uang Crypto Lebih Mudah dengan Crypto Wallet, Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kegunaan Private Key dan Public Key

loader

Ilustrasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, public key dan private key termasuk ke dalam cryptographic asimetris. Yang mana, maksud dari kriptografi asimetris ini ialah jenis kriptografi yang menggunakan pasangan kunci berbeda, yaitu public key dan private key sebagai cara untuk mengenkripsi dan juga mendeskripsikan informasi secara aman.

Sebagai metode yang penting dalam transaksi aset crypto, para pemain di dalamnya tentu sering mendengar dan menggunakan private key maupun public key. Pasalnya, keduanya adalah kode yang bisa digunakan untuk mengakses data maupun akun yang dimiliki. 

Secara sederhana, penggunaan dari kedua jenis kunci ini adalah pada aset digital atau crypto yang secara grafis disembunyikan, dan aset tersebut harus melalui proses enkripsi agar menjadikannya rahasia serta tidak bisa diketahui pihak lain yang tak bersangkutan. Kemudian, agar kode tersebut bisa dibaca kembali, diperlukan proses deskripsi dengan memasukkan private key. 

Perbedaan Private Key dan Public Key

Setelah memahami penjelasan di atas, kamu tentu sudah memahami garis besar tentang public key dan juga private key. Nah, agar mampu mencermatinya lebih lanjut, berikut adalah penjelasan spesifik tentang perbedaan public key dan private key. 

  • Private key atau kunci privat memiliki fungsi untuk mendeskripsikan serta membuat tanda tangan digital atau digital signature. Sementara untuk public key memiliki kegunaan untuk mengenkripsi serta memverifikasi tanda tangan digital alias digital signature. 
  • Disebut sebagai private key, jenis kunci ini tentu harus dilindungi dan dipastikan kerahasiaannya. Sementara untuk public key, sesuai namanya, jenis kunci tersebut boleh saja disebarkan secara meluas oleh pemiliknya tanpa ada efek samping atau dampak buruk tertentu yang bisa terjadi. 
  • Perbedaan lainnya, private key memiliki kegunaan dalam mengakses informasi atau data yang dienkripsi menggunakan public key. Di sisi lain, public key memiliki fungsi sebagai kunci yang memberi akses kepada orang lain guna mengenkripsi informasi atau data yang bakal dikirimkan pada pemilik atau pemegang private key. 
  • Terkait pembuatannya, private key wajib dan harus dibuat secara unik serta tidak boleh diketahui ataupun digunakan oleh orang lain tanpa seizin pemilik aslinya. Sementara pada public key, jenis kunci ini bisa digunakan banyak orang tanpa ada aturan khusus untuk menjaga kerahasiaannya. 

Public key dan private key juga digunakan pada sejumlah bidang dan teknologi. Beberapa di antaranya adalah aset atau mata uang crypto, kontrak pintar atau smart contract, serta komunikasi terenkripsi. 

Pada aset crypto, private key berperan untuk menandatangani suatu transaksi serta memberikan bukti kepemilikan terkait aset tersebut. Sementara untuk public key berguna untuk melakukan verifikasi terhadap sebuah transaksi sekaligus mengidentifikasi pemilik asetnya. 

Secara umum, baik private key maupun public key merupakan 2 jenis kunci yang memiliki peran penting pada kriptografi asimetris. Kedua jenis kunci tersebut digunakan untuk menjamin keamanan data atau informasi sehingga pembuatnya bisa mengirimkannya pada pihak yang dituju secara akurat dan tak sampai diretas ataupun disalahgunakan oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab.

Pengaplikasian dari jenis kunci private key ataupun public key yang tepat dan aman tentu sangat penting dipahami oleh para pemain mata uang crypto. Sehingga, cara menggunakannya dengan benar wajib dipahami dan tidak boleh sampai dilewatkan, terlebih bagi kamu yang masih awam dan belum lama terjun menekuni dunia mata uang crypto tersebut. 

Jadi Hal Penting di Dunia Crypto, Pastikan Memahami Private Key dan Public Key

Sebagai cara untuk mengamankan informasi, memahami tentang private key dan public key tentu menjadi hal yang wajib untuk dilakukan oleh para pemain crypto. Karenanya, pastikan untuk mempelajari pengertian dan cara kerja dari kedua jenis kunci ini sesuai penjelasan di atas agar bisa menggunakannya dengan tepat sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Tentang Brain Wallet, Metode Penyimpanan Crypto dengan Mengingat Seed Phrase atau Private Key