6 Produk Tabungan Pendidikan Terbaik

Menyiapkan dana pendidikan anak merupakan hal yang penting dan biasanya menjadi salah satu prioritas dalam keuangan. Dana pendidikan anak terbilang besar dan akan meningkat setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa penting untuk menyiapkannya sejak jauh-jauh hari.

Semakin cepat dipersiapkan, maka akan semakin besar peluang mempersiapkan dana pendidikan ini dalam jumlah yang tepat. Berapapun usia anak kamu sekarang, segera persiapkan dana pendidikannya. Bukalah rekening khusus untuk kebutuhan yang satu ini, agar tidak tercampur dengan dana lainnya di dalam keuangan.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

6 Produk Tabungan Pendidikan Terbaik

loader

Saat ini, ada banyak tabungan pendidikan yang disediakan oleh bank-bank di tanah air. Produk ini memang secara khusus diperuntukkan sebagai “wadah” untuk persiapan dana pendidikan, sehingga fitur di dalamnya juga telah disesuaikan. Pilih produk tabungan yang tepat dan bisa memberikan manfaat maksimal.

Berikut ini adalah beberapa pilihan tabungan pendidikan anak yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. BNI Tapenas

Tabungan pendidikan yang terbilang populer ini dikeluarkan oleh BNI dan disebut Tabungan Perencanaan Masa Depan (Tapenas).  Tapenas bisa dibuka dalam rupiah maupun dolar Amerika (US$). Produk ini menawarkan jangka waktu untuk menabung yang cukup beragam, yakni dari 3 hingga 18 tahun. Setoran bulanan Tapenas mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 25 juta, atau US$ 20 hingga US$ 500. Namun selain setoran bulanan tersebut, nasabah juga bebas menyetorkan dana ke rekening Tapenas. 

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membuka rekening BNI Tapenas: 

  • WNI
  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun ketika jatuh tempo. 
  • Menyertakan fotokopi KTP atau paspor. 
  • Sudah memiliki rekening BNI, selain rekening BNI Tapenas.
  • Mengisi aplikasi pembukaan rekening. 

2. Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga

Produk yang dikeluarkan oleh Bank CIMB Niaga ini menetapkan jumlah tabungan rutin sebesar Rp 500 ribu setiap bulannya. Jangka waktu yang diberikan sangat beragam, yakni 3, 5, 10, 15 sampai 20 tahun. Tabungan Pendidikan ini juga memiliki banyak keuntungan dan bisa diandalkan untuk persiapan dana pendidikan anak. 

Berikut ini adalah beberapa syarat untuk membuka Tabungan Pendidikan Xtra CIMB Niaga: 

  • Mengisi aplikasi pembukaan rekening. 
  • Menyertakan identitas diri.
  • Berusia minimal 18 hingga 60 tahun. 
  • Sudah punya rekening tabungan CIMB Niaga.

3. Tahapan Berjangka SiMuda BCA

BCA juga memiliki produk tabungan pendidikan yang disebut Tabungan Berjangka SiMuda. Sama seperti tabungan pendidikan pada umumnya, produk ini juga menerapkan sistem setoran bulanan rutin dalam jangka waktu tertentu. Namun di luar setoran rutin tersebut, nasabah akan dibebaskan untuk menabung ke dalam rekening khusus pendidikan ini. 

Usia nasabah tabungan pendidikan ini minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun. Jangka waktu tabungan yang ditawarkan BCA adalah 1 hingga 10 tahun, di mana nasabah tidak dapat menarik dana tabungan sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Selain bebas biaya administrasi, tabungan ini juga akan sekaligus memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi nasabahnya. 

4. BritAma Rencana BRI

Produk tabungan pendidikan yang dikeluarkan oleh BRI ini juga terbilang populer dan banyak digunakan. Britama Rencana bisa dibuka dengan setoran minimal Rp 100 ribu hingga maksimal Rp 5 juta per bulannya. Jangka waktu untuk menabung selama 1 hingga 20 tahun, sehingga nasabah akan sangat leluasa untuk memilih tenor yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, produk ini juga memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi nasabahnya. 

Berikut ini adalah beberapa persyaratan pembukaan tabungan Britama Rencana: 

  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 64 tahun.
  • Sudah memiliki rekening BRI sebelumnya.
  • Menyertakan fotokopi KTP/ paspor
  • Mengisi aplikasi pembukaan rekening. 

5. Tabungan BTN Siap

BTN siap merupakan produk tabungan yang dikeluarkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Produk ini memiliki jangka waktu menabung mulai 1 hingga 15 tahun dengan jumlah setoran rutin yang telah ditetapkan. Selain itu, nasabah pengguna tabungan ini juga wajib memiliki rekening tabungan BTN lainnya terlebih dahulu. 

Buka hanya asuransi jiwa saja, BTN Siap juga memberikan perlindungan asuransi kesehatan dan juga asuransi kecelakaan untuk semua nasabahnya. Ini perlindungan yang lebih maksimal, jika dibandingkan dengan yang diberikan produk tabungan pendidikan lainnya. Untuk membuka rekening ini, kamu bisa mendatangi langsung bank BTN terdekat. 

6. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Produk tabungan pendidikan yang satu ini dikeluarkan oleh Bank Mandiri dan memiliki banyak keunggulan. Nasabah bisa membuka rekening tabungan ini dalam bentuk mata uang rupiah maupun dolar Amerika Serikat. Tabungan ini juga memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi nasabahnya. Selain itu, produk ini juga bebas biaya administrasi.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuka Tabungan Rencana: 

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun saat jatuh tempo.
  • Menyertakan identitas diri (KTP/ paspor).
  • Sudah memiliki tabungan atau rekening giro mandiri sebelumnya. 

Buka tabungan dan siapkan dana pendidikan anak dengan baik

Menyiapkan dana pendidikan anak merupakan salah satu prioritas bagi kamu selaku orang tua yang sudah memiliki anak. Pisahkan dana ini dari dana lainnya di dalam keuangan. Pilih rekening tabungan pendidikan anak yang tepat, agar persiapan dana pendidikan anak bisa berjalan lancar dan sesuai rencana.