Promosi untuk Sukseskan Proses IPO, Ini Pengertian Roadshow dan Perannya

 yang krusial, tentu perusahaan harus memiliki rencana yang jelas dan matang demi mensukseskan proses IPO tersebut. Salah satunya dengan melakukan roadshow, yaitu serangkaian presentasi yang dilakukan di sejumlah lokasi untuk menjelaskan tentang rencana ke depan perusahaan pasca IPO.

Lantas, seperti apa sih roadshow ini dilakukan sebagai langkah promosi guna mensukseskan rencana go public perusahaan? Nah, untuk mengetahui selengkapnya tentang apa itu roadshow, peran, dan beragam hal penting seputarnya, simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Roadshow pada IPO Perusahaan

loader

Dalam konteks saham atau IPO, roadshow adalah istilah yang merujuk pada serangkaian presentasi yang dilakukan di sejumlah lokasi sebelum sebuah perusahaan melakukan proses IPO. Aktivitas ini merupakan strategi pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh perusahaan underwriter atau penjamin emisi dan tim manajemen perusahaan untuk menarik minat investor potensial sebelum go public

Secara umum, roadshow diagendakan di sejumlah kota besar dan ditujukan untuk mempromosikan saham perusahaan yang akan melakukan penawaran perdana. Pada aktivitas ini, investor potensial akan dikenalkan dengan profil perusahaan, sejarah, individu penting di dalamnya, bahkan beberapa rencana proyek ke depannya. 

Peran dan Cara Kerja Roadshow Menjelang IPO

Ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan IPO atau go public, pihak terkait lembaga investasi yang bertanggung jawab untuk menjamin emisi akan berkunjung ke sejumlah tempat dan melakukan roadshow. Tujuannya adalah untuk menjelaskan kesempatan investasi kepada investor potensial. 

Jika sukses, roadshow mampu memberi peran krusial terhadap keberhasilan proses IPO. Tujuan dari aktivitas ini adalah mendorong daya tarik tentang perusahaan dan rencananya untuk IPO nanti. 

Dengan berkeliling ke tempat atau kota tertentu, penjamin emisi bisa mengenalkan rencana IPO perusahaan dan profilnya kepada investor institusional, analis, Manajer Investasi, dan hedge fund untuk memikat ketertarikannya pada sekuritas yang ditawarkan. Kegiatan ini juga menyediakan kesempatan bagi underwriter untuk mengenalkan manajemen perusahaan dan menjelaskan visi serta targetnya di masa depan kepada para investor potensial. 

Acara roadshow bisa menarik minat ratusan pembeli prospektif untuk memahami lebih lanjut tentang penawaran saham perusahaan secara langsung ataupun online. Acara ini bisa juga terdiri atas presentasi multimedia dan sesi tanya jawab untuk meningkatkan ketertarikan calon investor.

Setiap perusahaan yang ingin mendapatkan pendanaan dengan menawarkan sahamnya ke publik untuk pertama kali pasti akan melakukan yang namanya IPO atau Initial Public Offering. Bisa disebut juga aksi penawaran saham perdana, perusahaan melepas sebagian kepemilikan sahamnya agar bisa dibeli oleh investor umum dan memperoleh suntikan dana. 

Beberapa perusahaan juga biasanya melakukan kegiatan roadshow ini dalam skala yang lebih kecil dan privat selama beberapa minggu atau bulan menjelang IPO. Namun, kebanyakan emiten melakukan langkah ini secara online melalui livestream agar bisa dijangkau oleh lebih banyak pihak. 

Beberapa topik yang biasanya dibahas saat roadshow, antara lain:

  • Presentasi video atau media digital
  • Pertemuan dengan manajemen eksekutif
  • Penjelasan proposisi nilai khusus dari perusahaan
  • Kinerja keuangan dan pendapatan
  • Pertumbuhan penjualan beberapa tahun ke belakang dengan proyeksinya di masa depan
  • Kesempatan investasi dan potensi perkembangan
  • Target harga saham saat IPO

Bisa dibilang, roadshow adalah salah satu tahapan penting sebelum perusahaan melakukan IPO karena aktivitas ini menyediakan wadah diskusi dan promosi. Tahap ini juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan investor potensial untuk memahami keinginannya. 

Penjamin emisi juga menggunakan informasi yang diperoleh dari roadshow untuk memenuhi proses book building yang mencakup pengumpulan harga dari investor potensial sesuai kesediaannya. Ketika proses roadshow rampung, prospektus final akan dibuat dan diberikan ke calon investor. Sehingga, dokumen ini bisa menjadi bahan pertimbangan lanjutan bagi investor untuk memesan saham perusahaan atau tidak saat IPO. 

Hal yang Perlu Dipahami Terkait Roadshow

Meski kerap dilakukan menjelang IPO, tapi roadshow tidak selalu berhubungan dengan aktivitas tersebut. Faktanya, ada beberapa kondisi di mana perusahaan melakukan promosi ini dan berdiskusi dengan investor meskipun mereka tidak berencana untuk go public. Kegiatan ini dikenal dengan istilah NDR atau non deal roadshow. 

Biasanya, hal ini dilakukan ketika pihak eksekutif perusahaan melakukan diskusi dengan investor saat ini atau investor potensial, tanpa melibatkan penawaran ekuitas atau utang sekuritas. NDR dilakukan untuk memberi informasi publik pada investor, termasuk pembaharuan terkait bisnis dan visi perusahaan kedepannya. Aktivitas ini juga melibatkan pertemuan dengan investor kunci guna memberi informasi terbaru terkait kinerja perusahaan. 

Roadshow Adalah Strategi Emiten untuk Mengenalkan Sahamnya Sebelum IPO

Secara umum, roadshow adalah cara bagi emiten agar bisa mengenalkan sahamnya ke calon investor agar tertarik untuk memesannya sebelum IPO. Jika dilakukan dengan strategi dan cara yang tepat, langkah ini mampu memberi pengaruh signifikan terhadap kesuksesan penawaran saham perdana perusahaan nanti. Di sisi investor, roadshow juga bisa memberi kesempatan untuk memahami lebih lanjut profil perusahaan sebelum memutuskan untuk memesan sahamnya ketika IPO.