Sehatkan Jantung dengan Jenis Olahraga Ini

Olahraga merupakan suatu kebutuhan yang kini harus dilakukan setiap hari, karena bagaimapun kesehatan memang harus dijaga agar setiap harinya kita mampu menjalani aktivitas dengan lancar. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa menyehatkan mental atau lebih tepatnya menyehatkan jasmani dan rohani.

Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan dan tentunya dengan berbagai manfaat juga. Nah, pada artikel kali ini Cermati.com akan membahas betapa menyenangkannya jika memiliki jantung yang sehat, dan untuk membuat jantung bisa tetap sehat sebaiknya lakukan jenis olahraga berikut ini.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Berenang

loader

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat banyak sekali peminatnya, baik dari wanita maupun pria, anak-anak maupun dewasa, dan bahkan kini bayi sudah diajarkan tentang berenang. Hal ini disebabkan banyaknya orang yang sudah mulai sadar tentang apa saja manfaat dari olahraga yang satu ini.

Selain itu, berenang juga sangat bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh seperti terhindar dari risiko penyakit jantung, diabetes, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya mengapa sebaiknya kamu melakukan olahraga berenang ini secara rutin, agar nantinya jantung bisa tetap sehat karena terlatih dengan adanya berenang itu tadi.

2. Lari Pagi

loader

Tahukah kamu, jika lari pagi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu? Bahkan, lari pagi sangat disarankan untuk orang yang berisiko mengalami penyakit jantung atau orang-orang yang memiliki riwayat sakit jantung.

Jangan menganggap jika lari pagi adalah hal yang biasa, karena hal ini sangat bermanfaat dan bisa menyehatkan jasmani serta rohani. Sebaiknya kamu mulai lari dari jam setengah 6 pagi dan durasinya cukup 40 hingga 60 menit lamanya, dan sebaiknya tidak mengonsumsi apapun selain air putih biasa (tidak dingin) setelah berolahraga.

3. Bersepeda

loader

Bersepeda di pagi atau sore hari dapat menyehatkan jantung, benarkah? Tentu saja benar, karena dengan bersepeda kamu bisa melatih jantung agar bisa bekerja aktif dan normal. Jangan menganggap jika bersepeda hanya dilakukan untuk bersenang-senang saja, karena ada banyak sekali manfaat dari bersepeda di pagi ataupun sore hari.

Kamu juga bisa bersepeda dengan keluarga, anak, pasangan dan lain sebagainya. Jangan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, karena percuma saja jika berolahraga namun tetap mengonsumsi makanan berlemak.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit Jantung di Indonesia, Mana yang Paling Direkomendasikan?

4. Push-Up

loader

Lakukan push up setiap hari, karena dengan olahraga ini kamu bisa membuat jantung lebih sehat dan terlatih. Push up tidak memerlukan biaya yang mahal, waktu yang lama atau intinya tidak harus dilakukan di tempat fitness, karena kamu bisa melakukannya di rumah, di manapun kamu berada.

Usai melakukan push up, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman dingin, karena hal tersebut berbahaya dan bisa membuat tubuh kaget.

5. Yoga

loader

Olahraga yang ke lima adalah yoga. Jenis olahraga ini sangat banyak dilakukan di akhir tahun 2017 hingga saat ini. Selain itu yoga tidak hanya menyehatkan jantung saja, tapi juga menyehatkan mental serta pikiran.

Ikutlah kelas yoga 3 kali dalam 1 minggu, agar lebih sehat dan jantung jauh lebih kuat dari sebelumnya. Olahraga ini sangat santai dan simpel, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

6. Angkat Beban

loader

Terakhir, ada olahraga angkat beban. Karena faktanya, olahraga angkat beban tidak hanya dapat membentuk otot tubuh, tetapi juga menyehatkan otot jantung.

Hal tersebut didukung oleh hasil riset yang dilakukan Medicine and Science in Sports and Exercise yang menemukan penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 17% pada wanita yang rutin melakukan latihan angkat beban.

Lakukan dengan Disiplin dan Dibarengi dengan Pola Makan yang Sehat

Hanya sekedar berolahraga saja tidak akan cukup jika pola makannya tetap tidak sehat. Hindari memakan makanan terlalu berminyak, tinggi kalori dan lemak terlalu sering. Karena makanan seperti itu lah yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan mental dengan tidak terlalu stress dan memiliki waktu istirahat yang cukup. 

Baca Juga: Sehat Fisik dan Mental dengan Latihan Kebugaran Jasmani