6 Sumber Modal yang Bisa Dimanfaatkan untuk Membangun Bisnis

Menjalankan bisnis kerap menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang. Aktivitas yang satu ini memungkinkan seseorang berupaya mengelola sejumlah modal untuk menghasilkan keuntungan. Tidak terbatas, jumlah keuntungan bisnis yang besar merupakan salah satu godaan untuk menekuni bidang tersebut.

Di antara banyak hal yang dibutuhkan, modal menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun bisnis. Modal yang memadai akan memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak peluang untuk membangun dan mengembangkan bisnis tersebut. Penting untuk mempersiapkan modal dalam jumlah yang tepat, agar semua rencana bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah beberapa sumber modal yang bisa dijadikan sebagai pilihan dalam membangun bisnis.

Baca juga: Cara Mendapatkan Pendanaan Usaha untuk Membantu Arus Kas

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Sumber Modal untuk Memulai Usaha

loader

Sumber Modal Bisnis

  1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

    Bisnis dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan komponen penting di dalam perekonomian. Hal ini menjadi perhatian penting bagi pihak pemerintah. Di dalam prakteknya, pemerintah menyediakan sejumlah program pinjaman yang dikelola dan disalurkan melalui perusahaan swasta maupun perusahaan milik pemerintah.

    KUR merupakan satu dari sejumlah pinjaman yang bisa diakses oleh para pebisnis. Pinjaman ini hanya menerapkan suku bunga yang rendah, sebab sudah disubsidi oleh pemerintah. Hal ini akan memungkinkan para pebisnis membangun usaha dengan lebih maksimal. Persyaratan pengajuan KUR ini juga terbilang mudah, sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhinya.

  2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    KTA menjadi pinjaman modal lainnya yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Jumlah dana yang bisa dicairkan dari pinjaman ini terbilang besar, yakni hingga mencapai Rp300 juta. Namun, plafon pinjaman ini tentu akan disesuaikan dengan kondisi keuangan pemohon, termasuk kemampuan bayarnya.

    Pinjaman yang satu ini pada umumnya disediakan oleh bank, baik itu bank milik pemerintah maupun bank swasta. Persyaratan pengajuan KTA terbilang simpel sehingga tidak akan menyulitkan kamu untuk memenuhinya. Selain bunganya yang terbilang ringan, pinjaman ini juga memberikan pilihan tenor yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan.

  3. Modal Pribadi

    Ini merupakan sumber modal bisnis yang paling ideal dan bisa membuat rencana bisnis jadi lancar tanpa beban hutang sama sekali. Kamu bisa mengalokasikan dana tabungan sebagai modal untuk membangun bisnis. Ini akan menjadi jauh lebih mudah, jika ternyata jumlah tabungan tersebut benar-benar memadai.

    Selain tabungan, mengalokasikan dana investasi sebagai modal bisnis juga bisa menjadi pertimbangan. Cermatlah dalam melihat tujuan dan juga kepentingan investasi tersebut terlebih dahulu, agar kondisi keuangan tidak sampai terganggu. Jika kedua sumber modal ini belum mencukupi, meminjam sejumlah modal dari kerabat atau keluarga juga tidak ada salahnya.

  4. Modal dari Investor

    Mencari pemodal atau investor juga bisa menjadi pilihan lainnya untuk memenuhi kebutuhan modal bisnis. Investor adalah seseorang yang berminat menginvestasikan uangnya pada sebuah bisnis. Hal ini tentu saja dilakukan dengan tujuan mendapatkan sejumlah keuntungan.

    Jika melihat tujuan di atas, jelas investor ini harus diyakinkan terlebih dahulu dengan prospek bisnis yang akan didanainya. Kamu harus membuat sebuah proposal bisnis dengan rencana dan juga aktivitas bisnis itu sendiri bisa tergambar dengan jelas. Selain itu, proposal ini haruslah menarik dan meyakinkan investor untuk menginvestasikan uangnya.

  5. Venture Capital

    Perusahaan yang satu ini bisa menjadi pilihan sumber modal lainnya dalam membangun bisnis. Venture Capital adalah perusahaan pendanaan yang biasanya akan berfokus pada aktivitas mendanai bisnis pemula, seperti startup. Di dalam perusahaan ini ada banyak pihak yang terlibat, seperti investor, pihak bank, lembaga keuangan, dan tentunya para pebisnis itu sendiri.

    Di dalam prakteknya, para pihak yang tergabung dalam Ventura Capital akan mengumpulkan sejumlah dana yang pada akhirnya disalurkan ke berbagai perusahaan yang akan mereka danai. Keputusan pendanaan ini tentu akan diambil berdasarkan sejumlah pertimbangan dan evaluasi terhadap sebuah perusahaan tersebut terlebih dahulu.

  6. Pinjaman Online

    Pinjaman yang satu ini merupakan pilihan terakhir yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan modal bisnis. Ada banyak perusahaan dan lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman online. Kamu akan bisa mengaksesnya dengan mudah melalui aplikasi atau situs resmi mereka. Pinjaman ini menerapkan persyaratan yang terbilang mudah sehingga banyak orang yang mengaksesnya.

    Plafon pinjaman online biasanya akan disesuaikan dengan kondisi keuangan pemohon. Tenor pinjaman online juga terbilang beragam sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi keuangan. Namun, pinjaman ini menerapkan bunga yang terbilang besar sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan dan memperhitungkannya dengan matang sejak awal.

Baca juga: 5 Sumber Modal untuk Menjalankan Bisnis di Bulan Ramadhan

Dapatkan Modal Bisnis dari Sumber yang Paling Tepat

Membangun bisnis dengan modal memadai merupakan salah satu poin penting yang tak bisa diabaikan. Siapkan modal bisnis dalam jumlah yang tepat dan dapatkan dari sumber yang paling tepat. Hal ini akan memungkinkan kamu membangun bisnis dengan lebih lancar sehingga kesuksesan bisa dicapai dengan lebih mudah dari bisnis tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Plan dan Kegunaannya